Mau lagi dong, Blog Coaching Clinic Bersama Blogger Perempuan di Jember

4 comments
Jauh-jauh dari kota Jakarta ke daerah hanya untuk beberapa jam saja, kemudian kita berpisah ke alam masing-masing. Datang dari Jakarta, ya pulang ke Jakarta. Begitu juga teman-teman blogger yang berasal dari bondowoso-Jember dan sekitarnya kembali ke alamnya masing-masing. Kita kapan ketemu lagi?


Hari itu rasanya siang datang terlalu cepat, tidak dengan jodoh! *eaaa. Tiba-tiba selesai menyantap makan siang Greenhill Hotel & Convention Center Jember, kenyang, loh-kok sudah pada pamitan pulang. Sebenarnya saya 'ngarep' masih ada segmen-segmen berikutnya setelah kekenyangan ini. Kayaknya enak deh, udah kenyang, seru-seruan sharing ilmu bareng dan diakhiri dengan renang bareng (belum cobain kolam renang sih, aku pengen sih). 

Apa karena aku datang telat, waktu terasa sangat cepat ya? Tapi untungnya acara belum dimulai. Nah baru beberapa menit setelah aku 'melancarkan nafas' karena baru sampai lokasi acara Blog Coaching Clinic Bersama Blogger Perempuan mbak-mbak dari Blogger perempuan memasuki ruangan.

Ada sedikit drama menuju lokasi sih. Masalahnya adalah .... meskipun sudah lama ada di Jember, tempat yang memiliki kolam renang yang instagramable ini aku tidak begitu paham lokasinya. Nggak punya paket internet, pulsa habis pula saat itu. Untunglah, tepat dibagian depan lokasi ada kios pulsa jadi aman (Terima kasih mbak counter pulsa). Yaelah, cukup sudah kesusahan dihari itu.  Rasanya pengen mandi dikolam renang Greenhill Hotel & Convention Center Jember, tepat disebelah ruangan yang bikin seger itu sebelum acara dimulai ...

(mau ih, kesini lagi! #kode)

Semua ini gara-gara telat bangun. Tepatnya, sudah bangun pagi-setrika baju-jogging bentar kemudian pulang ke kos- kok ngantuk-tiduran- kebablasan sampe jam 8 pagi baru bangun. Padahal kan, kita rencananya berangkat bareng dari rumah mbak Prita menuju TKP sekitar jam 7 pagi. Alamat deh, gw ditinggal yang lainnya. Ps : Jangan 'nyambi' tidur jika mepet dengan aktivitas berikut yang mau dikerjakan ya.

Pesan dan kesannya setelah mengikuti Blog Coaching Clinic Bersama Blogger Perempuan apa mas? (pura-pura ada yang tanya).

Kurang durasi acaranya (pasti), seneng ketemu lagi dengan teman-teman blogger yang lama tidak ketemu kopdar, teman-teman baru yang baru juga belajar blogging dan seneng bukan maen bisa ketemu mbak-mbak blogger hits Djakardah yang berbagi ilmu blogging gratis.

(Sebelum materi pertama diberikan, sesi perkenalanpun wajib hukumnnya)

Oh iya, sebelumnya saya tau dan hanya bisa melihat mbak-mbak keren ini di gambar foto blognya masing-masing. Tapi akhirnya, kemarin bertemu langsung dan sempat juga foto bareng. Sudah tau ke-popularan orangnya didunia maya (blogosfere- kemudian ketemu langsung dengan orangnya). Happy endinglah ...

Salam kenal dan terimakasih juga untuk teman-teman yang tidak bisa saya sebutkan satu-satu (gak hafal namanya satu-satu ding). Pokoknya, kalian luar biasa .... Diblogger Jember kita belajar bareng ya teman-teman. Tentang blogging, pertanyaan sekonyol dan sereceh apapun jangan malu untuk ditanyakan. Balik lagi ke-pasal pertama, kita semua belajar bareng :) 

Oh iya, aku suga (pake baju kemeja putih). Salam kenal. Itu loh, kemarin yang memberi pertanyaan pada mbak Shintaries (narasumber 1 sekaligus founder blogger perempuan) itu loh. Pertanyaan tentang drama naik-turunnya DA dan PA blog kita #sombooong..:p (catet nomor induk mahasiswa saya ya bu.. wkwkwk)


