#SIAPDIJALAN: Kunci Santuy Traveling adalah Packing!

Leave a Comment
Suga suka traveling, suga juga suka kulineran. Dua hal yang rasanya sudah sepaket ini wajib suga lakukan ketika sedang berkunjung ke suatu tempat. Dengan traveling sambil kuliner, saya bisa menjelajahi tempat-tempat baru, memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru, hingga bertemu dengan orang-orang baru yang begitu mengesankan. Bahkan, orang-orang baru yang saya temui ini pada akhirnya bisa menjadi teman perjalanan pada traveling berikutnya. Nah, seru banget kan, akhirnya dimana-mana diriku ini punya kawan? hehe .. 

Dari traveling, saya bisa menemukan orang-orang dengan passion yang sama. Betapa menyenangkan orang-orang dengan passion yang sama bisa bertemu dan melakukan banyak hal menyenangkan bersama-sama, kolaborasi dalam menciptakan konten yang keren dan cihuy. 

Bagaikan sayur tanpa garam jika traveling tidak disertai dengan output bikin konten kece dan kreatif untuk diunggah dan bagikan pada blog maupun media sosial. Apalagi bagi saya seorang blogger, setiap foto dan video yang saya abadikan pastinya akan menjadi calon konten pendukung tulisan blog termasuk keperluan sosial media.

Melalui tulisan, foto dan video traveling, saya memiliki harapan jika tulisan informatif yang saya buat bisa memberi manfaat bagi para pembaca blog. Ada maksud lain juga sih, semua ini menjadi bagian dari portfolio untuk menjembatani saya untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang bisa mendukung passion saya ini. Hehe. 

Setiap perjalanan merangkai cerita yang berbeda, tidak akan pernah sama. Begitu juga dengan drama-drama yang terjadi saat traveling membuat saya belajar untuk menjadi traveler yang lebih tangguh. 

Drama-drama traveling yang berasal dari pengalaman pribadi saat traveling maupun pengalaman dari traveler lain menjadi bahan pelajaran yang sangat berarti bagi saya. Tidak sulit, saya bisa mendapatkan ilmu-dan pengalaman traveling itu dari orang sekitar, tulisan blog dari blogger, aplikasi dan grup traveler sosial media, juga buku-buku traveler.

Traveling memang tidak sesimpel perjalanan kemudian tiba dan bersenang-senang di tempat tujuan. Adapun drama-drama muncul mulai dari persiapan, perjalanan hingga drama yang terjadi pada saat berada di tempat tujuan. 

Satu hal ini semua pasti pernah mengalami, apalagi traveler pemula seperti saya ini. Awal drama perjalanan traveling ini muncul akibat persiapan dan proses packing yang kurang matang. Item barang yang tergolong penting bisa-bisanya tertinggal. Pastilah, perjalanan menjadi tidak santuy dan menjadi gelisah sepanjang perjalanan. Bagaimana cara saya packing sebelum traveling?

1.Buat Daftar Barang 
Tulis macam-macam item barang yang akan dibawa dengan syarat wajib harus mempertimbangan itinerary yang sudah dibuat. Diperjalanan butuh barang apa saja, ketika sampai di tempat tujuan juga bisa diketahui barang apa yang akan dibutuhkan dari sebuah itinerari. 

2.Kategorikan barang 
Cara ini dapat mempermudah dalam proses pencarian atau mengelurkan dari dalam tas. Contohnya: kamera, charger, baterai, Memori Card, OTG, stop kontak, beragam kabel yang berhubungan dengan kamera diletakkan pada case/wadah/tas yang sama. Didalam tas saya kondisikan barang masuk dalam kelompok case/tas kecil masing-masing (organize) jadi tidak salih tercampur dan mudah ditemukan.

3.Susun Barang Sesuai Prioritas 
Dengan melihat itinerari kita bisa melihat, barang apa saja yang sering kita keluarkan dari dalam tas. Seberapa sering dan prioritas barang yang lebih dulu akan digunakan inilah yang harus diperhatikan. Barang yang diletakkan dalam tas/backpack/koper harus diurutkan sesuai waktu penggunanaan. Pakaian pokok diletakkan paling bawah karena dikeluarkan saat tiba di penginapan. Berbeda dengan earphone, tissue, uang recehan yang saya letakkan disaku tas agar mudah dijangkau setiap saat. 

