Liburan ke Kota Seribu Sungai Terasa Kurang Lengkap Tanpa Mencicipi Kuliner Khas Banjarmasin

Leave a Comment
Banjarmasin yang terkenal dengan julukan sebagai kota seribu sungai punya potensi wisata yang besar. Di sini, Anda bisa mendapati keberadaan Sungai Barito yang dikenal sebagai sungai terpanjang di Kalimantan. Anda tidak hanya punya kesempatan menikmati keindahan alam Banjarmasin. Jangan lupa pula untuk mencicipi berbagai kuliner lezat yang menjadi ciri khas Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan ini.

Banyak makanan khas Banjarmasin enak yang bisa Anda cicipi. Biar Anda tidak kebingungan dalam memilih menu, ada 3 jenis makanan yang wajib Anda coba selagi di Banjarmasin, yaitu:

1. Soto banjar
Soto banjar menjadi jenis makanan khas Banjarmasin yang sudah sangat terkenal. Bahkan, keberadaannya dianggap sebagai salah satu identitas utama dari Suku Banjar. Soto ini biasa dibuat dengan potongan daging ayam yang bercampur dengan kuah yang dibuat dengan berbagai jenis rempah-rempah. Dalam penyajiannya, soto banjar kerap disertai dengan potongan ketupat, perkedel, serta telur.

(sumber : pesona.travel)

Pilihan tempat makan untuk menyantap seporsi soto banjar di Banjarmasin sangat banyak. Soto Bang Amat bisa jadi pertimbangan utama untuk mencicipi soto banjar dengan cita rasa otentik. Kedai ini biasa buka pada rentang antara pukul 08.00-18.00 berada di alamat Jl. Banua Anyar Nomor 6, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin.

2.  Sate tulang
Dibandingkan dengan makanan lain, sate tulang memang kurang dikenal oleh para wisatawan. Popularitasnya kalah dibandingkan dengan soto banjar. Padahal, sate tulang merupakan salah satu kuliner unik yang menjadi makanan favorit warga Banjarmasin. Keunikan yang bisa ditemukan pada sate ini adalah penggunaan bahan-bahan yang jarang dipakai, umumnya adalah leher serta ekor ayam.

Dibandingkan dengan jenis sate lain, sate tulang punya tekstur yang cenderung kasar. Selain itu, ukurannya juga besar. Dalam proses pembuatannya, daging serta lemak yang menempel pada tulang terlebih dahulu ditumbuk. Selanjutnya, campuran daging, lemak, serta tulang ayam itu digiling. Setelah digiling, adonan daging tersebut bisa ditusukkan pada tusukan sate.

Rekomendasi kedai sate tulang yang bisa Anda kunjungi di Banjarmasin adalah Warung Kita. Di sini, Anda akan menemukan sate tulang yang dibuat dengan bahan ayam kampung. Di tempat ini, sate tulang disajikan sebagai pendamping dari sate ayam, dan bisa didapatkan dengan harga yang murah meriah.

3. Ketupat kandangan
Sekilas, ketupat kandangan memiliki tampilan yang mirip dengan opor ayam. Makanan ini disertai dengan kuah berwarna kuning keputihan karena terbuat dari campuran santan. Hanya saja, Anda tidak akan menemukan potongan daging ayam pada ketupat kandangan. Sebagai gantinya, menu tradisional yang berasal dari daerah Kandangan, Banjarmasin ini menggunakan ikan gabus, patin, ataupun gurame.

(sumber : food.detik.com)

Pilihan kedai yang sudah sangat terkenal dengan sajian ketupat kandangan di Banjarmasin adalah Ketupat Kandangan Ibu Hj. Mursinah. Warung ini terkenal sebagai warung ketupat kandangan yang legendaris, sudah berdiri sejak tahun 1965. Saat menikmati sajian ketupat kandangan di sini, Anda akan memperoleh rasa kuah yang gurih. Porsi yang cukup besar juga memastikan Anda bisa merasa kenyang.

Itulah pilihan kuliner khas Banjarmasin yang wajib Anda cicipi. Selanjutnya, Anda tinggal merencanakan waktu liburan ke Banjarmasin. Tidakperlu khawatir bakal butuh biaya besar. Dengan aplikasi Airy, Anda bisa berlibur ke kota seribu sungai dengan pengeluaran yang minim.

Lewat aplikasi tersebut, Anda bisa booking hotel dengan cara yang mudah. Ada beberapa pilihan hotel di Banjarmasin yang bisa Anda tempati. Selain memberi kemudahan dan harga murah, cara pemesanan lewat aplikasi ini juga menjamin kenyamanan selama menginap.

0 komentar:

Post a Comment

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)