Nggak ding, aku ini sebenarnya dibuatkan dan disuruh menanyakan pertanyaan yang dibuat mbak Rohma. Padahal aku ini sebenarnya pemalu dan pendiam loh mbak. Tapi mengingat kesempatan (mungkin) tidak datang dua kali, mumpung ada narasumber yang berpengalaman dalam bidangnya akhirnya saya memberanikan diri untuk bertanya. Khusus ini, pertanyaanya murni dari saya, karena pertanyaan mbak rohma sudah terjawab, iya kan mbk?


Jadi nilai DA dan PA itu sangat penting untuk blogger seperti kita. Nilainya ada direntang 1-100 tergantung kepopuleran blog dimata google. Punya blog dan pengen tau nilai DA-PA blog kalian? Klik www.checkmoz.com/ dan masukkan url blog maka akan muncul nilai DA-PA kalian. Simpelnya DA-PA ini untuk apa sih? 

For information aja sih buat teman-teman yang tertarik dengan dunia blogging, bahwa ngeblog atau blogging itu kompleks. Tidak hanya kita belajar berbicara dan menyampaikan informasi atau berbagi pengalaman dalam bentuk konten yang kita masukkan blog. Tapi dari kegiatan blog juga, kita bisa mendapatkan sesuatu (baca: job review atau sebagainya).

Bentuknya ada yang review produk diberi produk, hingga review produk yang diberi fee lebih dari yang sudah saya sebutkan diatas. Tidak hanya reviw produk aja, ada yang namanya job CP (content placement), campaign social media yang terhubung dengan teman-teman blogger lainnya dan banyak ke-komplek-an lainnya yang akan menyimpulkan menjadi blogger yang tekun itu berfaedah sekali. Coba deh pas nganggur googling ... biar makin semangat kaya aku dulu sih. hehe.

Job-job itu tentu akan teman-teman dapatkan ketika terhubung dengan teman-teman blogger yang tersebar diseluru penjuru Indonesia. Berkat ketekunan untuk membrandingkan diri dengan apa yang bisa kalian berikan melalui blog juga. Disini, seringkali tawaran job itu dipatok berdasarkan nilai DA-PA, khususnya DA. Sebuah job hanya bisa dilakukan oleh blogger yang mempunyai blog dengan DA minimal xx (sekian). Lain hal, beda blog dengan nilai PA, fee yang didapat juga berbeda. 

Semua tentang ini dan beberapa hal lain seperti, branding dan memaksimalkan blog juga disampaikan oleh Blogger Perempuan. Intinya: Terus belajar dan maksimalkan apa yang ada. Flasback lagi nih, dulu saya maju-mundur ngeblog, tapi semenjak bertemu dengan teman-teman blogger Jember semuanya menjadi semakin mudah dan membuka mata bahwa ngeblog itu memang perlu ditekuni. Semoga demikian juga dengan teman-teman yang baru belajar blog :)



Sekali lagi, terima kasih kepada tamu yang datang dari jauh, mbak Shintaries, mbak Almazia dan mbak-mbak dari Blogger Perempuan lainnya (lupa lagi). Juga teman-teman yang sudah datang diacara Blog Coaching Clinic Bersama Blogger Perempuan. Semoga kita bisa bertemu lagi dimoment yang pas (pas sama-sama ada waktu, karena saya percaya kita semua sama-sama sulit menyatukan rasa, waktu ding). Bye :)

4 comments:

  1. Emang, bener-bener DA PA bikin mupeng, apalagi mbak diah didi, wuihhhh langsung rame job, Ahhaha, moga kedepannya kita bisa nyusul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sik-sik, mba diah didi blognya apa ya? Maklum, kita baru kopdar sekali yekan? Hehe

      Delete
  2. Blognya itu diahdidi.com klo nggk salah

    ReplyDelete
  3. foto2 sama captionnya kocak amat ga, wkwkwk. Kurang waktunyaaa, bener banget!

    ReplyDelete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D