RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Bagaimana memilih susu yang tepat untuk anak 5 tahun?

Memilih susu menjadi hal yang tidak mudah dilakukan oleh beberapa orang. Mengingat susu adalah kebutuhan pokok yang menjadi bagian terpenting dibalik tumbung dan kembang anak. Anak yang sehat dan cerdas adalah dambaan bagi setiap orang tua, dan orangtua mempunyai kewajiban penuh untuk memberikan asupan yang terbaik kepada anak. Karbohidrat, mineral, vitamin C, A, E, D, K dan kandungan bermanfaat lainnya untuk tubuh. Berbagai macam nutrisi tersebut diperlukan untuk menunjang kinerja organ dalam tubuh agar optimal. Pentingnya dalam konsumsi vitamin yang cukup juga menjadi solusi dalam permasalahan kekebalan tubuh anak. Tidak hanya pada makanan, susu menjadi minuman yang begitu penting karena mengandung vitamin tersebut. Apakah Anda memiliki pengalaman yang serupa dalam memilih susu anak?


tung256/Pixabay

Permasalahan bagi orangtua tidak hanya sebatas memilih susu yang terbaik dari berbagai brand yang ada saat ini. Disisi lain, seringkali anak merasa kurang cocok (tidak suka) dengan susu yang orangtua berikan. Jika hal ini terjadi pada Anda, sangat sulit untuk menghadapinya bukan? Namun jika Anda merupakan orangtua yang sebelumnya sudah memiliki pengalaman dalam hal ini maka permasalahan yang sedang Anda hadapi ini menjadi sesuatu yang bisa segera Anda selesaikan. Sebagai orangtua tentu harus memiliki sumber rujukan yang tepat dan terpercaya. Bisa dengan cara berkonsultasi dengan tenaga kesehatan yang terkait (bidan, dokter spesialis) secara langsung bahkan saat ini bisa dimudahkan dengan adanya konsultasi online melalui platform ataupun website yang terhubung dengan dokter-dokter terpercaya. Gratis.

Susu yang terbaik adalah susu yang sesuai dengan umur anak dan kandungan gizi yang dibutuhkan anak. Pada umumnya balita yang disokong dengan susu sebagai sumber nutrisi berada pada usia satu tahun hingga tiga tahun. Bahkan, bisa lebih dari itu. Dimana sebelumnya, pada usia satu tahun sumber nutrisi utama bagi anak yaitu ASI (Air Susu Ibu). Alasan lain, menginjak usia bayi 1 tahun, ASI saja tidak cukup menjamin untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Begitu banyak merek susu yang bisa dipilih namun perlu diketahui oleh para orangtua bahwa tidak semua susu cocok dikonsumsi oleh anak ya.

Beberapa hal yansg perlu diperhatikan dalam memilih merek susu yang cocok untuk anak antara lain sebabagai berikut :

1. Sesuaikan Dengan Usia Anak
Hal ini sangat bisa dengan mudah Anda lakukan. Setiap tahapan usia anak memiliki kebutuha gizi dan nutrisi yang berbeda. Tidak perlu Anda pusing untuk memilih susu yang cocok, Anda dapat melihat kemasan susu yang akan Anda beli. Dimana setiap kemasan pasti menampilkan tidak hanya kandungan/komposisi susu naman usia yang cocok untuk susu tersebut.

2. Perhatikan Kandungan Nutrisi
Sebenarnya hal ini tidak menjadi hal yang sulit. Karena para brand susu pastinya memiliki ahli gizi yang menakar dan memilih kandungan gizi yang disesuaikan dengan umur anak yang akan mengkonsumsi susu yang dibuatnya. Namun disini Anda sebagai oporangtua rupanya juga bisa mulai belajar, apa saja komposisi atau kandungan yang ada pada susu tersebut. Artinya, makanan lain yang menjadi sumber gizi dan nutrisi harus memiliki kandungan serupa tersebut yang memiliki peran dalam tumbuh kembang anak Anda. Jangan lupa, takaran pemakaian yang bisa Anda ketahui dari kemasan susu.

3. Susu yang Disukai Anak
Meskipun sebagai orangtua Anda telah menentukan pilihan merek susu yang menurut Anda terbaik, namun permasalahan kembali hadir saat buah hati Anda merasa tidak cocok dengan susu tersebut. Anak tidak suka dan tidak mau meminumnya. Oleh karena itu, faktor memilih susu dengan kandungan nutrisi yang lengkap dengan rasa yang disukai anak adalah pilihan yang terbaik.

Inilah tips yang bisa saya berikan saat ini, tips memilih susu yang sebenarnya tidak hanya untuk berlaku untuk anak usia 5 tahun namun juga balita dengan umur 1-5 tahun. Semoga tips bermanfaat.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment