Ada Aplikasi SehatQ, Aku bisa mengemban tugas Menjadi garda terdepan dalam menjaga kesehatan keluarga kapanpun dan dimana saja

32 comments
Kabar duka itu terkesan datangnya tiba-tiba, tersiar dari toak musholla yang letaknya tidak jauh dari rumah tinggal saya. Seperti biasa, warga memang dapat dengan mudah mengetahui berbagai informasi terbaru dari sana, dari siaran yang dikabarkan melalui pengeras suara di musholla yang ada di tempat tinggal kami. Info pengajian, Acara/event tertentu, jadwal posyandu balita dan lansia hingga kabar duka dan informasi lainnya dapat dengan mudah warga sekitar terima. 

Mehrani (nama disamarkan), harus menghadap sang pencipta diusia yang tergolong masih muda, 26 tahun. Hati siapa yang tidak merasakan pilu, tidak hanya bagi keluarga, semua orang yang mendengar kabar duka pagi itu spontan kaget karena. Tidak menyangka seseorang yang tidak terdengar mengalami riwayat penyakit tertentu sebelumnya, tiba-tiba dikabarkan meninggal dunia. 

Berawal dari kronologi tiga jari tangannya terasa kebas lalu beberapa jam kemudian ia menghembuskan nafas terakhir, begitu ujar salah satu keluargannya. Terhitung kurang dari 2 tahun menikah, sosok ibu muda yang baru saja melahirkan seorang bayi laki-laki berusia 8 minggu tutup usia. Kabar duka yang tentu membuat warga sekitar seperti diingatkan kembali mengenai kesehatan tubuh sekaligus memaknai sebuah arti kehadiran dan kepergian dalam kehidupan ini. 

Sehat itu mahal, justru kuota internet saat ini semakin murah. Masing-masing provider menawarkan layanan internet harga bersaing sengit dengan paket-paket menarik. Seakan-akan semua hal semakin praktis karena bisa dilakukan hanya dengan internet, melalui ponsel. Hal ini tentu membuka jalan masyarakat untuk mengakses informasi dan memanfaatkan mudahnya akses kesehatan. Dengan begitu PR untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang tergambar pada potret kesehatan 2018 dapat mencapai perubahan menuju semakin baik, salah satunya.

Berbicara lebih lanjut mengenai pentingnya menjaga kesehatan. Semenjak menjadi anak tunggal di rumah karena kakak perempuan harus bekerja dan tinggal di luar pulau Jawa, saya seperti memiliki tanggungjawab baru menjaga kesehatan orang tua, bapak-ibu di rumah. Memastikan mereka dalam kondisi yang baik-baik saja ketika saya sedang berada di rumah maupun bepergian untuk selang waktu tertentu. Disinilah keberadaan internet saya pergunakan juga untuk mempermudah saya dalam mencari informasi kesehatan melalui platform kesehatan yang ada saat ini. 

Memperoleh informasi kesehatan yang valid dan dapat dipercaya hingga memfasilitasi kemudahan-kemudahan yang ada dengan perkembangan dunia digital yang ada saat ini. Terlebih, orang tua saya berbeda dengan kebanyakan orang tua teman-teman saya lainnya yang begitu lihai memainkan jari-jemarinya pada layar gawai.

Beberapa kali saya membujuk untuk mengganti handphone model lamanya itu dengan smartphone saat ini berfitur layanan internet, tidak juga membuat mereka mau melakukannya. Kata Ibu, ''ah susah, pokoknya bisa buat telepon saja sudah cukup''. Begitulah terjemahan dari bahasa jawa yang ibu sampaikan.

Sebetulnya, semua akan menjadi lebih mudah jika mereka mau 'akrab' dengan internet. Sehingga sewaktu-waktu menjadian smartphone sebagi sumber informasi, kesehatan. Sayangnya, tidak. Melalui video-video youtube saya tinggal memutar kebutuhan informasi yang sedang dibutuhkan. Selain saya tidak perlu susah-suah menjelaskan, juga lebih dipahami oleh ibu.

Oleh sebab itu, ketika saya tidak sedang berada di rumah karena saya sedang kuliah di kota berlainan, hanya melalui sambungan telepon saya bisa memberikan arahan atau informasi termasuk soal kesehatan didalamnya. Keluhan-keluhan yang mereka rasakan, obat yang sekiranya dibutuhkan hingga jika ada solusi instan dan tepat yang sekiranya bisa dilakukan di rumah sebelum memutuskan untuk pergi ke pusat kesehatan terdekat. 

