RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Manfaat Kartu Kredit Yang Bisa Anda Nikmati

“Enak ya tinggal gesek saja”, Dulu ketika saya cukup awam dan tertinggal untuk mengenal tentang sebuah kemajuan teknologi perbankan yang disebut kartu kredit, seringkali saya berpikir demikian. Bahkan ketika mereka pengguna kartu kredit seringnya mendapat promo kartu kredit dari setiap transaksi. Dengan kemajuan layanan perbankan yang ada begitu memudahkan para penggunanya yaitu kartu kredit. Apakah Anda saat ini sudah merasakan kemudahan menggunakan layanan perbankan yang satu ini?



Mungkin bagi Anda yang belum mengenal kartu kredit sebenarnya Anda sudah pernah melihat pemilik kartu kredit ketika melakukan transaksi di meja kasir pusat perbelanjaan. Atau transaksi pembayaran di sebuah restoran dimana pembeli hanya tinggal melakukan gesek kartu di kasir. Mereka diantaranya yaitu pengguna kartu kredit. Menjadikan semua transaksi menjadi praktis karena sifatnya non tunai.

Seperti yang Anda sering lihat tersebut memang benar bahwa kartu kredit memiliki fungsi sebagai alat pembayaran non tunai. Selain itu, apakah Anda sudah mengetahui lebih jauh mengenai apa itu kartu kredit dan bagaimana syarat pengajuannya? Berikut ini saya tuliskan informasi mengenai kartu kredit yang bisa menambah wawasan Anda saat Anda mulai tertarik dengan kartu kredit.

Berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia nomor 7/52/PBI/2005 kemudian diubah dengan peraturan Bank Indonesia Nomor 10/8/PBI/2008 Tenang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran Dengan Menggunakan Kartu.
“Kartu kredit adalah alat pembayaran dengan menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atasan kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan atau untuk melakukan penarikan tunai, dimana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit, dan pemegang kartu berkewajiban melakukan pelunasan kewajiban tersebut pada waktu yang disepakati, baik secara sekaligus (charge card) ataupun secara angsuran"
Dengan definisi diatas dapat dipahami dalam bentuk yang lebih singkat bahwa kartu kredit adalah pembayaran sebuah transkaksi dimana bank menjadi sumber pinjaman sementara. Ya, sesuai dengan makna dari kata kredit itu sendiri. Berbeda dengan debit/ATM dimana ketika Anda menggunakan untuk transaksi maka dana yang terpotong adalah dana yang Anda miliki dan sudah ada di dalam tabungan Anda.

Selain kepraktisan yang terlihat paling kentara dari kartu kredit yang digunakan sebagai alat pembayaran transaksi non tunai, kepemilikan kartu kredit juga memiliki keuntungan yang nantinya bisa Anda nikmati ketika melakukan sebuah transaksi. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain:

Transaksi Dulu, Bayar Belakangan
Dalam setiap transaksi kartu kredit, disitulah peran Bank sebagai penjamin transaksi Anda. Hal ini sangat berguna ketika dalam transaksi Anda membeli atau membayar tidak memiliki uang cash sedangkan Anda segera membutuhkan barang yang Anda beli tersebut. Proses pembayaran tagihan kepada Bank yang Anda lakukan nantinya akan Anda bayarkan pada akhir periode yang sudah Anda dan pihak bank tentukan.

Poin Reward, Promo, Cashback dan Diskon
Pembelian atau pembayaran menggunakan kartu kredit sangat berpeluang untuk Anda mendapatkan poin reward, harga promo, cashback, diskon dan penawaran menguntungkan lainnya. Oh iya poin reward yang dimaksud ini merupakan poin yang Anda dapatkan dari setiap transaksi. Pasti Anda juga sering melihat sebuah papan info/iklan untuk transaksi menggunakan kartu kredit dari bank tertentu ketika Anda sedang berbelanja atau membeli tiket pesawat dan hotel dengan metode pembayaran menggunakan kartu kredit.

Bayar Tagihan Tanpa Lupa atau telat
Dengan fitur ini maka rencana keuanganan Anda akan berjalan lebih baik. Pasalnya dalam urusan pembayaran tagihan baik itu tagihan listrik, air, telepon, internet hingga cicilan dapat termanajemen dengan baik, tanpa telat. Caranya yaitu dengan mendaftarkan tagihan yang Anda inginkan untuk dihubungkan dengan kartu kredit Anda. Tanpa lupa saat jatuh tempo tagihan dan memberikan kepraktisan bukan dengan menu “Bill payment” kartu kredit?

Cicilan 0%
Bahkan andapun memungkinkan untuk mendapatkan cicilan 0 (nol) persen dari barang-barang yang Anda beli dan cicil menggunakan kartu kredit. Kemudahan ini terjalin antara bank dan pihak perusahaan penyedia produk barang tentunya, sehingga Anda dengan mudahnya mendapatkan cicilan 0 persen. Pun Anda bisa mendapatkan barang yang Anda butuhkan dengan cepat dengan sistem kredit.

Bisa tarik tunai
Kartu ajaib ini tidak hanya sebatas fitur peminjam pembayaran transaksi tapi juga bisa Anda gunakan sebagai kartu tarik tunai di mesin ATM. Sangat mudah dan berguna untuk mengcover kebutuhan dana yang terjadi tiba-tiba. Namun meski demikian, jika tidak begitu perlu membutuhkan sekiranya Anda tidak perlu menggunakan kartu debit untuk tarik tunai sering-sering jika tidak dalam kondisi mendesak. Alasannya, tidak seperti kartu debit, jika Anda melakukan tarik tunai dengan menggunakan kartu kredit maka Anda akan dikenakan biaya tarik tunai.



Biaya tarik tunai kartu kredit yang dibebankan biasanya dikenakan sebesar 4% dengan nominal yang bisa ditarik yaitu 40-50% dari sisa limit kartu kredit. Dan biaya ini akan dibebankan saat Anda melakukan penarikan tunai. Dengan begitu semakin besar Anda melakukan tarik tunai maka biaya yang akan menjadi beban Anda semakin besar pula.

Setidaknya 5 keuntungan kartu kredit yang saya tuliskan diatas dapat memberi gambaran kepada Anda mengenai kartu kredit. Lalu jika dibandingkan dengan layananan perbankan yang memfasilitasi peminjaman juga?

Meskipun kedua produk perbankan ini sama-sama membawa fitur pinjaman dan kredit. Perbedaan tersebut dapat diamati pada beberapa poin berikut ini.

Kartu Kredit Berlaku di banyak tempat. Ya. Seperti yang sudah saya ceritakan diatas bahwa kemanapun Anda pergi, kartu kredit bisa berguna banget. Mulai dari keperluan pembayaran non tunai yang saat ini hampir semua pusat perbelanjaan dan layanan menyediakan mesin EDC yang artinya menerima pembayaran dengan kartu kredit.

Sedangkan KTA merupakan sebuah pinjaman kredit yang lebih spesifik, dimana plafon pinjaman lebih besar (bahkan hingga 15 tahun dengan bunga yang lebih rendah) daripada kartu kredit dan biasanyanya diperuntukkan/cocok untuk keperluan dana membangun usaha, membangun rumah dan keperluan dana dalam jumlah besar lainnya. Sedangkan kartu kredit dengan limit dana tertentu lebih cocok untuk digunakan kebutuhan sehari-hari. Oh iya, kegunaan dana tunai kartu kredit juga memungkinkan bagi Anda untuk renovasi rumah, modal usaha, biaya pendidikan anak, pembayaran DP, dan sebagainya.

Tertarik untuk mengajukan kartu kredit untuk mengcover kebutuhan secara praktis? Anda bisa melakukan pengajuan online maupun offline melalui masing-masing bank yang menyediakan kartu kredit yang Anda minati. Namun memilih metode online dalam pengajuan kartu kredit lebih memudahkan juga. Bagaimana caranya? Anda bisa mengunjungi Finpedia.id untuk melakukan pengajuan kartu kredit. Pada laman https://www.finpedia.id/kartu-kredit Anda bisa melihat syarat dan dokumen apa saja yang Anda butuhkan ketika ingin melakukan pengajuan kartu kredit. Anda tentu bisa membandingkan biaya-biaya dan promo untuk masing-masing kartu kredit dari berbagai bank.



Kartu kredit yang diterbitkan juga beragam sesuai dengan pilihan bank yang Anda minati beserta kelebihan dari masing-masing juga bisa Anda ketahui. Tidak perlu khawatir Finpedia merupakan platform yang terpercaya dan memberikan layanan informasi serta perbandingan komprehensif yang akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Tercatat di Otoritas jasa Keuangan (OJK) tidak akan membuat Anda was-was dengan keamanan data dan layanan keuangan yang bisa Anda gunakan. Termasuk kali ini dalam kaitan melakukan pengajuan kartu kredit secara online. Semoga Anda yang sedang menggali informasi mengenai kartu kredit tulisan ini bisa bermanfaat 😊
Related Posts

Related Posts

Post a Comment