Seperti sepele, tapi nyatanya penting banget, bayangin saja ketika sedang berada diperjalanan terus butuh barang yang kita letakkan disusuanan paling bawah, kita harus mengeluarkan semua isi tas hanya untuk mengambil barang yang susunanya paling bawah. Otomatis, packing jadi tidak karuan, baju-baju yang kita lipat dan kondisikan tidak kusut bakal jadi tidak karuan. Kzl. *kesel 

Begitulah proses packing bagi traveler begitu penting. Proses mengepak atau packing barang yang harus dibawa selama perjalanan hingga sampai tempat tujuan inilah yang menjadi momen krusial. Semua barang yang dimasukkan dalam ransel, koper atau backpack harus #SIAPDIJALAN. Iyes, Kunci Santuy Traveling adalah Packing! Menyadari barang tertinggal saat berada diperjalanan itu membuat atmofer happy saat traveling menjadi berkurang. 

Langkah pertama merencanakan traveling #Santuy dimulai dari itinerari. Rancangan perjalanan traveling mulai dari segi budget, destinasi, tempat-tempat yang akan dikunjungi, durasi traveling, tempat menginap, transportasi apa saja yang akan digunakan dan lain sebagainya dapat mempermudah dalam aktivitas traveling.

Itinerari yang kita buat bisa memperoleh gambaran yang pasti soal budget, rute dan segala hal yang berhubungan dengan traveling yang akan dilakukan. 

Sudah? Langkah berikutnya adalah menyusun list barang yang akan dibawa traveling. Secukupnya! Jangan berlebihan apalagi kekurangan sehingga barang yang kita bawa tidak kerepotan & membebani di perjalanan. Itulah pentingnya membuat daftar barang bawaan sebelum traveling. Tidak hanya diperlukan ketika akan berangkat traveling, daftar barang ini juga bisa kita gunakan untuk checking list barang ketika akan kembali usai traveling. Memperkecil kemungkin barang tertinggal di penginapan deh ... 
***
Iya sih, masalah yang sering dihadapi oleh banyak traveler adalah bawaan yang terasa banyak walaupun sudah dilakukan pilih dan pilah. Disini, tips packing yang saya terapkan juga seperti diatas adalah solusinya. Pastikan barang-barang yang masuk dalam tas, koper dan backpack adalah barang-barang yang memang benar-benar dibutuhkan. 
Ingat-ingat betul, apalagi barang yang sering ketinggalan agar tidak terulang kembali lupa untuk dibawa bawa. Terutama barang-barang yang mungkin sulit ditemukan saat traveling baiknya dipersiapkan saat packing. Biar hemat duta *duit, hemat tenaga dan hemat waktu tanpa harus mencari minimarket atau toko terdekat hanya untuk membelinya. Okay! 
Gais, berikut ini adalah barang-barang yang wajib saya bawa ketika traveling sambil berburu konten. Jadi tidak hanya butuh persiapan fisik, barang-barang bawaan dan itenerary yang lengkap tapi juga konsep seperti apa yang akan dibuat dalam membuat konten di tempat tujuan. Ya, semua harus dipersiapkan sejak jauh hari agar menjadi semakin siap dan perjalanan menjadi santuy.

Eh, kantong plastik buang apa sih? Jadi, selain buat pisahin baju kotor juga berfungsi sebagai tempat sampah sementara jika kita sulit menemukan tempat sampah di sekitar kita. Lagi, sedangakn karet gelang itu digunakan untuk meringkas kabel-kabel agar bisa rapi, begitu ..

***
Mungkin berbeda dengan traveler lain, soal barang bawaan ketika traveling yang terkesan lebih banyak. Seperti biasanya saya wajib membawa tripod, seperangkat kamera dan perlengkapnnya ketika traveling dalam rangka mendukung proses dokumentasi yang saya lakukan. Mungkin traveler lain hanya membutuhkan smartphone saja tapi tidak untuk saya dengan alasan kwalitas dan totalitas konten. 

Soal pakaian dan keperluan barang pendukung, sesuaikan juga dengan kondisi tempat yang akan dikunjungi beserta cuaca yang sedang dihadapai. Jangan sampai saltum alias salah kostum. Liburan menghabiskan waktu berhari-hari siapkan pakaian secukupnya juga. Jika ada baju kotor segera dicuci dan keringkan, itulah rumusnya agar baju terbatas yang kita bawa bisa mencukupi.

