RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Internet MyRepublic: Pengalaman Cuma Modal Internet Bisa Cari Uang Tambahan Saat Pandemik

Ini cerita tentang lulusan angkatan korona. Setelah perjuangan yang sungguh luar biasa, nyatanya perjuangan hidup harus terus dihadapinya. Mengejar jadwal sidang skripsi yang kebetulan berkejaran dengan periode akhir semester, agar tidak membayar uang SPP pada semester berikutnya, agar wisuda secepat mungkin dan memperoleh pekerjaan yang idam-idamkan. Hal semacam ini saya kira umumnya menjadi momok bagi seorang lulusan yang juga ingin memberikan kewajiban-kewajibannya terhadap orang tua selepas memutuskan pendidikannya.


Namun, semuanya tidak sejalan dengan harapan ketika negara api menyerang. Ingat betul saat itu sekitar bulan Januari tahun 2020, saya menghadapi ujian sidang tugas akhir dan kemudian seakan dikejar oleh waktu untuk melakukan revisi-revisi skripsi hingga hari tiba dimana saya mendapatkan keputusan untuk bisa mengikuti prosesi wisuda pada bulan ketiga, Maret. Tentu hal ini bukanlah perjalanan yang singkat dan mulus begitu saja. Di dalam perjalanan mewujudkan wisuda dihujani dengan keringat dan air mata. Sungguh terasa lega, ketika kuitansi pembayaran wisuda telah saya genggam di depan mata. Virus koronapun akhirnya tiba dan membuat geger masyarat di Indonesia.

Imbasnya, hari demi hari, minggu silih berganti, periode wisudapun tidak kunjung mendapat kepastian hingga setengah tahun berlalu, pada bulan ke-9 hari H wisudapun tiba, namun tidak sesuai ekspektasi merasakan euphoria seperti acara wisuda sebelumnya karena kali ini wisuda dilakukan secara online. Seperti perjuangan yang tak berkesudahan, benar-benar tahun yang penuh hikmah bagi saya. Hikmah sebagai fresh graduate ditengah-tengah sulitnya mencari lowongan kerja. Mungkin teman-teman pembaca salah satu diantaranya?


Persaingan di dunia kerjapun tidak main-main adanya. Saya harus bersaing tidak hanya dengan fresh graduate dari angkatan saya namun juga pada tahun-tahun sebelumnya. Kemudian lagi, pada tahun kedua penyebaran virus korona, lagi-lagi saya harus bersaing dengan para lulusan angkatan baru dari berbagai kampus di Indonesia. Heuuh. Cukup melelahkan hati dan pikiran bukan? Percaya tau tidak, hal ini mungkin sekaligus bisa menjadikan teman-teman yang sudah memiliki pekerjaan untuk terus bersyukur. Pencari kerja kian membludak namun sebaliknya dengan lowongan pekerjaan yang ada, justru tahun-tahun sepanjang korona adalah tahun PHK massal terjadi di mana-mana dan jumlah pengangguranpun semakin meningkat.


Dari fenomena di atas, dapat disimpulkan bahwa pandemi Covid-19 berdampak terhadap kondisi ketenagakerjaan di Indonesia. Selama pandemi Covid-19 membuat sebagian penduduk kehilangan atau berhenti bekerja dan menjadi pengangguran.

Tidak dipungkiri banyak diantaranya harus menyesuaikan dengan keadaan. Benar-benar memutar otak agar segera mendapat pekerjaan dan menghasilkan cuan. Dari cerita saya yang beberapa kali tidak lolos seleksi pada instansi tertentu hingga cerita dari teman-teman jobseeker yang terang-terangan mengirimkan lamaran pekerjaan secara rutin dan terjadwal untuk mendapatkan pekerjaan sesegera mungkin. Ibarat kata, menebar jaring di lautan dengan harapan ada ikan yang masuk perangkap. Ya, tidak harus linier dengan background pendidikan, karena mendapatkan pekerjaan saat pandemik dan situasi sulit seperti ini adalah sebuah dambaan.

