10 Tips Merawat ID CARD Karyawan

Leave a Comment
Profesionalitas seorang orang karyawan merupakan hal penting dalam sebuah perusahaan. Profesionalitas seorang karyawan dapat dilihat dari kinerja yang menjadi tanggung jawab dan penampilan fisik ketika berada pada jam kerja.

Seorang karyawan akan dinilai baik jika memiliki kinerja yang mumpuni dan mampu menjaga nama perusahaan. Penampilan fisik karyawan akan memberikan citra terhadap perusahaan. Penampilan fisik seorang karyawan dapat menunjukan profesionalitas seperti menggunakan pakaian dan bersepatu rapi, juga menggunakan kelengkapan atribut perusahaan.

Id card karyawan sebagai salah satu atribut kelengkapan perusahaan yang wajib digunakan seorang karyawan selama jam kerja. Id card karyawan sebagai tanda pengenal atau kartu identitas setiap karyawan sesuai jabatan. 

Dengan menggunakan kartu tersebut akan lebih mudah mengenal setiap karyawan, memantau kinerja, dan memudahkan jalinan kerja sama. Tentu id card karyawan bukanlah hal remeh yang dapat diabaikan, atau hanya sebagai formalitas saja. Seorang karyawan akan menggunakan kartu tersebut setiap saat bekerja baik di dalam perusahaan ataupun di luar perusahaan

Seorang karyawan akan memeroleh id card ketika awal penerimaan karyawan yang akan digunakan selama jam kerja. Untuk pembuatannya, kalian tidak dapat membuatnya sendiri dengan memesan pada jasa percetakan atau mencetak mandiri. Tentu kalian harus mengikuti serangkaian prosedur pembuatan id card karyawan sesuai perusahaan dengan jangka waktu tertentu.

Tuntutan penggunan id card selama jam kerja dapat menimbulkan kerusakan secara cepat karena terpapar panas, penggunaan dan perawatan yang tidak tepat. Masalah yang sering kali terjadi pada id card karyawan yaitu

1 Warna dan tulisan pada kartu buram dan tidak dapat dibaca secara jelas. 
2. Plastik yang mengelupas. 
3. Rusak dibagian tepi kartu karena sering digunakan. 
4. Gantungan yang kotor, dan rusak dibagian tepi. 
5. Kemungkinan terburuk yakni kartu tidak sengaja patah.

Itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada id card karyawan yang digunakan selama jam kerja dengan jangka pembaruan id card karyawan yang memerlukan jangka waktu lama. Lalu bagaimana agar kartu kalian dapat tahan lama? Yuk intip 10 tips merawat id card karyawan agar tahan lama berikut ini:

1. Ketika tidak sedang digunakan, sebisa mungkin tali gantungan atau lanyard id card tidak digulung. Usahakan id card karyawan letakkan dalam posisi yang bersih dan tergantung. Hal ini dapat meminimalisir rusaknya tali gantungan atau lanyard id card.
2. Jika tangan kalian kotor, berminyak, dan berkeringat usahakan tidak memegang id card. Jika tangan kalian tidak bersih dapat berakibat pada pudar atau buramnya warna dan tulisan. 
3. Untuk membersihkan id card gunakan bahan berbahan yang aman tidak merusak, seperti kapas, tisu, dan kain yang halus dan lembut. 
4. Usahakan ketika membersihkan tali gantungan atau lanyard id card dipisah dengan kepingan id card. 
5. Jangan menggunakan zat kimia, sabun cuci, atau deterjen untuk mencuci id card karena dapat menyebabkan warna menjadi pudar. 
6. Ketika mencuci tali gantungan atau lanyard id card usahakan juga tidak menggunakan sabun, zat kimia, dan deterjen karena dapat menyebabkan sablon rusak. 
7. Ketika membersihkan tali gantungan atau lanyard id card usahkan tidak mengucek, menyikat. Kalian cukup mengelapnya perlahan. 
8.Id card dan tali gantungan usahakan tidak langsung terpapar terik matahari, karena dapat material id card rusak. 
9. Gunakan alas ketika menyetrika tali gantungan. Setrika tidak boleh bersentuhan langsung dengan tali gantung atau lanyard id card karena dapat membuat sablon rusak dan warna kain pudar. 
10. Selalu waspada meletakkan kartu karyawan agar terhindar dari kerusakan dan kehilangan.

Itulah 10 tips merawat id card karyawan kalian supaya tahan lama. Selalu perhatikan profesionalitas kerja juga dinilai dari penampilan fisik salah satunya menggunakan kartu identitas karyawan. Untuk memenuhi keperluan id card karyawan kalian, ist.co.id menjadi menyediakan berbagai merk mesin cetak id card atau id card printer, dan layanan maksimal penyetakan id card karyawan perusahaan kalian. Untuk informasi lebih lanjut kalian dapat mengunjungi situsnya.

0 komentar:

Post a Comment

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)