Tapi percayalah, ada misi menciptakan konten yang kece disetiap perjalanan traveling saya yang lebih extra membawa peratan sebagai senjata menciptakan konten. Nah, itulah menjadi alasan dibalik saya suka mengoleksi barang-barang keperluan dokumentasi.

Wishlist barang impian saat ini? Hardisk SEAGATE Backup Plus Slim + Pouch 2TB - Black yang saya temukan di Ayoomall.com. Jadi saya butuh hardisk buat media backup file-file yang saya miliki. Ngeri banget kan kalau tiba-tiba hile hilang atau terhapus.

Sampai sekarang juga masih nabung kok untuk melengkapi peralatan konten agar konten bisa semakin kece. Pilihan tempat belanja perlengkapan yang saya butuhkan banyak banget, salah satunya yang juga patut teman-teman coba nih ada Ayoomall.com. Sudah pernah belanja di Ayoomall.com belum? Atau baru tau tentang e-commerce Ayoomall.com?

Ayoomall.com adalah e-commerce yang menyediakan berbagai kebutuhan IT. Jadi kita bisa menemukan ribuan produk-produk IT yang terbagi berdasarkan kategori. Ada kategori Desktop & laptop, Office Equipment, Peripheral, Gadget & Tablets, Camera & Audio dan kategori Server & networks. 

Ayoomall.com sudah menyediakan aplikasi untuk smartphone baik andriod maupun iOS. Jadi kemudahan akses tidak hanya bisa dijangkau melalui website, tapi juga melalui aplikasi yang bisa didownload pada apps store smartphone teman-teman. 

Kemudahan bertransaksi online Ayoomall.com menjadi mudah karena bisa dilakukan dimana saja, aman, nyaman dan menyenangkan. Untuk saat ini, Ayoomall.com memberikan layanan gratis pengiriman khusus wilayah Jabodetabek loh selain beragam promo menarik yang bisa dinikmati oleh semua orang melalui transaksi Ayoomall.com. (eh, semoga kota-kota lain juga segera menyusul subsidi free ongkir hehe)

KONSEP AYOOMALL.COM : TOKO ONLINE DAN OFFLINE 
Toko Retail Online Terluas se-Indonesia. 

Ayoomall.com digadang merupakan toko retail online terluas se-Indonesia, dan uniknya Ayoomall.com memiliki konsep yang berbeda yaitu mengabungkan antara toko online dan toko offline. Service center yang dimiliki juga tersebar di 26 provinsi. Jadi bisa menambah tingkat kepercayaan meski tergolong e-commerce baru, Ayoomall.com merupakan e-commerce terpercaya. Produk yang dijual melalui online sebetulnya juga bisa didapatkan melalui toko offline.

Ayoomall.com, Marketplace resmi yang diluncurkan oleh PT. Armindo Mandiri (Airmas Group) ini memiliki 28 Toko offline yang tersebar di 17 kota, 12 provinsi di Indonesia. Dengan jangkauan ini calon pembeli juga bisa memastikan secara langsung produk yang dibeli memiliki kwalitas yang bagus. Pembeli bisa mengunjungi toko Ayoomall.com terdekat dan memngambil barang di toko Ayoomall.com yang direkomendasikan. Mantap betul! 

Lalu apa saja sih keunggulan melakukan transaksi pembelin di Ayoomall.com? Tidak perlu khawatir untuk teman-teman yang ingin melakukan transkasi melalui Ayoomall.com karena alasan berikut ini. 

1.Produk Original dengan kwalitas terbaik 
Tidak dipungkiri teman-teman akan khawatir dengan produk yang dijual karena produk tersebut berlabelkan merk ternama. Dengan merk ternama, kemungkinan barang yang sedang dilirik tersebut tidak original, KW, KW Super, ecek-ecek, imitasi dan banyak istilah lainnya. Ayoomall.com yang menjadi salah satu layanan yang dikembangkan oleh PT. Airmas Group selain Ayoosewa.com, Ayooklik.com, Ayoobisnis.com, Ayooblanja.com, Ayooservice.com 

Semua produk yang dijual Ayoomall.com adalah berasal dari brand terpercaya, original, dan memiliki kwalitas terjamin. Panasonic, Brother, Asus, Lenovo, Griffin, Catalyst dan banyak perusahan IT besar nasional dan internasional yang digandeng oleh Ayoomall.com

2.Gratis ongkos Kirim 
Saat ini Ayoomall.com memberikan penawaran gratis ongkir untuk teman-teman yang tinggal di wilayah Jakarta bisa mendapatkan layanan free ongkir 

3.Promo menarik 
Selain penawaran harga yang bersaing, Ayoomall.com juga menawarkan berbagai promo e-coupon yang bisa teman-teman dapatkan. Lumayan banget dong. Promo up to date bisa dilihat pada banner halaman utama website.

4.Jaminan pengembalian produk 
Tidak hanya jaminan produk original dan kwalitas terbaik, belanja di Ayoomall.com juga memberikan jaminan pengembalian produk jika barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi produk. Fasilitas pengembalian produk ini memiliki batas waktu klaim 7 hari setelah produk diterima ya gais. 

5.Sistem pembayaran yang mudah, aman dan terpercaya 
Berikut ini beberapa pilihan yang bisa digunakan dan memudahkan teman-teman ketika melakukan pembayaran atas produk yang dibeli melalui Ayoomall.com: Bank Transfer, Mobile Banking, dan berbagai metode pembayaran online lainnya. Semuanya aman, karena mempunyai sertifikasi keamanan VeriSign dan Credit Card Fraud Detection System.


6.Pengiriman barang bisa lebih cepat
Adanya jaringan toko retai fisik memungkinkan proses pengiriman barang bisa lebih cepat. Lho kok? Iya, Barang yang sudah dibeli tidak dikirim dari gudang pusat Ayoomall.com di Jakarta tapi dikirim dari berbagai outlet Ayoomall.com di daerah. 

7.Layanan purna-jual
Ayoomall.com menggunakan jaringan Ayooklik yang sudah tersebar di 26 provinsi di indonesia. Jadi, misalnya barang yang teman-teman beli rusak tidak perlu lagi dikirim ke Jakarta namun bisa langsung ke outlet Ayoomall.com terdekat. Mantul! 
Adalagi, Ayoomall.com memiliki layanan Ayoomall.com yang bisa teman-teman akses melalui situs Ayooservice. Lakukan klaim service, nantinya akan ditunjukkan cabang ayooservice terdekat. Tidak perlu repot-repot, ada kurir yang siap menjemput barang, tinggal lakukan pembayaran aja sesuai dengan arahan yang tertera pada web. 

Inilah 3 metode pembelian produk melalui Ayoomall.com
1.Berbelanja online melalui website atau aplikasi secara online (seperti e-commerce umumnya, barang dikirim kepada pembeli), 2. Pick up store/pick up poin (berbelanja langsung di toko Ayoomall.com atau aplikasi dan pengambilan barang di toko retail fisik hanya dengan menunjukkan invoice), 3. Transaksi online (website dan aplikasi) hingga mendapatkan QR Code pembayaran, kemudian membayar melalui QR Code dan mengambil barang di toko fisik. Ternyata banyak cara untuk mendapatkan kepuasan pelanggan atas produk yang dibeli ya ...

Sudah tau juga kan barang apa saja yang saya bawa ketika traveling dan persiapan seperti apa yang saya lakukan agar #SIAPDIJALAN saat packing? Nah, mulai sekarang list barang diatas juga bisa teman-teman pakai ketika traveling loh, tinggal disesuaikan saja dengan keperluan pribadi. 

Alasannya diantara barang yang saya bawa, ada barang yang menurut saya wajib dibawa karena begitu penting, sebaliknya bersifat tidak begitu penting untuk orang lain. Jika sedang cari kamera atau powerbank agar bisa bikin makin santuy saat traveling tanpa harus mengalami drama kehabisan baterai, sekarang bisa langsung pilih-pilih di Ayoomall.com dong... 

So, teman-teman yang menyukai traveling untuk dijadikan passion, jangan ragu. Banyak banget manfaat yang di peroleh dari aktivitas traveling. Bukan hanya sebagai sarana refreshing tapi setiap perjalanan traveling yang kita lalui akan mengajarkan banyak hal yang mendewasakan diri. Ikuti passionmu, buktikan kamu keren dengan passion yang kalian miliki. Let’s do travelling! 

Tulisan ini diikutsertakan dalam kompetisi blog Ayoomall.com
#SiapDijalan Supaya tetap Santuy. Foto, gambar dan video yang ditampilkan dalam artikel ini bersumber dari website ayoomall.com dan dokumen pribadi. Olah grafis dan video dilakukan secara mandiri oleh penulis.

0 komentar:

Post a Comment

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)