RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Travellin : Cara nikmati Solo Travelling atau group travelling tanpa khawatir ini-itu


Sebuah Pesan. Rencananya pesan ini akan saya sampaikan beberapa tahun kedepan untuk anak saya. Ketika mereka tumbuh menjadi remaja dan siap berburu pengalaman. Maklum, tulisan ini salah satu bentuk penyesalan dari seseorang (calon ayah) yang memiliki usia hampir 1/4 abad, saya. 

Menyesal karena (ternyata) masih banyak tempat-tempat indah di dunia ini yang belum saya rasakan. Ketika satu per satu teman sepermainan disibukkan dengan aktivitas masing-masing, liburan bersama seakan sulit diwujudkan. Sibuk kerja, sibuk dengan kegiatan, sibuk dengan keluargannya atau faktor lain.

Mungkin bisa, suatu waktu pergi liburan bareng teman-teman. Tapi rasanya tidak sebebas ketika liburan bareng tanpa diganggu kesibukan kita masing-masing. Deadline pekerjaan selalu menghantui. Beberapa teman bisa, beberapa lainnya tidak bisa, begitulah seterusnya.

Disisi lain, kita berada di kota berbeda, tempat kerja berbeda hingga kalender libur kerja yang berbeda. Ibarat pelajaran matematika, sulit dicari KPK-nya (Kelipatan Persekutuan terkecil). Mencari hari dimana kita bertemu dan bisa liburan bersama. 
Bersyukurlah kalian yang masih punya waktu untuk liburan ya! Liburan rame-rame maupun merasakan trend liburan kekininan yang disebut solo travelling. Jangan lupa, agar travellingnya nyaman dan menyenangkan berikut ini perlu sobat persiapkan sebelum berangkat travelling.

Untuk persiapan travelling nomor 1-5, diantara kalian pasti sudah banyak melakukannya sob. Sudahkah kalian mempersiapkannya?

Beluuuuuuum .....

Asuransi perjalanan sebenarnya tidak kalah pentingnya. Sesuai dengan kegunaannya ada berbagai jenis asuransi ditawarkan. Asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan, pendidikan, rumah & property, bisnis dan lainnya yang umum kalian dengarkan. Tapi, sudakah kalian tau tentang asuransi perjalanan yang bisa kalian gunakan saat ini?

Ya, salah satu yang wajib kalian coba adalah travellin. Sebuah produk asuransi perjalanan yang menyediakan berbagai manfaat perlindungan dari risiko saat kita bepergian ke luar negeri atau dalam negeri. Travellin adalah salah satu produk andalan yang dimiliki oleh Adira Insurance (Asuransi Adira).


Jika sobat tau PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance), produk asuransi perjalanan ini adalah salah satu jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan besar ini. Hayooo, jika sobat sudah terdaftar sebagai pengguna asuransi adira, apakah sobat tau tentang asuransi travellin?
PT Asuransi Adira Dinamika terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK sendiri adalah lembaga yang dibentuk pemerintah untuk mengawasi industri keuangan di Indonesia untuk sebuah perusahaan. Produk Travellin memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan surat tanda registrasi No. S-3898 / NB.11 / 2013. Jadi mengenai rekam jejak, pengalaman, kwalitas dan sistem yang diterapkan dipastikan baik. 



Untuk urusan layanan dan kepercayaan dari produk asuransi perjalanan ini tidak perlu diragukan. Selain kepercayaan pelanggan, Adira Insurance juga berhasil meraih pengakuan publik melalui penghargaan-penghargaan yang terus didapatkan dari lembaga independent.

sumber : adiraclubmember.com

Travellin melalui saluran penjualan baru, mengadaptasi konsep website e-commerce. Untuk informasi dan transaksi bisa kita lakukan melalui website di www.travellin.co.id. Ya, asuransi dapat diperoleh, dibeli dan dibayar langsung melalui website secara online. Jika kalian klik websitenya, pada homepage akan terpampang menu dengan bahasa default, bahasa Inggris.


Nah, untuk itu pada tulisan ini akan saya review tentang website travellin agar sobat jelas dan tanpa ragu untuk mempercayakan asuransi perjalanannya kepada travellin. Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai layanan dan produk asuransi travellin, lihat dulu desain websitenya yuk!


Sebagai uji coba, saya mencoba membuka website travellin melalui dua device, laptop dan smartphone. website travellin sangat responsive. Dimana ketika kita mengakses di perangkat apapun (PC/NoteBook/IPad/SmartPhone), tampilan website akan menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat.


Lalu transaksi yang kita lakukan apakah aman? Keamanannya terjamin sob.  Website travellin menggunakan sistem SSL yang mengcover aktivitas kita di website. Jadi segala bentuk transakasi yang kita lakukan (berkaitan dengan data-data diri) juga akan diproteksi.
(klik disini)

Sehingga tampilan website asli tidak terlihat berantakan saat di buka di device lain (sudah saya coba kok sob!). Untuk masalah warna tampilan website, font yang digunakan serta tata letak, saya rasa cukup nyaman untuk dilihat dan digunakan (tanpa terganggu elemen tertentu).






  • Navigasi menu simple dan nyaman dilihat. Mempunai 6 menu utama (Home, purchase, package,  help, claim dan login/register) dengan background biru tua transparant bukan berarti informasi yang disajikan terbatas. Cukup lengkap, karena informasi yang tersedia di muat dalam setiap submenu sehingga aspek simple dan lengkap terpenuhi. 
    • Jika melihat unsur legibility dan readability, saya kira website travellin telah memenuhi kedua unsur tersebut. Penggunaan jenis dan ukuran font dan perpauan warna biru-putih yang mendominasi website ini cukup enak dibaca. Juga termasuk pengaturan spasi dan perataan paragraf yang baik cukup membuat saya nyaman dalam mencerna setiap informasi yang ada.
    • Tanpa iklan yang mengganggu. Pernah membuka website lalu otomatis muncul iklan yang menutupi bagian utama website? Kesal, itulah yang sering  saya rasakan. Tapi keluhan tersebut tidak saya rasakan ketika membuka website travellin. Promo-promo dan banner informasi ditempatkan pada elemen website dibagian tertentu sehingga tidak menutupi laman utama website (no pop-up ads).


    1.Kedepannya travellin bisa diakses melalui aplikasi smartphone sehingga akan terkesan lebih praktis. 
    2.Bahasa yang digunakan pada website perlu ditambah (khususnya bahasa Indonesia).
    3.Elemen website bagian news and promo lebih asyik jika dipisah menjadi 2 bagaian, new-promo. Sehingga masing-masing elemen tersebut memuat informasi secara khusus tanpa campur baur dengan yang lain.

    Wholaaa ... pertama kali membuka website trevellin, pandangan saya tertuju pada tagline:

    More Travel. Less Worries.

    Travel Insurance as easy as 123

    Dengan background sejuk berwarna biru yang menggambarkan lautan dengan beberapa kapal. Eh, jadi kepingin liburan ....  Ngomong-ngomong saat liburan, apakah kalian mengasuransikan perjalanan kalian? Jika belum ini bisa jadi pertimbangan.


    Oke, travelling. Naik alat transportasi - melakukan perjalanan - menemukan destinasi impian. Tidak semudah itu. Ada kalanya kita juga khawatir jika dalam perjalan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 


    Nah, sebagai solusinya kita mengandalkan Travellin. More travel, Less Worries dengan travellin. Selain doa keselamatan, asuransi perjalanan juga diperlukan untuk mem-backup kekhawatiran akan terjadi hal-hal diatas sob. Tidak ribet kok, cukup 3 langkah kalian bisa mengasuransikan perjalanan agar aman dan nyaman dengan.

    NB : Jangan lupa, daftar akun dulu sebelum mengisi form ya sob!
    REGISTER - ISI FORM REGISTRASI - KONFIRMASI EMAIL - SELESAI!

    Wajib! Setiap masing-masing jenis asuransi perjalanan diatas mempunyai rincian informasi yang perlu kalian ketahui sebelum menggunakannya. Asuransi perjalan travellin tidak hanya digunakan untuk domestik saja tetapi juga mencover perjalanan internasional. Jadi buat kamu yang sering jalan-jalan ke luar negeri bisa menggunakan paket asuransi internasional (International packaging) ya sob.


    Yoooho, tidak hanya harian, pembayaran premi juga bisa 90 hari (multitrip 90) atau 180 hari (multitrip 180). Catatannya, jumlah hari tersebut merupakan akumulasi hari dalam satu tahun penggunaan.