Untungnya masih ada lowongan pekerjaan yang menitikberatkan pada portfolio (hasil pekerjaan) sehingga hal ini bisa membuka jalan bagi pencari kerja yang akan banting stir (tidak linear dengan background pendidikan) untuk masuk pada posisi kerja tertentu. Tidak menutup kemungkinan juga saat ini kita semua bisa menduduki posisi tertentu dengan sertifikat keahlian yang bisa didapatkan melalui pelatihan atau disebutnya bootcamp, baik yang gratis maupun berbayar.


Inilah cara untuk menambah skill dan fakta pekerjaan yang tidak sesuai jurusan dengan menyesuaikan lowongan kerja yang ada. Dengan internet belajar apapun bisa. Bootcamp ini ada bermacam-macam sesuai dengan spesialisasi yang ingin dipelajar. Berdasarkan umumnya kebutuhan yang dibutuhkan oleh perusahaan antara lain: Digital Marketing, UI / UX Design (User experience dan interface design), Product Management (Management untuk produk Teknologi), Full Stack Developer (Programmer Front-End dan Back-End), Data Science (Data analysis untuk pengambilan keputusan), Mobile Development (Programmer untuk perangkat Mobile) dan lain-lain. Dengan durasi biasanya 2 minggu (Gratis) dan 6 bulan jika berbayar. Dengan internet belajar apapun bisa.


Sayapun tidak menyangka perjalanan saya menjadi seorang blogger tidak dipungkiri karena akses internet yang saya dapatkan. Saya tinggal di desa, dimana kuota internet dahulu adalah kebutuhan tersier. Hanya untuk kebutuhan buka sosial media (facebook) yang popular saat itu, download mp3 (lagu) dan browsing gambar-gambar. Namun kemudian internet mampu membawa saya lebih jauh dengan manfaatnya yang begitu luas. Diperantauan (kuliah) saya mendapatkan akses internet yang benar-benar murah dan bebas karena disediakan oleh kampus.

Berawal dari tugas kuliah berkelompok untuk membuat sebuah blog pada matakuliah teknologi informasi kemudian menjadikan saya penasarn untuk mengulik tampilan dan tata letak widget yang ada pada blog. Lanjut, saya mulai mengisi laman blog kosongan blog itu dengan menulis hal-hal yang cukup random. Sampai suatu ketika saya memberanikan diri mengikuti lomba menulis blog dan untuk pertama kalinya menjadi salah satu pemenangnya. Disinilah saya mulai menyadari bahwa internet ini sangat bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, mendapatkan uang.


Bagaimana tidak dalam perjalanan belajar “ngeblog” ini saya bertemu banyak sekali teman-teman blogger yang hebat dengan segudang prestasinya. Meski tidak saling bertemu di dunia nyata, komunikasi kami terjalin dengan baik melalui internet. Mengenal mereka (blogger) adalah bagian dari perjalanan saya bisa menuntaskan pendidikan jenjang perguruan tinggi. Perkenalan dengan mereka , bergabung dalam grub-grub blogger, menjalin Kerjasama, dan bisa menghasilkan pundi-pundi cuan (dari kerjasama konten atau adsense atau bahkan keduanya) yang sangat membantu keuangan perkuliahan saya sampai tuntas.

Jika teman-teman saya berjualan online atau bekerja paruh waktu untuk mendapatkan penghasilan tambahan, saya mendapatkan penghasilan sampingan dengan membuat konten blog dan menjual tulisan. Patutnya saya bersyukur karena semua ini selama kuliah bisa saya jalankan sangat fleksibel dalam hal waktu, sama sekali tidak menganggu kegiatan perkuliahan. Selain bekerja paruh waktu, hobi adalah salah satu hal yang sangat bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan. Ini sangat saya rekomendasikan.


Kebutuhan akan jaringan internet saat ini sudah layaknya menjadi kebutuhan utama. Bahkan semenjak pandemik berlangsung, hampir semua aktivitas dan layanan dilakukan secara daring. Dan kebutuhan internet sudah dipastikan meningkat. Hal ini terlihat dari kebutuhan internet untuk saya sendiri dan juga warga tetangga yang sekarang hampir semua menggunakan Paket Internet Rumah pada rumah masing-masing #paketinternetrumah.


