Cara Memilih Tarif Rental Mobil Pada Jasa Sewa Rental Mobil

1 comment

Cara Memilih Tarif Rental Mobil Pada Jasa Sewa Rental Mobil- Untuk melakukan perjalanan jauh ke luar kota biasanya sebagian masyarakat lebih nyaman menggunakan jasa sewa rental mobil. Uang yang Anda keluarkan hanya selisih sedikit saja dibanding membawa mobil sendiri. Keuntungan menyewa mobil ialah Anda hanya tinggal bersantai menikmati perjalanan sehingga tidak terlalu lelah saat melakukan perjalanan jauh.

Mempercayakan kepada jasa sewa rental mobil merupakan cara yang cukup bijak. Di samping itu mobil pribadi Anda bisa tetap terjaga kondisinya. Ada beberapa jasa rental mobil yang menyediakan kolom untuk menghitung biaya sewa secara online. Seorang customer bisa melakukan penghitungan sewa mobil sendiri secara manual dengan cara sebagai berikut.

 Mintalah Rate Harga Sewa Kendaraan 
Agar bisa menghitung sendiri tarif rental mobil Anda bisa meminta rate harga sewa untuk hitungan sewa harian, mingguan dan bulanan. Hal tersebut bisa memberikan gambaran untuk Anda jika ingin menggunakan jasa rental mobil. Minimal Anda bisa mengestimasikan berapa uang yang akan kita keluarkan untuk rental mobil. Pertimbangan penting juga adalah besaran uang sewa yang akan ditanggung masing-masing jika menggunakan mobil untuk kepentingan bersama teman.

Tentukan terlebih dahulu berapa lama Anda akan menyewa mobil tersebut. Setelah itu lihatlah rate harga sewa mobil tersebut. Sesuaikan dan hitung berdasarkan rate harga sewa tersebut. Bandingkan dengan rate harga sewa di tempat lain agar Anda bisa mendapatkan yang lebih murah.

 Pilih Perencanaan Asuransi Untuk Kendaraan 
Asuransi merupakan salah satu faktor penentu untuk tarif rental mobil. Hampir setiap perusahaan sewa, pasti menyediakan beberapa macam asuransi seperti perlindungan untuk kehilangan, kecelakaan pribadi, dan sebagainya.

Hal itu selalu disediakan karena akan menjadi kelebihan tersendiri dari mobil yang disewakan. Selain itu, asuransi juga bisa menentukan harga sewa mobil yang akan Anda gunakan. Mobil dengan asuransi akan berbeda harga sewanya dengan mobil tanpa asuransi.

 Pastikan Periode Sewa 
Tarif rental mobil ditentukan dengan periode sewa mobil tersebut. Misalnya untuk periode peminjaman 3 hari, kalikan 3 dengan rate harian. Setelah itu kalikan 3 dengan rate ansuransi. Hasilnya nanti merupakan harga yang akan Anda bayar untuk menyewa mobil tersebut. Begitupun dengan lamanya sewa mobil untuk 4 hari hingga 6 hari. Jika lamanya Anda menyewa mobil hingga beberapa minggu, Anda bisa mengkalkulasikannya dengan rate mingguan.

 Cari Tahu Pajak Penjualan 
Berikutnya Anda bisa memeriksa jasa rental mobil tersebut apakah memiliki pajak penjualan atau tidak. Kalikan persentase pajak dengan biaya total di atas. Akan tetapi bila tidak memiliki angka pajak, maka Anda cukup beruntung karena tarifnya akan sedikit lebih murah. Biasanya perusahaan rental kendaraan akan memberikan harga bulat pada costumer tanpa ada rinciannya. Untuk mengetahuinya Anda bisa meminta dari biaya sewa itu, apa saja detail yang harus Anda bayar.

 Harga Pesaing 
Sebelum memilih jasa rental mobil, Anda bisa memeriksa tarif rental mobil di tempat lainnya. Jika sesuai dengan jumlah Anggaran yang Anda siapkan, maka Anda bisa memilihnya. Namun sebelumya perhatikan juga beberapa hal di atas agar tidak salah dalam memilih. Pilih pula berdasarkan fasilitas yang cukup nyaman namun dengan tarif yang tetap terjangkau.

 Kondisi Mobil 
Kondisi mobil yang Anda sewa juga bisa menentukan tarif rental mobil. Jika mobil keluaran terbaru atau pun merk ternama, harga yang ditawarkan pasti berbeda. Hal tersebut dikarenakan mobil-mobil tersebut harus dirawat dengan perlakuan khusus dan tidak cuma-cuma. Harga onderdil dan perlengkapan mobil pun tentunya lebih mahal.

Akan tetapi jika mobil yang hendak Anda sewa adalah mobil yang sudah lama atau bahkan "jadul", harga sewanya akan sedikit lebih murah. Namun Anda harus menyiapkan uang lebih untuk antisipasi jika tiba-tiba di perjalanan terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya mogok di jalan atau mesin yang tiba-tiba padam.

Itulah beberapa cara memilih tarif rental mobil yang hendak Anda pilih. Pastikan Anda memilih dengan baik dan benar agar Anda bisa nyaman menikmati perjalanan Anda. Perhatikan setiap hal sebelum Anda memilihnya. Karena setiap hal yang menyangkut sewa-menyewa pastinya juga berkaitan dengan uang. Uang merupakan hal yang sangat sensitif dalam setiap hal terutama dalam sebuah bisnis jasa. Ada uang tentunya ada jasa. Jadi bijaklah dalam memilih setiap hal yang berkaitan dengan keuangan.

Nah, untuk anda yang mempunyai rencana liburan atau berakhir pekan di kota Surabaya bisa baca artikel dilink berikut ini sebagai referensi ya! Jelajah Museum di Kota Pahlawan


1 comment:

  1. Wah, tipsnya komplit. Jadi lebih tahu tata aturan menyewa mobil, kalau bigini. Terima kasih ya

    ReplyDelete

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)