      Pada paket domestic, travellin memberikan item-item benefit meliputi :
    • Death and disability from accident  (Kematian dan cacat dari kecelakaan)
    • Medical treatment expense (Beban perawatan medis)
    • Travel cancellation (pembatalan perjalanan)
    • Compensation for loss of baggage and luggage caused by robbery (Kompensasi atas kehilangan bagasi dan barang-barang yang disebabkan oleh perampokan)
    • loss of travel documents caused by theft or robbery (hilangnya dokumen perjalanan yang disebabkan oleh pencurian atau perampokan)
    • Aircraft hijacking (pembajakan pesawat)


    3 paket yang ada di dalam paket international juga memiliki item-item benefit. Antara lain:

    • Travel accident (kecelakaan wisata)
    • Sickness and injury (sakit dan cedera)
    • Travel Inconvenience (gangguan/tidakkenyamanan perjalanan)
    • Luggage and personal effect (bagasi dan dokumen pribadi)
    • Personal liability (pertanggungjawaban personal)
    • Additional benefit (keuntungan tambahan)


    Ulasan pertama di mulai dari paket Internasional yaitu worldwide premier. Paket ini memberikan 3 keuntunggan yang bisa kalian pertimbangkan. Keuntungannya antara lain: memberikan perlindungan yang premier, dapat digunakan di seluruh dunia serta kalian bisa mendapatkan keuntunggan hingga $100.000.


    Sedangkan untuk kuantitas penggunanya terbagi menjadi 3 (individu, keluarga dan grup) dengan beban premi berbeda-beda sesuai dengan jumlah pengguna. Misalnya untuk kategori grup bisa digunakan untuk tiga orang dengan premi 3 USD per orang/hari. Lebih murah kan dibandingkan kategori individu?

    Lalu bagaimana dengan ketentuan kuantitas pengguna kategori Individual & family? Kategori Family dapat digunakan dengan ketentuan maksimal 2 orang dewasa + 2 orang anak (umur maksimal 18 tahun dan berstatus single). Sedangkan untuk kategori group, dengan ketentuan anggota grup ≥ 15 orang. Secara detail dapat dilihat dibawah ini ya sob ..

    Paket kedua yaitu worldwide executive. Informasi  tentang apa saja keuntungan yang bisa peroleh hingga detail premi yang dibebankan dapat dilihat secara detail di bawah ini ya sob. Lagi-lagi ada pilihan penawaran yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

    Paket ketiga dari kategori Internasional ada Asia. Sekaligus menawarkan premi yang lebih rendah dibandingkan dengan kedua paket diatas. Oh ya, jangan lupa untuk membaca detail informasia dibawah ini agar kalian jelas dan tidak keliru dalam memilih paket asuransi sob!

    Asuransi perjalanan travellin dirancang secara khusus agar memberikan manfaat bagi para traveller. Asuransi online ini bisa dibeli secara online dengan beberapa metode pembayaran.


    Sistem klaimnya gimana? Lagi-lagi kita bisa memilih sob. Bisa melalui website atau menghubungi CALL CENTER. Jadi kita sebagai pengguna asuransi tidak perlu kerepotan untuk mendatangi kantor travellin. Proses klaim bisa dilakukan maksimal 30 hari pasca kejadian.


    Gimana tertarik untuk mencoba? Yuk mulai sekarang dipersiapkan untuk menyongsong liburan akhir tahun yang datangnya sebentar lagi. Semangat aktivitas, semangat menyambut liburan akhir tahun ya :)



    Akhir kata tulisan di atas berdasarkan pengalaman saya menggunakan website travellin dan opini pribadi saya dalam mengikuti #TravellinSmile blog competition. Yuk ikutan gaes. Siapa tau kamu bisa mendapatkan kamera idaman. ntar pinjamin ya :p

    Related Posts

    Related Posts

    4 komentar

    1. Tadinya mau ikut lomba ini, tapi pas baca postingan mas, langsung ciut. Keinget zaman lomba Medcare Competition, sama-sama asuransi juga wkwk-_-

      BalasHapus
    2. Infografisnya keren, makin ningkat aja nih skill, sukses ya...

      BalasHapus
    3. lengkap sekali ni ulasannya mas

      BalasHapus