Rezeki tidak akan tertukar, namun harus diusahakan. Hal yang tidak semua orang sadari bahwa mendapatkan cuan tidak hanya bisa didapatkan kan dari aktivitas bekerja di lapangan, namun juga bisa dari depan laptop atau gadget. Generasi milenial pasti paham akan peluang besar ini. Modal koneksi  internet anda bisa belajar sebuah skill baru dari waktu ke waktu. Atau jika anda tertarik dan punya skill tertentu, anda bisa juga mempertajam skill tersebut melalui internet. Modal jaringan internet penghasil uang tambahan bukanlah rahasia. Hal ini bisa banget sebagai batu loncatan ditengah-tengah sulitnya mencari pekerjaan. Bahkan dari internet juga, banyak kasus seseorang bisa menemukan pekerjaan utamanya loh. Pekerjaan apa saja sih yang bisa dilakukan dan mendatangkan cuan?


Tidak perlu khawatir jika anda merasa asing dengan pekerjaan-pekerjaan diatas. Lagi-lagi semua bisa anda pelajari secara otodidak dari internet. Sayapun demikian, saat saya tertarik dengan dunia blogging saya belajar apapun itu dengan sendirinya dari internet sebelum mengenal teman-teman blogger lainnya. Selama pandemic ini saya menemukan hobi baru lain, dan karena punya banyak waktu di rumah saya juga punya banyak kesempatan untuk belajar banyak hal mengenai fotografi. Hingga hal yang tidak saya bayangkan, saya dipercaya oleh orang-orang terdekat untuk mendokumentasikan momen penting mereka. Benar-benar bukti bahwa skill itu bisa mendatangkan penghasilan tambahan.


Inilah salah satu hikmah yang saya dapatkan, ketika saya memilik banyak waktu kemudian bisa saya manfaatkan sebaik mungkin untuk mempertajam skill yang saya miliki dan juga menambah skill baru yang saya minati. Karena saya yakin, skill ini nantinya akan membawa manfaat untuk saya sendiri di kemudian hari. Oh iya, selama pandemic ini aktivitas utama saya adalah menjadi pengajar pada bimbingan belajar yang saya adakan untuk anak-anak sekitar. Oleh karena hari Senin-Rabu siang hari saya disebukkan dengan aktifitas ini, sedangkan untuk malam hari dan akhir pekan bisa saya gunakan untuk mengeksplorasi diri saya dengan skill baru sekaligus menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan saya yang lainnya. Beginilah cara saya membagi waktu setiap harinya.


Sudah bisa terbayangkan bukan alasan kemudian saya membutuhkan jaringan internet yang lebih memadai? Kebutuhan internet yang sebelumnya saya dapatkan melalui hotspot smartphone. Tidak efisien rasanya, ketika saya membutuhkan jaringan internet yang sangat besar namun saya tetap menggunakan kuota hostpot dari smartphone. Selain kondisi nyata bahwa smartphone cepat panas, jangka panjangnya masa baterai yang menjadi korban. Ini mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi teman-teman, jika jaringan internet sudah menjadi kebutuhan yang besar maka berlangganan Paket Internet wifi adalah solusi yang tepat untuk digunakan.



Kreatif dan inovatif adalah kunci yang membuka peluang teman-teman untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak terlepas juga untuk tepat memilih penyedia layanan internet yang sedang anda gunakan. Jika teman-teman belum mengetahuinya, MyRepublic adalah salah satu perusahaan di Indonesia yang menyediakan layanan koneksi internet yang terjamin kecepatannya namun dengan biaya kompetitif. Layanan produk yang ditawarkan antara lain: Paket internet fiber, Paket combo internet + TV dan paket internet bisnis SME


Selain memberikan pelayanan yang terbaik, nilai-nilai perusahaan yang diusungnya sejalan dengan anda yang kreatif dan terus berinovasi dalam memperkaya skil, yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Koneksi Internet cepat dan tak terbatas ini bisa dinikmati untuk anda yang berada di kota Bali, Bandung, Bekasi, Bogot, Cibubur, Depok, Jakarta, Malang, Medan, Makassar, Palembang, Pekanbaru, Semarang, Serang, Surabaya dan Tangerang.

