Tuesday, March 13, 2018

Tahun 2018 : Ketika Libur Semester dan Libur Lebaran bertemu, cari tiket transportasi bakal susah plus mahal?

Disini hujan, tiba-tiba saya terbayang dengan perkiraan apa yang terjadi 3 bulan yang akan datang. Tentang kepenatan dan tingkat stressing pada kesibuk yang sangat mendambakan liburan. 

Jika seperti ini yang saya rasakan, biasanya cara menghibur diri versi saya stalking instagram, melihat postingan tempat-tempat liburan keren di Indonesia. Tidak pungkiri rupanya saya juga seringkali “envy” dengan netizen yang sepertinya bisa liburan kemana-mana tiada henti tanpa ada beban pekerjaan yang harus mereka selesaikan selain liburan. 


Sebenarnya sih saya ingin liburan juga tapi disisi lain saya masih harus berkutat dengan kesibukan seperti biasanya sebagai anak kampus yang extra power untuk menyelesaikan tugas akhir. Pernah ngerasain dititik ini nggak? 

Ya, mereka (teman-teman) berpesan kepada saya: Nikmati prosesnya, buktikan hasilnya. Kegalauan ini pun diperparah oleh kisah asmaramu yang tidak begitu mulus #curhatbanget. Hehe. So, I want to travelling!

“Jika hatimu patah, biarkanlah kakimu melangkah!”

Aye, semangat kok! Bahkan stalking instagram berkaitan tempat-tempat keren ang dikunjungi netizen yang kelihatannya instagramable masih berjalan seperti biasanya. Sekaligus aktvitas stalking ini menjadi moodboaster ketika kesibukan mendera.

Aktivitas mengeksplore foto-foto tempat wisata Indonesia sambil berkata dalam hati,” Oke, setelah selesai semuanya, saya harus liburan. Malang, Bali, Lombok, I’m coming ......



Liburan yang dilakukan secara tiba-tiba tentu tidak akan se-sempurna liburan yang terencana jauh-jauh hari. Masih ada waktu sekitar 3 bulan bagi saya untuk mempersiapkan semuanya. Mulai dari alokasi budget, target tempat wisata, informasi yang cukup jelas terkait tempat yang akan saya kunjungi hingga moda transportasi apa yang bakalan saya gunakan. Liburan versi Backpacker atau menggunakan jasa open trip oke-oke aja. Backpacker-an bareng teman rame-rame bahkan lebih menantang menurutku. Seperti ceritaku backpackerku di Pantai Wedi Ireng nih.

“Kenyamanan liburanmu ditentukan oleh seberapa matang persiapanmu dalam menyusun aktivitas senang-senang tersebut”

Kamu ingin juga liburan dipertengahan tahun 2018 ini? Entah libur pertengahan tahun ini atau liburan panjang diakhir tahun 2018 nanti mulailah sekarang dengan menentukan lokasi tujuan travelling. 

Menentukan lokasi tujuan merupakan langkah awal yang harus dilakukan. Jika hal ini dilakukan dari jauh-jauh hari makan segala yang dibutuhkan untuk menuju lokasi wisata tersebut bisa kita tulis secara detail dan terencana. 

Waktu kita tidak akan terbuang sia-sia hanya untuk melakukan hal-hal spontanitas para hari H. Definisi hari H liburan yaitu bersenang-senang dan menikmati perjalanan tanpa menganggu kenyamanan suasana liburan.

Selain itu, menentukan tujuan utama perjalanan travelling dapat memutuskan dengan segera dalam mencari tiket transportasi yang memadai dan sesuai dengan selera. Misalnya saja jika kamu lebih senang menggunkan moda trasportasi kereta api daripada bus untuk jalur darat, kamu bisa mencari informasi dan booking tiket kereta api jauh-jauh hari. Kenapa lebih memilih booking tiket secara online? Baca artikelku "Keuntungan Booking Tiket Via Online" deh  :)

Tentu, pilihan ini harus disesuaikan dengan alokasi waktu yang kamu siapkan untuk liburan. Mengalokasikan waktu liburan tiga hari, satu minggu atau kurun waktu tertentu guna memilih moda transportasi yang paling efisien waktu. Misalnya saja ke Lombok, maka pilihannya bisa melalui jalur darat + laut atau melalui udara dengan pesawat. Tiket dan biaya akomodasi perlu dirinci secara detail.

Aduh, diriku terpesona dengan birunya pantai Tanjung Bloam ini :( (sumber : suarantb)

Jika travelling yang akan kamu lakukan harus melalui jalur udara maka dengan persiapan jauh-jauh hari pula kamu bisa mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah. Oh iya, kebetulan liburan pertengahan tahun 2018 ini bertepatan dengan libur lebaran. Jadi selain mudik juga bisa sekalian travelling nih. Ini mah, sekali mendayung dua, tiga pulau terlampaui. Hehe. 
                              
So, “warning” buat kita yang ingin mudik atau liburan pertengahan tahun ini untuk mempersiapkan tiket atau mengumpulkan info sebanyak mungkin terkait kebutuhan liburan ataupun mudik. Jangan sampai kehabisan tiket! 

Nggak mau kan rencana travelling atau mudik yang sudah terbayang menyenangkan tiba-tiba batal karena kehabisan tiket?

