Cara Berdamai dengan Emosi Sendiri Saat Haid

Leave a Comment

Premenstrual syndrome (PMS) sangat mempengaruhi tingginya persentase wanita usia subur, dengan banyak wanita merasakan perubahan suasana hati pada hari-hari sebelum menstruasi. Sementara gejala menstruasi seperti lekas marah, marah, dan perubahan suasana hati adalah masalah bulanan bagi sebagian besar wanita. Untungnya, mengobati PMS dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup dapat membantu wanita mengendalikan perubahan suasana hati, penyebab nyeri haid hari pertama dan permasalahan emosional lainnya.

Bagi banyak wanita, merubah gaya hidup dapat menjadi bagian yang sukses dari perawatan PMS. Untuk wanita dengan PMS parah, obat mungkin diperlukan sebagai pereda nyeri haid dan pereda depresi. Opsi perawatan PMS berikut dapat membantu menstabilkan perubahan suasana hati dan meningkatkan kesehatan emosi wanita di minggu-minggu sebelum menstruasi:

image source: BetterMe.guru

Olahraga. Aktivitas fisik dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi depresi. Dipercayai bahwa endorfin - zat kimia otak yang terasa enak yang dilepaskan saat berolahraga - dapat membantu menangkal beberapa perubahan hormon yang dapat memicu PMS parah. Latihan aerobik seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang sangat disarankan.

Makan sedikit, namun sering. Makan dalam porsi kecil sepanjang hari dibandingkan dengan dua atau tiga kali makan besar juga dapat membantu meringankan gejala PMS. Makan besar, terutama yang tinggi karbohidrat, dapat menyebabkan perubahan gula darah, yang dapat memperburuk PMS. Cobalah makan enam kali sehari dalam jumlah kecil agar kadar gula darah tetap stabil.

Suplemen kalsium. Dalam percobaan klinis double-blind 2009 tentang wanita perguruan tinggi dengan PMS, mereka yang menambah diet mereka dengan 500 miligram kalsium dua kali sehari secara signifikan lebih sedikit mengalami depresi dan kelelahan daripada mereka yang tidak.

Hindari kafein, alkohol, dan permen. Menjauh dari kopi dan minuman berkafein lainnya selama dua minggu sebelum menstruasi dapat membuat perbedaan dalam suasana hati Anda karena kafein dapat meningkatkan kecemasan, kegugupan, dan insomnia. Mengurangi alkohol juga dapat membantu karena alkohol bertindak sebagai depresan. Menghindari permen, soda, dan makanan manis lainnya, terutama pada minggu sebelum menstruasi, dapat membantu meringankan gejala PMS parah dengan mencegah perubahan suasana hati yang terkait dengan fluktuasi gula darah.

Manajemen stres. Cobalah teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, dan yoga. Terapi individu atau kelompok juga telah ditemukan sebagai pengobatan PPMS yang efektif untuk wanita dengan perubahan suasana hati yang parah dan perubahan emosional yang melemahkan.

0 komentar:

Post a Comment

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)