Cara Menggunakan Pillow Block Bearings Agar Lebih Tahan Lama

Leave a Comment

Apakah Anda pernah mendengar informasi mengenai Pillow Block Bearings? Pillow Block Bearings merupakan sebuah bantalan yang dipasang di dalam besi cor padat dan berfungsi sebagai anti gesek. Umumnya, poros yang terpasang pada Pillow Block Bearings bergerak secara paralel dengan permukaan. Penggunaan Pillow Block Bearings akan memiliki masa waktu yang berbeda. Hal ini tergantung pada perlakuan pemilik terhadap Pillow Block Bearings tersebut. Pemasangan Pillow Block Bearings yang baik dan benar akan memungkinkan penggunaannya selama bertahun-tahun tanpa perlu diganti.
Terdapat banyak sekali distributor di dalam maupun luar negeri yang menyediakan segala macam bearing. Salah satu distributor utama yang menyediakan segala bentuk bearing di Indonesia adalah Logam Makmur. Anda dapat berbelanja segala kebutuhan Anda melalui Logam Makmur, dimana kualitas produknya sudah pasti terpercaya dan harganya pun bersahabat.

Lalu, bagaimana sih cara merawat Pillow Block Bearings? Apakah Anda penasaran? Nah tanpa mengulur waktu lagi, yuk simak penjelasan berikut ini mengenai langkah untuk membuat masa penggunaan Pillow Block Bearings lebih lama.

a.  Memeriksa poros
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah check atau memeriksa poros. Patikan pula poros dalam keadaan bersih, lurus, bulat, berukuran sedang (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil), ukurannya sesuai dengan spesifikasi pabrik, serta bebas dari gerinda dan goresan. Pembersihan batang dari karat dapat dilakukan dengan menggunakan scoth bright atau menggunakan amplas halus yang dipadukan dengan minyak untuk mengilangkan kotorannya.

b.    Memposisikan bearing atau bantalan pada poros
Tekanan diperlukan untuk memposisikan bantalan pada poros. Penggunaan palu atau balok kayu keras pun dianjurkan dalam kegiatan ini karena dapat memberikan tekanan yang lebih besar. Namun perlu diingat, jangan memberikan tekanan terlalu besar agar bantalan tidak rusak.

c.     Membautkan housing (rumah) ke struktur pemasangan
Meletakkan poros pada posisinya dengan membautkan atau mengunci housing (rumah) ke struktur pemasangan. Bautkan pula pencuci kunci pegas berat dengan slot baut pemasangan housing (rumah). Hal ini berfungsi untuk mencegah terjadinya pelonggaran alat.

d.    Menetapkan posisi akhir pemasangan
Menentuan dan menetapkan posisi akhir pemasangan perlu dilakukan sebelum mengamankan baut. Hal ini bisa dilakukan dengan meluruskan unit bearing (bantalan) dengan tangan atau bisa pula menggunakan palu karet.

e.  Memastikan poros dapat bergerak secara aksial
Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah memastikan poros dapat bergerak secara aksial atau searah. Hal ini dapat dilakukan melalui lubang bantalan yang berfungsi untuk mengkonfirmasi pelurusan yang tepat.

f.     Mengencangkan kedua sekrup kerah
Mengencangkan kedua set sekrup kerah dapat dilakukan secara bergantian ke nilai torsi yang telah disarankan. Pengencangan sekrup dapat dilakukan dengan menyetelnya hingga putaran permanen dengan menggunakan kunci inggris, apabila kunci momen tidak tersedia.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian dan cara agar penggunakan Pillow Block Bearings lebih lama lagi. Langkah-langkah tersebut diharapkan mampu memperpanjang waktu penggunaan Pillow Block Bearings dan membantu pembaca untuk dapat menggunakan Pillow Block Bearing secara lebih bijaksana. Sehingga Pillow Block Bearings tidak perlu diganti dalam jangka waktu yang pendek dan mengurangi biaya anggaran pengadaaan Pillow Block Bearings yang baru.

Apabila Anda berminat untuk mencari Pillow Block Bearings, Anda dapat mengunjungi supplier bearing online, seperti Logam Makmur . Di toko tersebut tersedia berbagai jenis bearing dari Logam Makmur. Selamat mencoba, selamat mencar dan selamat beraktivitas. Jangan lupa tersenyum dalam mengawali hari J

0 komentar:

Post a Comment

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)