Cara yang saya lakukan sih selalu ubek-ubek Tiket Mudik 2018 di Tokopedia dari kemarin. Bersiap-siap untuk mendapatkan tiket termurah yang bisa saya gunakan untuk liburan di kota Malang atau Jogjakarta. 

Bahkan tokopedia menjadi pilihan utama saat saya ingin atau membutuhkan suatu barang. Mudah dan aman. Apalagi, kalau lagi kepo atau pengen lihat-lihat Smartphone idaman “lari-nya” ke Tokped.

Sebenarnya dari pengalaman pribadi aja sih, sehingga saya tidak ragu untuk berbelanja (tidak hanya tiket) melalui Tokped alias Tokopedia karena sebelumnya tidak pernah menemukan masalah ketika berbelanja online. Hingga sekarang suka manfaatin promo-promo menarik yang ada di Tokopedia, potongan ongkos kirim barang yang masih berlaku hingga sekarang misalnya. Hehe #ngarepbakaldiperpanjang

37 comments:

  1. Keren ya mas, promonya.. bermanfaat banget untuk yang suka belanja online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa juga dipantengin berkala, soalnya gitu sih suka rebutan. Hehe

      Delete
  2. Untung bgt buat para pecinta promo kaya aku nih. So, wajib bgt buat kepoin tokped as always 😁

    ReplyDelete
  3. Pesan tiket PP pokoknya jauh-jauh hari. Saya pernah malah 7 bulan sebelum keberangkatan biar nggak kehabisan tiket

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap. Sebaiknya memang prepare bagus seperti ini. Belajar dari pengalaman klo lebaran pasti soal tiket banak dramanya. Haha

      Delete
  4. Kayaknya rekomen ya mas untuk beli apapun. Sebenarnya saya juga belum pernah sih belanja di tokopedia. Patut di coba 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu dicoba mbk nurul, nikmati banyak benefitnya. Salah satunya sering belanja bisa kumpulin reward berupa point.Point ini bisa nikmati banyak promo2 dari Tokopedia loh. Awas ketagihann belanja di Tokped. Hehe

      Delete
  5. Info-info promo tentang traveling selalu membuat ngiler ah... Hahaha...

    Mas Suga.. Mas Agus.. Mas Sugatta..atau apalah itu..
    Mampir komen di blog ane donk..wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya lengkap banget lo mas, satu aja bisa loh. hehe..

      siyap. Ditunggu ya ...

      Delete
  6. ah iya lombok... pilihan selain bali, pantainya masih bersih, segigi is so beautiful

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, kan jadi nambah lagi wishlist tempat travelling ke Lombok mbk 😂😂😂

      Delete
  7. Jika hatimu patah, biarkan kakimu melangkah.


    Aku malah suka sama quote ini, habis baca blogpost-mu.

    ReplyDelete
  8. Mupeng nih tiap kali lihat postingan tiket promo. Kaki jadi gatel hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi gatel yang ini garuknya pake tiket promo ya kak 😂😂😂

      Delete
  9. Ah tiap baca tentang traveling jadi kangen jalan-jalan.. merencanakan jauh2 hari emang lebih murah, etapi ga sabar nunggunya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gregetnya situ ya. memang nunggu moment itu 😄

      Delete
  10. Libur bentar lagi horeeeeee. Rencananya Mei mau ke tiga kota sekaligus, tapi blm tau jd apa gak. Lagi nyari2 tiket juga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadiin aja #eh. Mumpung ((spertiny)) libur bakal agak panjang 😂

      Delete
  11. Hahahhaa 😂
    Ngakak abiis lihat video ilustrasi terakhir ....
    Termehek-mehek paraah 🤣

    ReplyDelete
  12. Karakter Komik paling atas ko mirip Pak Jokowi ya Gus

    ReplyDelete
  13. Gagal fokus sama headline nya, ilustrasine, sebut saja pak Jokowi. Semoga menang mas...

    ReplyDelete
  14. Emang penuh drama ya nyari tiket yang liburannya bersatu gitu. Semoga lancar ya\...

    ReplyDelete
  15. Eh kl aku stalking instagram bikin nyesek, ya gimana nggak nyesek.. Org kepo2in ig mantan, hahaha
    Ku juga sering pesen tiket kereta api di tokopedia, lancar tanpa hambatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sering ya kak ella, haha. Iyapps, banyak promo di Tokopedia tuh :)

      Delete
  16. Promo, apalagi promo tiket memang selalu menggoda yaa mas..hihihii

    ReplyDelete
  17. Asyik banget kalo bisa dapetin promo tiket murah. Pengen langsung jalan2 deh ga usah nunggu liburan Idul Fitri hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih, enak tuh kalo puna pekerjaan yang fleksibel. Kalau masih terikat jam kerja sih, harus pinter2 ngatur waktu deh mbk nurul hehe

      Delete
  18. lucu, seru juga baca blogpostnya,hihihi hatinya patah kaki terus melangkah.iyess. :) Belum punya tiket mudik juga nih.

    ReplyDelete
  19. emangnya tahun ini bentrok ya? ga ngeh tanggal aku

    ReplyDelete
  20. nanti malem mau berangkt liburan ke jogja, beli di toped juga, mayaaan banget dapet cashback haha
    sayangnya, gak kebagian tiket juga krn jadi tiket berangkat transit dulu dan tiket pulang lebih cepat. padahal belinya dari sebulan yang lalu :P

    ReplyDelete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D