Sayangnya, dalam hal ini saya tidak memiliki background ilmu kesehatan atau banyak tahu perihal masalah-masalah kesehatan. Tentu saja ini tidak juga menjadikan jalan buntu bagi saya untuk bisa memantau, memberi masukan serta memberi solusi yang tepat dengan masalah kesehatan yang sedang orang tua alami atau keluhkan. Mendampingi orang tua agar tidak terpengaruh oleah hoax-hoax kesehatan yang masih saja banyak beredar. Ya, tugas kita sebagai anak yang melek informasi dan teknologi.

Saya kira tidak hanya saya pribadi yang selalu merasa was-was ketika dijadikan sumber informasi untuk orang-orang sekitar mengenai kesehatan. Kesehatan itu sifatnya vital karena kaitannya dengan nyawa seseorang, tentu saya tidak boleh asal-asalan memberikan informasi kesehatan tanpa berdasarkan sumber referensi medis yang akurat sehingga dapat dipertanggungjawabkan. 

Dikutip dari sumber data tirto.id bahwasannya Hoaks kesehatan di negara ini menempati urutan pertama yang paling banyak disebarkan. Dari seribu berita hoaks sejak Februari 2016 hingga Februari 2017 yang menjadi sampel penelitian, 27 persennya berisi soal kesehatan. Apakah ini sejalan dengan seringnya konten-konten hoax yang anda terima melalui media sosial?

Apalagi, serangan hoax kesehatan nyatanya juga masih begitu mudahnya diterima dan dibagikan oleh siapa saja tanpa memavalidasi kebenaran sumber informasi tersebut. Sudah saatnya, melek literasi kesehatan ditingkatkan agar masyarakat tidak asal 'berbagi' melalui sosial media hanya karena membaca judul informasi/berita yang mempermainkan emosional pembaca.

Tidak ada kata terlambat untuk perangi hoaks. Lawan hoax kesehatan dengan cara mencari sumber berita terpercaya. Lalu jangan lupa mencari lebih dari satu sumber informasi, skeptis dan verifikasi. Hoaks biasanya selalu ditandai dengan klaim kesehatan yang terlalu berlebihan atau informasi yang terkesan menakut-takuti. Terakhir, tanyakan segala informasi kesehatan yang masih sumir kepada dokter. Tidak sulit, melalui aplikasi SehatQ anda akan terhubung secara mudah dan cepat dengan dokter berpengalaman.

Terlebih informasi kesehatan yang sifatnya hoax bisa saja orang tua kami terima dari lingkungan sekitar. Meskipun bapak-ibu tidak familiar atau tidak mengakses internet yang menjadi salah satu sumber tersebar luasnya hoax, tapi informasi dari mulut ke mulut yang lagi-lagi sumbernya berasal dengan perantara internet tidak bisa terhindari. Untung ada aplikasi SehatQ yang menjadi senjata anti hoax.

Aplikasi SehatQ itu ringan, simple and clean, user friendly

Dari sini kemudian saya sadar betul bagaimana saya harus memposisikan diri sebagai garda terdepan yang mampu menjadi filter bagi keluarga dan orang-orang sekitar. Ada SehatQ, Aku bisa mengemban tugas menjadi garda terdepan dalam menjaga kesehatan keluarga. Karena sumber informasi yang didapatkan pada aplikasi SehatQ sudah jelas dan terbukti secara medis disampaikan oleh dokter-dokter yang berpengalaman. Apakah anda sudah mengenal dan mengetahui aplikasi dan layananan SehatQ?
SehatQ adalah salah satu platform kesehatan dari PT. SehatQ Harsana Emedika yang cukup populer ada saat ini. Meskipun kehadirannya tergolong baru dibandingkan plalform kesehatan yang lainnya, sejak kehadirannya pada tanggal 25 November 2019 hingga saat ini tercatat sebanyak lebih dari 10 ribu pengunduh aplikasi SehatQ di google play store dengan rate penilaian rata-rata pengguna 4.5/5. 

Tersedianya aplikasi SehatQ pada apps store juga memberikan kemudahan bagi para pengguna aplikasi SehatQ khusus pengguna smartphone berbasis iOS. Inilah sebuah inovasi yang dihadirkan oleh Linda Wijaya selaku Founder and CEO dari SehatQ.

SehatQ menyatukan semua kebutuhan kesehatan dalam satu aplikasi. Sejak mengetahui dan menggunakan aplikasi SehatQ banyak manfaat yang dihadirkan dan besar manfaatnya buat saya dan keluarga. Fitur dan layanan yang disediakan begitu memudahkan saya dalam mengakses konten dan fitur kesehatan bahkan GRATIS. Selain bisa melalui website  SehatQ.com , mengakses konten SehatQ juga bisa melalui aplikasi yang tersedia untuk android maupun iOS, akses SehatQ bisa kapanpun dan dimana saja. 

Linda Wijaya, yang merupakan lulusan Master Industrial Engineering dari University of Michigan, mulai mengembangkan aplikasi besutannya itu sejak November 2018 lalu. Dalam kurun 10 bulan, ia bersama tim gencar melakukan ekspansi layanan dalam aplikasinya dan melakukan peluncuran resmi pada 25 September 2019. SehatQ yang merupakan startup di bidang kesehatan. 

Singkatnya, SehatQ lahir dari sebuah pengalaman pribadi yang dialami CEO Linda berhubungan dengan rumitnya birokrasi layanan kesehatan yang pernah dialaminya. Tidak hanya olehnya, saya rasa masih banyak orang yang juga mengalami kerumitan birokrasi dalam mengakses layanan kesehatan. 
Tidak dipungkiri dampak dari rumitnya birokrasi membuat masyarakat semakin menjauh dari hal-hal yang berhubungan dengan fasilitas kesehatan. Bayang-bayang biaya mahal, lamanaya antrian pasien ataupun birokrasi yang ribet adalah momok yang terbayang diantaranya. 

Dengan begitu muncul pemikiran bahwa apapun keluhan yang mereka rasakan akan selalu merasa cukup untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi obat-obatan yang mereka beli sendiri, di warung atau toko obat terdekat (swamedikasi).
Swamedikasi atau pengobatan sendiri merupakan bagian dari upaya masyarakat menjaga kesehatannya sendiri. Pada pelaksanaanya, swamedikasi /pengobatan sendiri dapat menjadi masalah terkait obat (Drug Related Problem) akibat terbatasnya pengetahuan mengenai obat dan penggunaannya (Nur Aini, 2017). Dasar hukum swamedikasi adalah peraturan Menteri Kesehatan No. 919 Menkes/Per/X/1993. Menurut Pratiwi, et al (2014) swamedikasi merupakan salah satu upaya yang sering dilakukan oleh seseorang dalam mengobati gejala sakit atau penyakit yang sedang dideritanya tanpa terlebih dahulu melakukan konsultasi kepada dokter.
Swamedikasi yang tepat, aman,dan rasional terlebih dahulu mencari informasi umum dengan melakukan konsultasi kepada tenaga kesehatan seperti dokter atau petugas apoteker. Tidak perlu khawatir tentang ini, berhasil membawa angin segar SehatQ mengusung kemudahan dalam mempersimple proses yang rumit dan ribet itu dan menjadi sumber referensi kesehatan yang bersifat valid. Masyarakat diharapkan lebih bisa dekat dengan layanan dan informasi kesehatan. Kemudahan akses fitur bisa diases melalui website maupun aplikasi smartphone is just one-click-away.”

Sehat dalam genggaman dengan aplikasi SehatQ

Jikapun suatu waktu saya atau keluarga merasakan keluhan ringan kemudian ingin melakukan swamedikasi, ada Sehatq yang bisa menjadi sumber informasi dan referensi valid, aman dan terpercaya. Begitu, swamedikasi tetap harus dikonsultasikan kepada apoteker untuk menghindari resiko kesalahan pengobatan (medication error) dan melindungi pasien dari permasalahan kesehatan potensial akibat penggunaan obat.

Pada aplikasi SehatQ, fitur  Booking Dokter  dan fitur chat dokter ini menjadi dua fitur andalan yang ada pada SehatQ. Masyarakat dapat dengan mudah terhubung dengan dokter spesialis dan melakukan konsultasi langsung terkait permasalahan yang saya alami secara GRATIS. Ingat, meskipun swamedikasi itu mudah, tanpa dibekali dengan referensi yang tepat, swamedikasi tentu dapat membahayakan jiwa.

Terakhir kali saya melakukan konsultasi melalu chat SehatQ 9 Desember 2019 lalu (sebelum artikel ini ditulis), untuk berkonsultasi masalah pencernaan yang sedang ibu saya keluhkan. Tidak butuh waktu lama untuk terhubung dengan dokter melalui fitur chat ini, hanya sekitar 2 menit chat yang saya kirim dibaca oleh dokter kemudian beberapa saat kemudian saling berbalas pesan.

Kali ini saya berinteraksi dengan dr. Zulham Effendy. dr. Zulham Effendy menanyakan kembali keluhan yang ibu rasakan lain selain yang sudah saya sebutkan sebelumnya, hingga memberikan saran penanganan dan anjuran untuk melakukan periksa dokter jika keluhan yang sama masih saja dirasakan. 

Tidak ada khawatirpun ketika berkonsultasi dengan dokter meskipun hanya melalui daring. Seperti yang banyak orang ketahui bahwa dokter yang tersedia pada platform SehatQ adalah dokter yang telah terdaftar IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan telah memiliki STR (Surat Tanda Teregistrasi).

Jika teman-teman ingin mengetahui profil dokter, bisa juga dilakukan pencarian melalui menu dokter lalu melihat detail profil dan semua profil dokter dan tenaga medis bersifat umum dapat dilihat oleh siapa saja. Konsultasi kesehatan dapat dilakukan pada jam kerja hari Senin-Jum'at 07.00-20.00 WIB. Catatan: Konten percakapan bersifat rahasia dan aman sedangkan konsultasi bersifat diagnosa dan pemberian solusi atas keluhan ringan (pertolongan pertama), jika keluhan yang dirasakan tidak membaik, periksa dokter secara langsung tetap diperlukan.

SehatQ menjadikan fitur chat dokter dan booking dokter secara online menjadi dua fitur andalan rasanya sangat tepat mewakili keadaan yang masih saya rasakan saat ini. Berjenuh-jenuh karena menunggu panggilan antrean yang mengular. Disisi lain masih banyak aktivitas yang harus saya kerjakan. Inilah yang menjadi problem banyak orang bahwa aktivitas menunggu ketika periksa adalah hal yang harus dihindari dengan aplikasi SehatQ. 

Lalu apa saja yang bisa didapatkan dari mengakses SehatQ? Mulai dari chat konsultasi dokter gratis, memperkaya pengetahuan kesehatan dari berbagai artikel kesehatan yang terupdate, mencari glossary obat, booking dokter, mencari dokter – menemukan fasiltas kesehatan terdekat dan beberapa lainnya. Ya, tidak hanya fitur chat dokter dan booking dokter yang menjadi andalan SehatQ. Dengan mendaftar akun pada website atau aplikasi SehatQ, kita bisa menikmati fitur-fitur yang disediakan secara gratis. Berikut ini menu-menu yang ada pada aplikasi SehatQ.

Obat: Berisi glosarium obat yang dikelompokkan berdasarkan Abjad A-Z. Selain deskripsi obat, masing-masing obat juga dijelaskan tentang dosis, aturan pakai, efek samping obat, peringatan khusus, interaksi obat. Pada menu obat ini terdapat highlight beberapa obat yang paling dicari loh, sehingga memberi informasi terkait obat yang bisa saja kita butuhkan sewaktu-waktu. Ya, sebelum mengunjungi toko obat terdekat, SehatQ menyediakan glossary obat-obatan yang dapat dijadikan referensi.

mengantar ibu membeli obat di apotek terdekat setelah mencari referensi obat pada menu obat aplikasi SehatQ

Pada halaman utama menu obat, menampilkan urutan abjad berderet, kategori obat juga diperlihatkan. Apakah obat tersebut termasuk kategori obat resep - obat resep dengan dokter (obat keras) - Obat resep, obat hanya boleh dibeli menggunakan resep dokter – Jamu (obat tradisonal yang digunakan yang digunakan secara turun menurun) – Obat bebas terbatas, obat yang boleh dibeli secara bebas tanpa menggunakan resep dokter, namun aturan. Dengan fitur ini masyarakat bisa memilih dan menggunakan obat secara tepan dan aman bagi tubuh. 

Artikel: 2.196 lebih artikel kesehatan tersedia menjadi perpustakaan online yang bisa kita baca dan sifatnya up to date (terkini) dan terpercaya. Ribuan artikel kesehatan ada diSehatQ, dan lebih dari 100 artikel baru diterbitkan per minggu sesuai tren perkembangan kesehatan. Dengan tersedianya kotak pencarian pada menu artikel ini bisa mempermudah pengguna untuk mencari artikel tertentu yang diinginkan menggunakan kata kunci tertentu yang berkaitan.

Informasi yang ditampilkan adalah dari sudut pandang medis dan didasari oleh riset & data yang diambil dari beberapa sumber kredibel yang berbeda. Sehingga objektivitas dan imparsialitas tulisan dapat terjaga. Dengan kwalitas dan objektivitas ini adalah landasan bagi SehatQ untuk menjadi media kesehatan terpercaya di Indonesia.

Jenis artikel bemacam-macam yang terbagi dalam 14 label/kategori: penyakit, kulit & kecantikan, parenting, kesehatan wanita, olahraga, kesehatan lansia, BPJS, Hidup sehat, kehamilan, bayi & menyusui, kesehatan mental, sex & relationship, kesehatan pria, masalah tidur.

Format artikel nyaman untuk dibaca, menerapkan struktur bahasan yang mencangkup 5W+1H sehingga poin-poin pembahasan bisa mudah dimengerti dan sesuai apa yang sedang pembaca cari. Ada juga bentuk artikel lain yang bergaya listicle (poin-poin) dan tips-tips yang sangat bermnafaat. Jangan khawatir, artikel yang ada bersumber terpercaya dan merupakan hasil dari dokter terpercaya sekaligus content writer. HOAX penyebaran link artikel yang berisi berita hoax dapat dihindari!

Terkait penyebaran berita hoax khususnya dalam hal ini hoax kesehatan, perlu partisipasi aktif dari semua pihak. Bukan hanya himbauan untuk tidak dengan mudah menerima informasi berita hoax tetapi juga JANGAN dengan mudahnya membagikan kabar berita hanya dengan melihat gambar atau judulnya saja.

Misi sehatQ untuk membantu pengguna membuat keputusan seputar kesehatan saya kira tercapai. Sebab tim editorial memilih konten berdasarkan kebutuhan masyarakat dan perkembangan baru di dunia kesehatan. Informasi yang seperti rumit bagi orang awan dikemas menjadi lebih mudah dimengerti dan berguna untuk pembacanya dengan kwalitas tulisan sangat baik dan akurat. 

Dokter: Dokter yang terintegrasi pada aplikasi SehatQ merupakan dokter profesional dengan spesialisasi masing-masing. Berdasarkan jumlah dokter yang saya ketahui dari aplikasi SehatQ, saat ini sebanyak 15.294 data dokter termasuk ahli gizi dan psikolog saya temukan tersebar diberbagai kota di Indonesia pada menu ini. 

Mulai dari profil dokter/tenaga medis, fasilitas kesehatan sebagai tempat praktik, jadwal praktik dari dokter tersebut bisa diketahui oleh pengguna aplikasi hanya dengan mengeklik foto.

Fasilitas Kesehatan: Terintegrasi dengan google review, pada menu ini fasilitas kesehatan (rumah sakit & klinik) menampilkan rate dalam bentuk bintang. Setiap fasilitas kesehatan yang diklik maka akan menunjukkan detail lokasi, jam operasional, profil fasilitas kesehatan tersebut,hingga dokter praktik jika tersedia.Dengan mengeklik ketersediaan dokter maka pengguna aplikasi bisa melihat profil dokter hingga jadwal praktik sama halnya yang dilihat pada menu dokter.

Penyakit: Direktori/daftar penyakit A-Z yang terbagi dalam kategori Mata, kulit & kelamin, jantung, perut, psikologi, kepala, infeksi, kanker, pernafasan, kandungan, gigi & mulut, saraf dan penyakit lain yang terhitung lebih dari 1165 jenis penyakit. 

Artikel berisi penjelasan tentang penyakit, gejala, penyebab, hingga diagnosis dengan mudah dipahami oleh pembaca lengkap dengan ilustrasi yang menarik. Secara ilmiah informasi yang dibagikan dapat dipertanggungjawabkan karena sumber referensi artikel dimuat juga dibagian akhir artikel.

Chat Dokter: Selain menjadi fitur andalan pada aplikasi SehatQ, fitur chat ini menjadi fitur yang memberi pengalaman menyenangkan sekaligus menjadi pertolongan pertama yang saya andalkan. Seperti beberapa hari yang lalu, ketika ibu menceritakan keluhan pencernaan, saat itu juga saya membuka aplikasi SehatQ dan menggunakan fitur chat ini. Tanya dokter online, booking jadwal konsultasi, monitor kesehatan keluarga, semua di satu aplikasi kesehaan.

Promo: Hanya bisa didapatan oleh pengguna aplikasi SehatQ. Promo ekslusif dan potongan diskon paket kesehatan hingga 91% saat ini saya temukan pada aplikasi SehatQ, diantaranya berupa promo medical check up, test kesehatan tertentu, scaling dan perawatan gigi, persalinan dan masih banyak promo kategori lainnya yang bisa bikin hemat. SOLUSI GRATIS.

Filter kategori pada menu bagian bawah terdiri dari 5 macam, antara lain: Pencegahan & MCU, gigi, kulit & kecantikan, vaksinasi & imunisasi, wanita & ibu hamil. Sayangnya label yang dihadirkan tidak bisa langsung diklik sehingga diharapkan bisa diklik dan otomatis ter-fillter dalam pencarian.

Forum Kesehatan: Jika pada menu chat dokter, kita bisa berinteraksi empat mata berbeda dengan interaksi yang ada pada fitur forum kesehatan. Setiap pertanyaan dan jawaban dari dokter dapat dilihat oleh siapa saja. Jadi jika teman-teman ingin melakukan chat dengan dokter, bisa juga sebelumnya mengakses fitur ini untuk menemukan permasalahan/keluhan yang mungkin saja pernah dipertanyakan oleh orang lain sebelumnya.

Jika ingin mencari pertanyaan dan jawaban yang sudah pernah orang lain tanyakan, bisa langsung mencari lewat kota pencarian atau menu kategori yang berada pada sidebar. Ada kategori kulit & kelamin, kandungan, pernapasan, perut, kepala, infeksi, psikologi, mata, jantung, gigi dan mulut, kanker, saraf atau penyakit lainnya yang tidak termasuk pada kategori yang ada.

Acara: Agar update info mengenai event atau acara berupa seminar dan penyuluhan kesehatan pengguna aplikasi SehatQ diharapkan secara berkala untuk mengakses menu ini agar tidak ketinggalan.

Jika diklik, masing-masing acara yang akan berlangsung berisi informasi lengkap mengenai jadwal acara, lokasi, detail acara dan syarat dan ketentuan untuk mengikuti cara tersebut. Informasi kesehatan dari tenaga medis dan dokter pembicara siapa didapatkan melalui serangkaian acara yang dihadirkan pada aplikasi SehatQ.

Booking Dokter: Termasuk menjadi fitur unggulan kedua dari aplikasi SehatQ ini bisa bikin nggak ngantri. Proses birokrasi/administrasi hingga lamanya menunggu antrean ketika ingin melakukan pemeriksaan dengan dokter bisa diringkas dengan adanya menu booking dokter. Tinggal memilih dokter atau fasilitas kesehatan yang dibutuhkan kemudian menyesuaikan dengan jadwal praktik dokter, booking dokter bisa dilakukan sangat mudah.

Pencarian menggunakan menu dokter akan menampilkan profil dari masing-masing dokter, fasilitas kesehatan tempat praktik dan jadwal praktik yang bisa disesuaikan dengan keinginan sebelum memencet tombol booking dokter. Sedangkan pada menu fasilitas kesehatan, masing-masing akan menampilkan lokasi, rate sesuai google review, jam operasional, daftar dokter yang tersedia (jika ada) dan profil fasilitas kesehatan tersebut.
Sejauh menggunakan aplikasi SehatQ, saya memperoleh pengalaman yang menarik karena dengan menginstall aplikasi SehatQ artinya semua kebutuhan kesehatan ada dalam satu aplikasi, satu smartphone yang saya gunakan sehari-hari. Saya dapat dengan mudah memperkaya pengetahuan tentang ilmu kesehatan secara update dan dapat dipercaya meskipun tanpa background pendidikan kesehatan/orang terdekat yang berkecimpung di dunia kesehatan. Banyak pengguna aplikasi SehatQ yang benar-benar merasakan manfaat ke-praktis-an aplikasi SehatQ ini, apakah anda salahs satunya?

Mulai dari mencari solusi dari keluhan yang ada sehari-hari ataupun menemukan obat yang aman, sesuai petunjuk dan diperbolehkan/bisa untuk diterapkan sehari-hari. SehatQ menjadikan saya dan keluarga merasakan lebih dekat dengan hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan dan pemeliharaan kesehatan ditengah-tengah lingkungan sekitar yang masih menganggap 'enggan untuk berhubungan dengan fasilitas kesehatan karena berbagai alasan. Ayo download aplikasinya sekarang!

Melalui sehatQ, perjalanan kesehatan saya beserta keluarga dapat termonitor dengan baik. Mulai dari pencegahan, pengobatan ketika sakit, dan perawatan setelah sembuh. Terima kasih SehatQ.



sumber referensi: 
https://sehatq.com/
https://tirto.id/hoaks-kesehatan-bikin-penyakit-semakin-runyam-edLY
https://kumparan.com/kumparantech/aplikasi-sehatq-resmi-meluncur-hubungkan-pasien-dengan-8-000-dokter-1rvpJiNTSN8
https://asia.nikkei.com/Business/Health-Care/Indonesia-e-doctor-app-connects-patients-to-500-hospitals


'Tidak pandai merangkai kata, aku hanya belajar berbagi dengan kalimat-kalimat tulisan sederhana - sugatangguh.com'

32 comments:

  1. Belum pernah pakai aplikasi ini sih. Tapi sekarang makin keren aja, sudah banyak yang mengembangkan aplikasi di bidang kesehatan. Konsultasi kesehatan jadi lebih mudah dan bahkan gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas. Bisa dicoba ya install aplikasi SehatQ. Tersedia di playstore atau apps store. Jadi kalau sewaktu2 ada keluhan kesehatan bisa lngsung konsultasi dengan dokter di sehatq

      Delete
  2. Aku juga sudah pakai sehatQ. Aplikasi yang bermanfaat banget buat menjaga kesehatan. Kita bisa konsultasi dokter, tanya di forum, menemukan info obat dan penyakit, dsb. Bermanfaat banget pokonya dan tentu saja gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. GRATIS dan efisien mas. Untuk yg tinggal di desa tetap bisa update info Kesehatan dan faskes begitu juga klo tinggal di kota yang sering macet. Sewaktu2 ada keluhan langsung akses apps SehatQ.

      Delete
  3. Mas, ini ulasannya lengkap sekaliiiiiii. Aku beneran senang dengan aplikasi SehatQ ini, terutama untuk membantu masyarakat yang akses ke pelayanan kesehatannya masih susah. Bakaln bantu banget ini. Bisa cari info kesehatan...bahkan sampai konsultasi dengan dokter. Meski tetap harus melanjutkan kosultasi tatap muka jika diras perlu untuk mematangkan diagnosa

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes betul. Setiap konsultasi dengan dokter SehatQ juga selalu ditingkatkan mbk. Manakala keluhan tak kunjung sembuh harap periksa dokter..

      Delete
  4. Ulasannya lengkap bingit mas!
    Memang hoax di zaman digital semakin banyak ya mas, untung aplikasi sehatQ bisa mengurangi hoax tersebut karena kita bisa chat dengan dokter menanyakan kebenaran info yang kita terima,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoax itu cepet banget penyebarannya. Apalagi saat ini internet adalah celah. Tetap ikut perang hoax ya mbk...

      Delete
  5. Jadi dengan adanya aplikasi ini, kita bisa konsultasi kesehatan sekaligus nyari info segala macam tentang kesehaatan ya. Enak kitah. Gak harus selalu apa apa ke klinik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes mbk.. Dari aplikasi ini kita bisa konsul keluhan trus dapat tanggapan dari dokter langsung. Nanti dikasih saran2 loh..

      Delete
  6. WUAAA sangat lengkap ulasannya mas!
    Jujur aku belum pernah pakai aplikasi semacam ini, tapi sepertinya akan segara install karena memudahkan banget ya. Apalagi buat saya, ibu anak 3 yang suka kesulitan kalau harus pergi ke dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih telah menyimak ya..
      sehat itu mahal,kuota itu murah. Yuk pergunakan internet sebaik mungkin mb.. salah satunya install apps sehatQ

      Delete
  7. Aku ikut sedih kak denger cerita seorang ibu meninggak muda padahal baru melahirkan anak ya. Ya Allah sedih banget. Semoga anaknya menjadi anak yang kuat dan sholeh ya. Ngomong-ngomong betul sekali Kak, kita harus ngejaga kesehatan kita karena kesehatan itu mahal ya. Allhamdulillah sekarang udah ada aplikasi sehatqu ini jadi membantu kita dan masyarakat teredukasi tentang kesehatan. Biar kita juga nggak kemakan hoax ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga selalu sehat ya mb..
      mari kita bantu orang2 sekitar perangi hoax...

      Delete
  8. Memanglah masih banyak hoax yang diterima mentah-mentah sama yang baca tanpa dilihat dulu bener apa gaknya.
    DAun ini baik untuk penyakit ini, Daun itu baik untuk penyakit itu, takaran gak jelas. Akhirnya drop..
    kalo ada aplikasi kayak gini bisa search dengan mudah ya untuk keluhan-keluhan yang timbul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dong. Kadang aku juga heran, berita hoax yg begitu mudahnya dibagikan oleh orang2 tertentu tanpa mencari kebenarannya bahkan apalagi sampai belum dibaca tapi dishare duluan..

      Delete
  9. Aplikasi sehatq ini emang lebih memudahkan kita ya yang biasanya ke dokter lebih repot apalagi ngantri dan lain lain skrng jauh lebih simpel

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok buat yang super sibuk. Jadi sementara bisa konsultasi online tapi terpercaya..

      Delete
  10. Save postingannya ah, makin sangar infografisnya euy, tambah jos wae smean mas... Gudlak y, insyaAllah juara nek ngene iki, lengkap pisan....

    ReplyDelete
  11. Nah, saya baru saja membaca postingan teman, Mas. Bagaimana Sehat Q ini sangat membantunya yangs ebagai ibu rumah tangga dalam menjaga kesehatan keluarga. Lalu saya komen, kalau aplikasi ini, pasti membantu semua orang. Dan benar ya, jadi wajib nih, saya segera install. karena dari soal obat, penyakit, dokter, rumah sakit, sampai forum dan acara kesehatan ada. Dan saya setuju, sehat itu mahal, quata itu murah hehehe.

    ReplyDelete
  12. setuju kan. Yuk yang belum install sehatq segera install..

    ReplyDelete
  13. Dulu saya ini percaya banget pada kabar tentang kesehatan. Kirain sesuatu yang benar adanya. Kian lama kian banyak hal yang saya dapat mengenai waspada hoaks, membuat saya akhirnya lebih berhati-hati karena kesehatan berkaitan dengan nyawa juga. Jangan sembarang percaya pada kabar tak jelas.
    Senang sekarang ada sehatQ bisa sebagai rujukan sekaligus tempat berobat dalam satu aplikasi yang mudah dan tepercaya.

    ReplyDelete
  14. Baru tau swamedikasi. Enak ya Sehatq bisa chat or konsul ma dokter, tapi kyknya tetep gak bisa menggantikan konsul/ periksa ke dokter secara tatap muka.
    Mungkin kalau sebagai bahan pertimbangan langkah berikutnya mesti gmn kyknya konsultais gini bisa jd opinion pertama gtu kali yaa.
    Saya seringnya pakai Sehatq buat daftar dokter gigi anakku hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mb.. konsultasi sifatnya cuma sharing, langkah apa saja yg dapat dilakukan untuk mengatasi. Umumnya untuk keluhan ringan dan bisa swamedikasi. Kalau dirasa cukup menganggu wajib periksa ke dokter ya

      Delete
  15. informatif banget bikin aku penasaran pengen langsung konsultasi kesehatn dengan Sehatq

    ReplyDelete
  16. Aku sudah coba chat dengan dokter dan cari-cari iinformasi di SehatQ. Memang asyik, sih. dan sangat komplit. Surprise juga, di Jepara ada. Keren lah

    ReplyDelete
  17. Wah keren design grafisnya, pakai aplikasi apa ya mas:)

    ReplyDelete

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)