So, untuk anda yang berada pada cangkupan area diatas bisa merasakan koneksi internet stabil dan terbaik untuk keluarga anda. Harga berlangganan yang kompetitif ini bisa semakin menguntungkan jika teman-teman mengupdate info promo yang sedang berlangsung. Berbagai pilihan promo paket internet special dari MyRepublic bisa dicek melalui website dan sosial media Myrepublic ya.


Bukan tanpa alasan memilih berlangganan internet melalui MyRepublic. Beberapa alasan berikut menjadi kelebihan layanan internet dari MyRepublic.

1. Internet Cepat Nyata
MyRepublic menawarkan kecepatan hingga 500Mbps. Download dan upload bisa dilakukan dengan ngebut bahkan dengan koneksinya juga menawarkan keunggulan sama cepatnya dalam upload dan download. MyRepublic menjawab semua kebutuhan internet pelanggan. Dengan menawarkan rasio download dan upload 2:1 sampai 1:1, hal ini menjadikannya di atas lebih unggul dari para pesaing yang biasanya memberikan rasio 4:1 bahkan hingga 10:1.

2. Tanpa Fair Use Policy
Skema ini biasa dikenal juga dengan pembatasan kecepatan internet setelah pemakaian dalam kuota tertentu. Terjadi saat bandwidth telah melampaui batas pemakaian, provider akan menurunkan kecepatan internetnya. Namun tidak dengan MyRepublic yang berkomitmen untuk berinternet sepuasnya tanpa batasan ini itu, kecepatan sama dan stabil. Layanan internet dengan #paketinternetterbaik

3. Koneksi Stabil Tanpa Dipengaruhi Cuaca
MyRepublic dengan teknologi fiber optik memastikan internetmu selalu stabil di cuaca apapun. Tidak seperti layanan internet murah lainnya. Sering menjumpai penyedia layanan internet dengan koneksi internet akan terpengaruh saat cuaca buruk bukan?

4.  Custom Routing Untuk Pengalaman yang Berbeda
Performa jaringan terus dimaintence guna kepuasan pelanggan. MyRepublic memiliki tim khusus yang secara terus menerus bekerja untuk memaksimalkan performa jaringan  dan melakukan custom routing ke server-server game ternama.Hal ini sejalan dengan koneksi internet yang dihasilkan stabil dengan latensi yang rendah. Tidak heran bahwa MyRepublic secara konsisten selalu berada di peringkat teratas pada speed index Netflix dan Steam.

5. Layanan Prima dengan Cara Pembayaran yang Variatif #jaringanprima
Tidak perlu khawatir dan menyulitkan saat pembayaran layanan. Berbagai metode pembayaran tersedia, seperti: ATM, Internet Banking, Mobile Banking, Credit Card, E-Commerce, Minimarket, Scan QRIS. tentu saja karena saat ini MyRepublic menggandeng partner Jaringan PRIMA sebagai payment semua produk dan layanan yang bisa digunakan oleh pelanggan. Dari MyRepublic yang bekerja sama dengan jaringan PRIMA ini begitu memudahkan pelanggan membayar tagihan internet dan TV bukan?


Kebutuhan sehari-hari dari waktu ke waktu jumlahnya semakin banyak. Oleh karena itu diperlukan upaya yang extra untuk mendapatkan penghasilan tambahan guna mencukupi semua kebutuhaan tersebut. Inilah alasan kenapa kita semua dituntut untuk lebih kreatif, salah satunya kreatif dalam menghasilkan cuan dengan bermodalkan skill yang dimiliki. Lebih lagi produktifitas juga menjadi tuntutan, apalagi jika anda menggunakan hobi dan skill tertentu untuk mencari uang tambahan diluar pekerjaan utama anda.

Ya, produktivitas. Menyelesaikan pekerjaan dengan waktu seminimal mungkin. Jika anda bekerja dengan mengandalkan jaringan internet, inipun menjadi faktor penting yang mempengaruhi produktivitas kerja. Jangan tunggu lebih lama untuk daftar sekarang untuk menikmati internet fiber ultra cepat dan tanpa batas dari MyRepublic. Paket Internet bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan dan pembayaran layananpun sangat mudah #mudahpakaiprima.


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar