Wujudkan 3K Transportasi, Menuju Transportasi Unggul, Indonesia Maju

1 comment
Saat ini, tidak sulit untuk memilih jenis moda transportasi yang bisa kita gunakan untuk menjangkau suatu daerah atau tempat. Sarana dan prasarana yang tersedia semakin berkembang 5 tahun terakhir. Hal ini memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat, rutinitas dan aktivitas sehari-hari.

Pemandangan hilir mudik transportasi umum konvensional juga masih dengan mudah saya temukan di seluruh penjuru kota, ditengah-tengah kepopuleran transportasi berbasis online. Ini belum termasuk juga pengguna transportasi pribadi yang ikut andil didalamanya. Jelasnya, moda transportasi pilihan menjadi semakin banyak.

Ya, moda transportasi umum masing-masing memilki penawaran, dan pada kahirnya masyarakat memiliki preferensi dan hak untuk memilih diantaranya. Berbagai pertimbangan yang dilakukan mulai dari faktor kecepatan tempuh, biaya, hingga tidak kalah penting terkait kenyamanan. Inilah alasanya, pengguna kendaraan pribadi di Indonesia masih saya memiliki prosentase yang sangat besar dibandingkan pengguna transportasi umum.

Bukan hanya faktor kenyamanan, tranportasi umum saat ini harus memenuhi unsur 3K (Keselamatan, Keamanan dan kenyamanan) untuk para penumpang. Hal ini penting dilakukan agar transportasi umum tetapi memiliki pengemar. Sekaligus hal ini juga sebagai bentuk dukungan kepada program pemerintah dalam menurunkan angka kemacetan yang menjadi masalah yang harus dihadapi hingga saat ini.

Bagi anda yang memiliki mobiltas tinggi sepertinya akan sepakat jika transportasi adalah salah satu kebutuhan primer yang keberadaannya sangat penting. Dengan keberagaman jenis transportasi yang ada, masyarakat diberikan kuasa sepenuhnya untuk memilih dengan berbagai aspek pertimbimbangan seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Lalu, seberapa seringkah anda menggunakan transportasi umum? Atau bahkan, transportasi umum adalah transportasi utama yang selama ini anda gunakan untuk menuju dan kembali dari tempat kerja?

Ada berbagai pilihan moda transportasi yang digunakan untuk menumpuh jarak kedua lokasi pada kategori transportasi jalur darat kategori jarak dekat. Untuk menempuh jarak dekat sebagian besar saat ini masih dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Berbeda ketika lokasi yang ingin dijangkau masuk dalam kategori jarak jauh, masyarakat mulai mempertimbahkan berbagai aspek misalnya keamanan dengan menggunakan transportasi umum, kereta api salah satunya.

Sangat setuju. Kereta api adalah salah satu moda transportasi pilihan terbaik yang memberikan aspek 3K (Keselamatan, keamanan dan kenyamanan). Bahkan, moda transportasi yang satu ini menjadi moda trasnportasi favorit bagi masyarakat jika dibandingkan dengan moda transportasi jarak jauh lain, kapal laut dan pesawat. Berdasarkan data Badan Pusat Statistiak (BPS), 2017 kereta api menjadi moda transportasi paling favorit.
Terhitung selama Januari 2017, pengguna angkutan kereta api mencapai 30,9 juta orang. Hal ini berbanding terbalik dengan pilihan masyarakat terhadap moda transportasi pesawat dan kapal laut yang mengalami penurunan. Jumlah penumpang angkutan udara pada Januari 2017 (8,6 juta penumpang) mengalami penurunan sebanyak 0,7 juta orang dibandingkan jumlah penumpang pada Desember 2016 (9,3 juta penumpang).

Sementara, pada moda transportasi kapal laut pada periode yang sama juga demikian, mengalami penurunan sebanyak 2,69%. Bahkan penurunan terjadi sangat signifikan jika dibandingkan jumlah penumpang angkutan laut pada Januari 2016 yaitu turun sebanyak 21,47 persen.

Dari data dapat dipastikan, pemilihan moda transportasi dipengaruhi oleh banyak faktor. Selain efiseiensi harga dan waktu, Keselamatan, keamanan dan kenyamanan adalah pertimbangan utama. Inilah yang menjadi harapan banyak orang ketika menggunakan transportasi pilihannya agar dapat menujangkau tujuan dengan perjalanan selamat,aman dan nyaman. Baik transportasi darat, lautu maupun udara, semua memiliki resiko terhadap hal-hal yang mengancam Keselamatan, keamanan dan kenyamanan.

Bagi saya, seorang blogger yang cukup sering melakukan perjalan keluar kota untuk menghadiri sebuah event blogger, transportasi umum masih sangat menjadi andalan. Saya dapat dengan mudah memilih jenis moda transportasi apa yang ingin saya gunakan mulai dari keberangkatan, akomodasi ditempat tujuan hingga transportasi untuk kembali ke kota tinggal. Mudah saja, apalagi dengan hanya mengakses gawai yang kita miliki, saya bisa memesan angkutan online yang bisa membawa saya kemana saja sesuai titik lokasi yang saya maksud.

Jika dalam perjalanan darat yang tidak menghabiskan banyak waktu berjam-jam, seringkali saya menggunakan kendaraan pribadi (motor). Selain fleksibel, juga murah ongkos. Dalam kategori perjalanan keluar kota dengan waktu tempuh lebih dari 5 jam, sudah dapat dipastikan saya akan menggunakan transportasi umum dengan alasan keselamatan dan keamanan.

Apapun moda transportasi yang saya gunakan pasti memiliki resiko, tetapi resiko yang mengancam keselamatan dan keamanan lebih bisa diminimalisirkan ketika saya menggunakan transportasi umum. Saya bisa istirahat sepanjang perjalanan, moda transportasi akan membawa saya sampai ditempat tujuan.

Saya adalah penggemar moda transportasi kereta api. Kemanapun saya pergi, saya akan menggunakan kereta api jika daerah yang menjadi tujuan saya dapat dijangkau dengan kereta api melalui jalur darat. Selain itu saya juga masih menggunakan angkutan umum: bus, angkot dan sebagainya jika berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk menyewa angkutan berbasis online. Ringkasnya, Keselamatan, keamanan dan kenyamanan itu lebih bisa saya dapatkan ketika saya menggunakan moda transportasi kereta api dan angkutan online.

Ya, saya pernah mengalami hal yang tidak mengenakkan terkait keamanan (kehilangan barang) ketika berada di angkutan umum (bus). Sehingga setelah kejadian tersebut hingga saat ini, saya lebih memilih menggunakan angkutan umum lain, atau sewa kendaraan yang lebih terjamin dalam hal keamanan. 

Website :www.dephub.go.id
Facebook : kemenhub151
Twitter : @kemenhub151
Instagram : @kemenhub151

1 comment:

  1. Saya sering juga bawa barang penting naik umum. Ya, risikonya memang itu. Artinya, mitigasinya ya harus dikekepin terus. Sejauh ini sih ndak pernah ilang. Hehe.

    ReplyDelete

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)