RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

4 Tips Membersihkan Rumah Agar Terasa Ringan di Lakukan

Persoalan bersih-bersih atau membersihkan rumah adalah hal yang terlihat sepele namun nyatanya jika dilakukan aktivitas bersih-bersih sangatlah kompleks dengan berbagai perintilan yang ada didalamnya. Bersih-bersih : membereskan perkakas dan mengembalikan ke tempat semula, mencuci, menyapu lantai, mengelap kaca dan perkakas isi rumah, merapikan dan banyak lainnya. Sehingga disebut bersih-bersih rumah merupakan aktivitas yang melelahkan dan membutuhkan banyak waktu. Jujur, saya membutuhkan cara membersihkan rumah yang efektif dan bisa saya terapkan.

Saya alami sendiri, jangkan membersihkan ruangan dan sudut-sudutnya, hanya dengan melakukan bersih-bersih satu ruangan saya saja (kamar tidur) ini menjadi hal yang sangat melelahkan. Pasalnya, sebagai pekerja aktif dan membuat konten, ruangan pribadi yang saya miliki ini seringkali saya akui berantakan. Berantakan oleh benda-benda dan properti yang sebelumnya dan akan saya gunakan untuk membuat konten. Semua pekerjaan bersih-bersih ruangan ini saya lakukan sendiri. Namun, karena proses membuat konten seringnya tidak hanya membutuhkan waktu satu atau dua hari saja kemudian membuat saya unuk terbiasa menunda kegiatan bersih-bersih sebelum konten yang saya buat terselesaikan. Ya sekalian, pikir saya.



Ternyata kebiasaan yang saya miliki ini menjadikan sebuah penyesalan sekarang. Benar-benar merasakan ketika ruangan yang saya milikii terasa sesak dan saya membutuhkan space untuk bergerak. Waktu yang saya rencanakan untuk membuat konten akan molor dari perkiraan penyelesaian. Saya kemudian harus membersihkan dan mengembalikan barang-barang yang berserakan kembali menuju tempat penyimpanan semula dengan rapi. Dengan demikian saya bisa bebas kembali untuk bergerak. Penyesalan ini juga saya rasakan ketika saya kebingungan karena ranjang didekat meja kerja saya juga penuh dengan properti konten padahal dalam waktu yang sama Saya merasa lelah sekali dan ingin istirahat.

Dari penyesalan inilah ada hal yang bisa pelajari, bahwasannya membersihkan ruangan, rumah atau apapun itu harus dilakukan secara rutin. Tidak menunda-nunda dan sebisa mungkin untuk konsisten dan jika perlu membuat jadwal untuk bersih-bersih agar diri kita konsisten. Mendapatkan situasi ruangan dan rumah lega dan nyaman untuk ditempati. Apalagi sebentar lagi lebaran telah tiba, pasti diantara Anda pastinya akan menjalani ritual yang disebut bersih-bersih rumah. Saya yakin, kelelahan dan proses yang memakan waktu “bersih-bersih” ini akan Anda rasakan kembali. Khususnya jika Anda ditahun ini sangat sibuk dengan aktivitas dan pekerjaan sehingga aktivitas bersih-bersih tidak teratur dilakukan.

Berikut ini beberapa tips dari saya, bagaimana kegiatan bersih-bersih tidak akan menjadi kegiatan yang menguras tenaga bahkan waktu jika Anda dapat menerapkan tips berikut ini. Tidak hanya kebutuhan bersih-bersih didalam rumah namun juga kegiatan bersih-bersih yang dilakukan di luar rumah, halaman dan kebun.

1. Membersihkan Setelah Pakai
Membersihkan dan mengembalaikan barang-barang yang sudah dipakai akan menjadi sebuah kebiasaan yang harus diterapkan. Selain mengindari pekerjaan bersih-bersih yang menumpuk juga memudahkan saat Anda akan menggunakan alat-alat tertentu dikemudian waktu atau hari. Perkakas dapur misalnya.

2. Jadwal Rutin Bersih-Bersih
Sesibuk apapun Anda dengan aktivitas maupun pekerjaan, membuat jadwal bersih-bersih rumah adalah suatu keputusan yang bagus. Ya, manfaat dari pembuatan sebuah jadwal kegiatan Anda bisa terbiasa melakukan pekerjaan bersih-bersih dengan rutin dan terjadwal.

3. Pembagian Kerja Anggota Keluarga Urursan Bersih-Bersih
Sangat menguntungkan jika Anda berada disebuah keluarga besar, dimana kegiatan bersih-bersih ini dapat dibagi-bagi sesuai jadwal maupun tanggungjawab perseorangan anggota keluarga. Satu misi dan visi yaitu mendapatkan lingkungan rumah yang bersih dan nyaman setiap saat. Dari anggota keluarga masing-masing dapat dibagikan tugas masing-masing sesuai dengan musyawarah. Misalnya saja mengajarkan anak untuk rutin membersihkan kamar pribadi dengan sendiri-sendiri.

4. Jangan Mendunda-Nunda
Begitu kegiatan bersih-bersih rumah memang membutuhkan banyak waktu karena satu persatu pekerjaan harus diselesaikan. Seringnya menunda-nunda kegiatan bersih-bersih dikarenakan Anda selalu beranggapan bahwa bersih-bersih membutuhkan waktu yang lama, lalu menundanya. Belum lagi pastinya Anda disibukkan dengan aktivitas lain yang tidak kalah pentingnya bahkan lebih penting. Solusinya jangan menunda-nunda. Gunakan Waktu Luang yang ada dalam hitungan menit ataupun jama untuk melakukan bersih-bersih rumah. Disamping misalnya saja Anda memiliki jadwal tersendiri rutin setiap minggunya.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email