RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Solitaire: Game Legend Pengusir Rasa Bosan

Menghabiskan waktu di laboratorium komputer sekolah adalah salah satu kesenangan saya. Dahulu, Hal ini sering saya lakukan ketika saya duduk di bangku SMA (Sekolah Menengah Atas). Ketika saya sedang menunggu jemputan sekolah, karena saat itu juga artinya saya bisa menggunakan layanan internet gratis yang di sediakan oleh pihak sekolah. Itulah hal yang menyenangkan yang akan saya lakukan untuk menghindari rasa bosan ketika sedang menunggu jemputan sekolah.



Solitaire. Pasti teman-teman juga tidak asing dengan game yang satu ini. Jenis game gratis yang bisa dimainkan, namun juga kemudahan akses karena sudah default ada di komputer. Apa yang teman-teman ingat dari game solitaire ini? Yap, jenis game permainan kartu yang disusun berdasarkan besar-kecil nya nilai. Sederhana, namun asyik dimainkan untuk menangkal rasa bosan.

Tentu kondisi saat ini berbeda dengan belasan tahun yang lalu. Game solitaire yang pada zaman dahulu begitu terkenal, kini seakan bergeser kepopularannya oleh jenis game masa kini yang sangat banyak. Sekarang, jenis game tidak hanya terbatas pada game yang dimainkan secara offline, namun juga online yang memungkinkan terkoneksi satu sama lain antara pemain. Namun, solitaire adalah game sederhana yang membekas bagi orang-orang yang pernah memainkannya. Game sederhana yang mampu mengusir rasa bosan. Setuju bukan?

Tapi taukah kamu tentang game solitaire ini? Nah, mungkin orang-orang jaman sekrang atau generasi muda masih ada yang belum pernah atau mengetahui game solitaire ini?

Game Solitaire = Game Ketika Bosan. Sama seperti asal kata “solitaire” dalam bahasa inggris yang artinya sabar. Awal mulanya game ini tercipta akibat kebosanan anak magang perusahaan Microsoft yang bernama wes Cerry. Cerry sendiri memulai kegiatan magang di perusahaan Microsoft pada tahun 1988, kemudian pada tahun 1990 ia berhasil menuangkan idenya untuk sebuah game mengatasi rasa bosan “solitaire”. Game ini menjadi primadona pada karena belum banyak pilihan game desktop yang bisa dimainkan saat itu. Dengan bekal “rasa tertantang” untuk membuat game solitaire ini, ia menerima respon yang baik dari bos-nya, Bill Gates. Hingga saat ini game solitaire masih tersedia di windows komputer Anda.

Bagaimana cara memainkannya? Sangat Mudah. Game solitaire bisa dimainkan secara gratis di komputer.

CARA MEMAINKAN GAME SOLITAIRE WINDOWS

Saya kira solitaire klasik adalah jenis game solitaire yang paling banyak dimainkan. Tetapi selang waktu lama kemudian saya baru menyadari bahwa game solitaire sendiri memiliki beberapa pilihan. Ada solitaire klasik (klondike), Spider, FreeCell, Phyramid, TriPeaks. Solitaire klasik dan Spider adalah yang paling populer dan sering dimainkan oleh banyak teman juga. Keseluruhan cara memainkannya hapir sama, menyusun kartu. Namun jika Anda sebelumnya belum pernah memainkan, yuk buka game solitaire di komputer windows kamu sekarang!


1. Klik pada kotak pencarian windows (pojok kiri bawah) lalu ketik “solitaire”. Anda akan dengan mudah menumukan dan memainkannya.

2. Pada solitaire Klasik, perhatikan 2 bagian deret. Deret atas dan deret bawah. Untuk deret atas susun nomor kartu dari kecil ke besar dengan berselang warna merah hitam. Sedangkan untuk dereta bawah susun nomor kartu dari kecil ke besar dengan berselang warna merah hitam. Ada juga tumpukan kartu tertutup disebelah kiri atas layar sebagai jalan untuk menambah kartu jika diperlukan.

Oh iya, jumlah kartu yang tersedia dari urutan nilai besar ke kecil antara lain (13) : King, Queen, Jack, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, As/Ace. Sedangkan dari semuanya terdapat 4 suit (jenis kartu): Waru (sekop/spade), hati (heart), Wajik (diamond/berlian), Keriting (Club/Semanggi). Dari maising-masing ada yang berwarna hitam dan merah. Jadi totalnya 13x4 = 52 kartu.


3. Dengan menggunakan aturan diatas, Anda bisa menyeret dan menyusun kartu yang ada. Lalu bagaimana cara memainkan solitaire lainnya? Jangan khawatir, jikapun kamu memainkannya salah langkah, kamu akan diberikan panduan atas kesalahan Anda dan diingatkan kembali aturan permainan yang ditampilan pada “bubble notification”.

Pengalaman Bermain Solitaire di Situs Resmi
Belum lama ini saya baru mengetahui bahwa solitaire bisa dimainkan melalui situs/website. Itu artinya solitaire bisa dimainkan melalui beberapa gawai, tidak terbatas hanya melalui desktop saja. Menarik bukan? Tinggal membuka situs resmi solitaire di www.solitaire.org pada browser, solitaire siap dimainkan. Bahkan saya terkesima setelah membuka situs ternyata solitaire tidak hanya menyediakan game kartu yang sudah saya sebutkan diatas tapi juga menyediakan banyak game lainnya. Disana ada 7 game paling populer yang sekaligus dijadikan sebagai menu utama yang terletak di situs bagian atas. Klondike, Spider, FreeCell, Pyramid, Tripeaks, Golf, Mahjong.

Melalui website ini, salah satunya saya sudah mencoba game Play China Temple: Free Online Hidden Objects Game. Oh iya sesuai dengan judunya game ini bisa dimainkan secara gratis ya. Saya rasa game yang saya mainkan kali ini benar-benar menguji indera penglihatan (kejelian mata dalam melihat). Nantinya game ini menyuguhkan 10 level yang bisa dicapai. Dan di setiap level berisikan tantangan untuk menemukan objek, mencari tulisan angka yang tersembunyi di sekitar gambar dan menganalisa 2 buah gambar untuk dicari perbedaannya. Wow, seperti inilah game yang saya suka. Game sederhana namun sangat menyenangkan untuk mengusir rasa bosan.




Saya rasa kegagalan saya dalam memainkan game untuk pertama kali ini karena kurangnya ketelitian saya dalam menemukan objek. Beberapa kali juga saya sudah melakukan klik pada menu yang bertuliskan “hint” untuk memperoleh bantuan atau clue dalam menemukan objek yang menurut saya sulit saya temukan. Ya, saya sudah berusaha mencari objek yang belum ketemu, saya juga berperang dengan waktu karena durasi yang disediakan. Meskipun saya memainkannya malam hari dengan mata sedikit mulai ngantuk, saya tertantang untuk mencoba game Play China Temple: Free Online Hidden Objects Game untuk yang kedua kalinya loh karena memang sangat mengasyikkan.


Salah satu yang saya rasakan yaitu perbedaan antara memainkan game-game solitaire antara versi offline dan online adalah kita bisa menyimpan skor yang bisa dibandingkan dengan pemain lainnya. Terlebih lagi memainkan dalam versi situs lebih menawarkan banyak sekali jenis game yang sangat menarik. Kamu bisa melihat game apa saya yang tersedia di https://www.solitaire.org/solitaire-games. Yuk, saatnya kamu juga mencoba game-game seru dari solitaire!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar