RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Berbagai Penyebab Ketombe Dan Cara Menghilangkannya

Cara menghilangkan ketombe secara alami adalah keyword yang berpeluang banyak dicari oleh banyak orang di internet. Tidak lain karena permasalahan pada rambut dan kulit kepala ini umumnya seringkali dialami oleh banyak orang. Baik pria maupun wanita dari berbagai usia. Mungkin Anda dan orang terdekat Anda sedang mengalami permasalahan yang sama? Pada artikel ini Anda akan menemukan jawabannya, sebagai solusi apa yang terjadi pada rambut kepala saat mengalami munculnya ketombe yang menyiksa beserta langkah apa saja yang bisa Anda lakukan maupun anjurkan untuk orang terdekat ketika mengalaminya. Belum lagi saat rambut berketombe parah begitu menyiksa karena dapat membuat pribadi yang mengalaminya merasa kurang percaya diri.


image : bullfrag.com

Bagaimana tidak mengikis rasa percaya diri, saat Anda merapikan tatanan rambut atau saat rambut Anda tertiup angin, ketombe begitu mudahnya menempel pada pakaian dan mudah muncul di permukaan rambut. Pakaian berwarna solid khususnya warna gelap/hitam adalah warna yang akhirnya menjadi musuh bagi para penderita rambut ketombe. Ya, sejatinya ketombe dapat dipahami sebagai kulit kepala kering yang mengelupas dan biasanya juga muncul disela-sela rambut. Kadang ketombe memang tidak secara nyata dipermukaan rambut namun ketika Anda mengibaskan rambut, disitulah ketombe jatuh menempel di pundak dan pakaian. Meskipun ketombe adalah permasalahan rambut yang banyak dialami oleh banyak orang, namun bisa jadi antara satu orang dengan orang lainnya memiliki pemicu/penyebab ketombe yang berbeda.

Penyebab ketombe muncul diantaranya karena kulit kepala kering, jamur, iritasi pada kulit kepala, kulit kepala sensitif, kurang dalam menjaga kebersihan rambut (keramas), tidak cocok dengan produk perawatan rambut, pola makan yang tidak baik, cuaca, stress hingga faktor usia dan jenis kelamin juga bisa menjadi penyebab ketombe muncul pada rambut. Perlunya waspada dan melakukan penanganan yang cepat jika serbuk atau serpihan-serpihan kulit kepala berwarna putih keabu-abuan atau kekuning-kuningan muncul di rambut kepala agar tidak menjadi semakin parah. Kulit kepala terasa berminyak dan menimbulkan gejala umum seperti gatal, radang dan kulit kepala terasa kering.

Selain bisa diketahui dari penyebab ketombe diatas, beberapa sumber informasi kesehatan terpercaya menyatakan bahwa laki-laki merupakan gender yang lebih sering mengalami ketombe. Apakah penyebabnya karena wanita lebih memperhatikan kebersihan dan perwatan rambut? Tergantung pribadi masing-masing, baik pria maupun wanita dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rambut/kulit kepala. Beberapa studi mengenai kesehatan menduga bahwa faktor hormonal menjadi faktor penyebab ketombe lebih banyak dialami oleh gender laki-laki.

Adapun penyebab lain ketombe yang belum saya sebutkan diatas yaitu penyakit pemicu ketombe. Menurut sumber informasi kesehatan yang saya kutip dari halodoc.com, ditemukan keterkaitan antara penyakit syaraf seperti Parkinson dengan insiden ketombe yang lebih tinggi. Sebagai contoh pengidap HIV atau beberapa orang yang memiliki sebuah penyakit yang berkaitan dengan daya tahan tubuh yang buruk.

Oleh karena itu jika Anda maupun orang terdekat Anda sedang mengalami rambut berketombe, baiknya bisa menemukan penyebab rambut ketombe yang dialami. Lakukan perawatan rambut untuk menjaga kebersihannya lebih baik lagi, juga cobalah untuk menemukan dan mengatasi permasalahan ketombe sendiri, misalnya saja dengan mengganti produk/merek shampo yang Anda gunakan sebelumnya, menggunakan shampo khusus menghilangkan ketombe, refresing untuk menghindari stress, menerapkan pola makan yang lebih baik dengan kandungan mineral Zinc dan vitamin B, Rajin-rajinlah mencuci rambut dan lain-lain yang bisa Anda lakukan di rumah. 

Jika anda menginginkan secara alami membasmi ketombe anda perlu mempersiapkan bahan-bahan alami dan melakukan treatment yang cukup mudah dilakukan oleh siapa saja di rumah. Minyak kelapa untuk mengatasi ketombe yaitu dengan mengoleskannya ke kulit kepala dan pijat selama 15-20 menit. Tidak hanya menghilangkan ketombe namun minyak kelapa ini baik untuk menyuburkan dan menghaluskan rambut. Kedua, lidah buaya : Untuk menghilangkan ketombe oleskan gel lidah buaya pada kulit kepala kurang lebih satu jam. Ketiga, Cuka Apel : ini bisa menjadi anti ketombe dengan mencampur setengah gelas cuka apel dengan 1 gelas air yang kemudian dioleskan di kulit kepala selama kurang lebih 15 menit. Keempat, Soda kue : Untuk mengurangi rasa gatal sekaligus mengangkat sel kulit mati yang menumpuk, membasmi jamur penyebab ketombe, taburkan soda kue pada rambut yang basah kemudian diamkan selama 1-2 menit sebelum keramas.

Namun jika Anda merasa proses penyelesaian masalah ini tak kunjung menemukan perubahan ketahap masalah ketombe yang berkurang, hendaknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis dan melakukan pemeriksaan lanjutan jika diperlukan. Konsultasi kesehatan bisa dilakukan dengan offline (tatap muka) dan online juga kan untuk saat ini?

Related Posts

Related Posts

1 comment

  1. wah, ternyata banyak ya penyebab dari rambut berketombe itu. Bisa mulai diantisipasi nih habis baca tulisan dari Mas Suga kali ini. Biar rambut sehat dan bersih dari ketombe

    ReplyDelete