RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Jualan makin laris & terpercaya dengan layanan RAM dari blibli: (R)etur, (A)suransi pengiriman, (M)erchant care.

Tinggal mengitung hari, deretan angka cantik 2-0-2-0 akan segera datang menggantikan tahun 2019. Dialah tahun baru 2020 yang akan memberi cerita untuk satu tahun kedepan. Tidak hanya kalender bergambar menarik yang sengaja kita pilih sebagai hiasan dinding di ruang tamu, pergantian kalender ini sekaligus memberi makna menjadi harapan baru untuk menyusun target-target yang akan dicapai selanjutnya. 

Awal tahun menjadi awal yang penuh semangat untuk mencapai impian-impian itu. Bentuknya dengan mencoba hal baru yang belum pernah kita lakukan sebelumya atau serangkaian langkah lanjutan untuk mewujudkan impian dan target yang belum tercapai pada tahun sebelumnya.

Tidak masalah jika memang tahun ini kurang beruntung karena tidak lolos seleksi CPNS, tanamkan pemikiran untuk selalu optimis jika ditahun berikutnya harapan ini akan bisa terwujud. Paling penting adalah dari kegagalan satu seleksi ini tidak memberhentikan teman-teman untuk mencari dan mencoba banyak hal untuk mencari jalan kesuksesan. Sukses itu banyak bentuknya, tidak terbatas bisa menjadi pegawai suatu perusahaan atau instansi tertentu. 

Bisa jadi, sumber daya yang ada disekitar kita sebenarnya adalah peluang yang sangat besar untuk mengantarkan kita menjadi enterpreneurs yang sukses, bukan menjadi pegawai/karyawan melainkan enterpreneurs yang mampu merekrut pegawai/karyawan. Apakah teman-teman pernah mengamati peluang yang ada disekitar lalu mempunyai ide untuk mengembangkannya menjadi ide bisnis? 

sumber foto: facebook.com/meidar.selfani

Untuk saya yang tinggal di perdesaan, Usia golongan generasi X rata-rata belum mengenal dengan baik cara pemasaran secara digital. Misalnya saja memiliki jasa/barang produksi, kegiatan jual-beli hanya dilakukan secara langsung dan pemasaran dilakukan dari mulut ke mulut. Jikapun angka penjualan banyak, hal itu terjadi karena pembeli adalah pelanggan setia. 
Hal ini terjadi dilingkungan tempat tinggal saya sendiri. Paman, bibi dan beberapa kerabat saya menjalankan usaha sebagai penjahit. Beberapa diantarnya juga memiliki satu-dua karyawan untuk membantu pekerjaanya. Mulai dari kemeja, kebaya, seragam hingga keset dari kain perca juga dibuat. Saya kira mereka adalah penjahit yang serba bisa dan perlu diperkenalkan dengan pemasaran digital yang ada saat ini. 
Hanya saja pemasaran yang mereka lakukan saat ini masih bersifat konvensional, paling banter meng-upload dan memasarkan barang produksinya melalui facebook. Bagaimana jika barang produksi juga dipasarkan melalui e-commerce? Tentu jangkauan pemasaran/pembeli dapat semakin luas. Angka penjualanpun juga saya yakini akan menjadi semakin laris selain didapat dari penjualan secara offline. Sebetulnya saat ini juga sangat mudah untuk  Jualan Online  karena banyak e-commerce yang memfasilitasi kegiatan jejualan yang kita lakukan dengan ragam fitur yang ditawarkan.

Menjadi masalah utama yaitu mereka masih bingung dengan cara atau sistem jualan melalui e-commerce. Bagaimana cara memasang gambar produk, cara mengirim barang, hingga tarik tunai dari hasil jualan secara online. Beberapa waktu lalu, saya sempat memperkenalkan tentang gambaran penjualan melalui e-commerce ini kepada salah satu bibi saya yang merupakan seorang penjahit. 

Dikesempatan yang sama, saya juga iseng bertanya tentang harga macam-macam kain untuk membuat satu buah kemeja polos dan short pants (celana pendek berbahan kain chino), yang ini merupakan ide bisnis yang ingin saya miliki. Bukan tanpa sebab, ide ini muncul saat saya begitu sulit menemukan produk tersebut dibeberapa e-commerce saat sedang membutuhkan. Ada sih, tapi desain mainstream dan corak sama dimana-mana. mungkin satu produksi. Siapa sih yang tidak ingin memiliki brand sendiri kemudian dikenal oleh banyak orang? Apalagi dengan memiliki beberapa kerabat yang berprofesi sebagai penjahit, saya bisa bekerjasama untuk menciptakan suatu brand produksi kemeja dan celana pendek. Menyenangkan bukan dengan punya brand sendiri lalu juga punya official store produk di   Blibli.com .

Soal pemasaran, e-commerce adalah pilihan yang tepat untuk menjajakan produk jualan secara online. Menjadi mitra blibli.com adalah satunya yang memberi fitur lengkap dan sangat menarik untuk seller. Jangkauan pembeli semakin luas, transaksi ter-system dengan baik, praktis dan banyak fitur yang disediakan oleh blibli sehinggga membuat penjual semakin profesional. 

Sebagai penjual tentu kita tidak ingin dibuat ribet oleh permasalah yang terjadi terkait transaksi jual beli oleh pembeli. Oleh karena itu sebagai seller kita wajib mencari tau apa saja fitur yang diberikan oleh e-commerce yang akan menjadi mitra/tempat jualan kita agar tidak menyesal dikemudian hari.

Ketika berjualan di blibli.com, seller akan mendapatkan layanan retur barang yang begitu memudahkan penjual ketika menghadapi pembeli. Sekaligus sebagai ‘hakim’ yang memutuskan apakah klaim dari pembeli memang layak untuk dilakukan. Jadi, sebagai seller kita tidak langsung menghadapi seller yang kadang membuat pusing kepala. 

Masalah return barang adalah hal yang tidak dapat dihindari dalam kegiatan jula-beli online. Ketika barang yang diterima oleh pembeli terjadi kerusakan atau ketidaksesuaian dengan apa yang ditampilkan pada penjelasan etalase barang, tentu pembeli tidak ingin mengalami kerugian yaitu dengan mengambil langkah retur. 

Tidak hanya itu, keterlambatan pengiriman atau customer yang berubah pikiran juga menjadi alasan mereka retur barang. Padahal ketika customer mengajukan retur, tidak semua kesalahan terjadi ditangan seller loh. Ya, beragam karakter pembeli akan ditemui oleh penjual. Oleh karena itu keberadaan tim blibli dalam membantu proses retur ini sangat membantu.
Alur proses retur blibli.com juga sangat jelas, ketika customer melakukan pengajuan retur produk dengan mengisi formulir secara online hingga mengirimkan kembali produk, tim Quality control akan mengeceknya. Permasalahan return yang banyak terjadi antara lain: kesalahan ukuran dan tipe barang sih. 

Lalu bagaimana cara melakukan retur (pengembalian barang)? Customer bisa melakukan proses pengembalian barang (retur) ini melalui desktop, mobile web ataup aplikasi. Meskipun berbeda tampilan, proses pengembalian barang ini melalui proses yang sama.
Dimulai dengan melengkapi formulir pengembalian produk kemudian kirim/antar produk yang ingin dikembalikan. Betul, cara pengembalian dalam rangka proses retur ini ada 5 cara, pertama, mengirimkan barang ke alamat warehouse return, kedua: membawa produk & mendatangi langsung return spot blibli,  ketiga: membawa produk & mendatangi jaringan toko retail alfatrex (alfamart, Alfamart, Alfamidi, Dan+Dan), keempat: mendatangi popbox, dan cara kelima dengan menggunakan fasilitas penjempuatan gratis yang disediakan oleh blibli, kelima: cara retur ini sama-sama diawali dengan mengisin formulir retur secara online.

Setelah mengisi formulir pengembalian produk dan mendapatkan nomor pengembalian produk, anda bisa langsung membawa produk ke return spot blibli terdekat. Selain itu proses retur juga bisa lebih cepat dan gampang dengan mendatangi lokasi return spot blibli jika tempat tinggal kamu berada lebih dekat dengan lokasi return spot. 


Saat ini blibli memiliki 4 return spot yang berada di Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakart Barat, dan Surabaya. Return spot ini buka setaip hari Senin-Jumat pukul 10.00 – 18.00 WIB (kecual hari libur nasional). Produk yang anda antar/kembalikan akan langsung diperiksa melalui pengecekan standart kwalitas sehingga solusi akan langsung didapatkan. 

Solusi yang dimaksud sini adalah anda akan memperoleh informasi melalui SMS serta email akun terkait bahwa anda sudah dibuatkan pesanan baru dengan barang pengganti atau bisa jugadalam bentuk pengajuan pengembalian dana anda ke Tim Finance. Selain itu proses retur yang anda lakukan bisa dipantau melalui menu tab pengembalian yang ada pada profil akun blibli yang anda miliki loh. 

Produk yang akan anda bawa harus lengkap seperti yang sebelumnya anda terima. Sertakan bonus-bonus pembelian juga jika memang anda dapatkan ketika membeli produk utama. Misalnya saja membeli sepatu gratis kaos kaki, maka unit produk utama, kelengkapan aksesori, bonus pembelian termasuk kardus original harus dibawa saat pengembalian langsung.

Siap-siap juga dengan nomor pengembalian produk yang akan ditanyakan oleh tim blibli. Nomor pengembalian produk (diawali dengan kode awal RMA) ini bisa didapatkan ketika anda mengisi formulir online pengembalian produk. Contoh pengisian formulir retur (pengembalian) dapat dilihat seperti dibawah ini. Jika contoh dibawah menggunakan tampilan desktop, langkah-langkah yang sama dapat dilakukan juga melalui mobile web dan aplikasi.


Klik “Pengembalian Produk” pada produk yang ingin dikembalikan
Beri tanda centang pada produk yang ingin dikembalikan


Klik “Lanjutkan”


Pilih Alasan Pengambilan Produk, Ekspektasi Solusi Pengembalian, dan Metode Pengembalian Produk


Tulis detail permasalahan kamu pada kolom “Deskripsikan Keluhan” dan unggah bukti foto produk yang ingin kamu kembalikan. Beri tanda centang pada bagian persetujuan Syarat & Ketentuan, kemudian pilih “Konfirmasi Pengajuan”. Untuk ekspektasi solusi pengembalian “Tukar Produk”, Blibli menyediakan fitur self-replacement yang memungkinkan kamu dapat memilih penggantian dengan produk yang sama, produk sama dengan varian berbeda (beda ukuran atau warna) , atau produk yang berbeda. 


Kamu akan mendapatkan informasi nomor pengembalian (RMAxxxx). Kamu dapat mengunduh label pengembalian produk kamu pada “Cetak Label Pengiriman Produk Di Sini”.

Berapa cepat proses retur dengan mendatangi langsung return spot blibli ini? Estimasi pengecekan produk hingga pemberian solusi ini tentu lebih cepat dibandingkan dengan proses klaim retur dengan cara “kirim-kirim” yaitu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit (tergantung antrian dan kondisi barang yang dilakukan checking). 

Hal ini bisa lebih cepat atau lambat tergantung jenis dan antrian pengecekan yang dilakukan pada waktu yang sama. Pengecekan pada produk elektronik misalnya, jika daya habis maka waktu pengecekan bisa lebih dari waktu yang sudah disebutkan diatas karena harus mengisi daya terlebih dahulu jika daya dalam kondisi habis/kosong.

Sebagai pembeli, berikut ini saya berikan contoh pengisian formulir pengembalian produk (retur) yang dilakukan melalui aplikasi blibli. Dimulai dari pengisian formulir pengembalian produk hingga langkah selanjutnya yaitu mengirim produk tersebut ke alamat warehouse return terdekat. Kemas dengan baik dan aman (lengkap dengan pelindung) dan kirim sesuai dengan informasi alamat warehouse return yang muncul saat anda mengisi form pengembalian. 

Empat warehouse return yang bisa dituju antara lain: Warehouse Return jakarta, Warehouse Return Surabaya, Warehouse Return Medan, Warehouse Return Denpasar dan Warehouse Return Semarang. Format penulisan pada paket yang akan dikirim seperti ini ya. 

Setelah barang pengembalian diterima oleh blibli, tim return management akan memberikan solusi. Pemberian solusi atas pengembalian produk ini akan diterima pembeli dalam 3 hari kerja setelah blibli menerima produk yang anda kembalikan. Tidak kalah penting adalah waktu yang masih tercover pengajuan retur yaitu 15 hari (dihitung dari produk diterima hingga tanggal tanggal kirim). 

Biaya pengembalian produk melalui PT.Pos Indonesia GRATIS. Sedangkan untuk pengembalian produk menggunakan jasa pengiriman lain, klaim biaya pengiriman produk dapat dengan mengirim emai ke customer.care@blibli.com dengan subject email AWB – (nomor order)

Cara ketiga ini terasa dekat, hemat, dan cepat. Toko retail dari Alfa Group mudah ditemukan dimana-mana. Proses retur barang melalui Alfatrex ini juga gratis loh. Anda dapat mendatangi seluruh toko Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan yang berada di wilayah Jabodetabek, Kota/Kab. Bandung, Kota Semarang, Kota Surabaya, dan Kota Medan. Jika disekitar anda terdapat toko retail dari Alfa Group yang mendukung proses retur blibli, maka penitipan barang dapat dilakukan.
Sebaliknya jika tidak didukung maka penitipan barang retur tidak dapat dilakuakan. Ya, tidak semua jaringan toko ritel Alfa Group bisa menjadi tempat penitipan barangretur dari Blibli. So, Klik di sini untuk mengetahui toko Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan (terbatas di Jabodetabek, Kota/Kab. Bandung, Kota Semarang, Kota Surabaya, dan Kota Medan).

Pengembalian melalui PopBox/ Drop di loker PopBox ini juga alternatif pilihan return secara gratis. Anda dapat mendatangi lokasi loker PopBox terdekat. Sebelumnya, panduan lengkap pengembalian barang retur melalui PopBox dapat dipelajari  dilink ini ya. Salah satunya terkait ukuran paket yang bisa dikirimkan melalui loker PopBox adalah sebagai berikut:

XS : 48 x 19 x 18 cm, contoh: kardus hp
S : 48 x 34 x 10 cm, contoh: laptop, dokumen
M : 48 x 34 x 18 cm, contoh: kotak sepatu
L : 48 x 34 x 31 cm, contoh: kardus mie instan

Singkatnya, anda bisa pilih menu “Mengembalikan Barang” dan lanjutkan proses untuk meletakkan paket di loker. Setelah pintu loker ditutup, kamu akan mendapatkan SMS bukti pengiriman. Kurir PopBox akan mengambil paket dan mengantar paket ke alamat pengembalian Blibli (gratis).

Cara yang terakhir ini juga tidak kalah menarik, karena selain gratis juga langsung dijemput oleh petugas dari blibli. Terakit bagaiman caranya, anda dapat menyimak langkah-langkahnya dibawah ini.
  • Kamu dapat menentukan kapan produk akan dijemput dengan memilih tanggal di kolom “Pilih Tanggal Jemput”.
  • Kamu juga dapat menentukan alamat penjemputan produk.
  • Penjemputan dapat dilakukan pada hari Senin – Minggu. Penjemputan akan dilakukan oleh logistic partners kami paling lambat 3 hari setelah tanggal yang kamu pilih.
  • Wilayah cakupan penjemputan: Jabodetabek, Kota/Kab. Bandung, Kota Denpasar, Kota Malang, Kota Medan, Kota Semarang, Kota Solo, Kota Surabaya, dan Kota Yogyakarta.
  • Bila wilayah pengiriman kamu berada dalam wilayah yang tidak bisa kami jemput, akan muncul notifikasi bahwa alamat kamu tidak dapat dijemput oleh Blibli.
  • Petugas penjemputan akan memberikan tanda bukti/resi pengiriman kepada kamu tanpa dipungut biaya pengiriman (gratis).
  • Jika keluarga, asisten rumah tangga atau kerabat kamu berada di rumah, titipkan produk yang ingin kamu kembalikan kepada mereka. Pastikan mereka berada di rumah pada hari penjemputan produk yang telah kamu pilih hingga tiga hari ke depan. Bila kurir menghubungi kamu untuk konfirmasi penjemputan produk, berikan nomor telepon keluarga/kerabat kamu kepada kurir tersebut.
  • Jika kamu tinggal di apartemen, produk yang ingin kamu kembalikan sebaiknya dititipkan kepada petugas keamanan atau resepsionis di apartemen kamu. Infokan kepada mereka bahwa paket tersebut akan dijemput oleh kurir yang bekerja sama dengan Blibli.
  • Jika kamu mengisi alamat kantor sebagai alamat penjemputan, sebaiknya kamu membawa produk yang ingin kamu kembalikan ke kantor. Bila kamu tidak berada di kantor saat hari penjemputan, kamu dapat menitipkan produk tersebut kepada petugas keamanan/resepsionis kantor kamu kemudian infokan kepada mereka bahwa paket tersebut akan dijemput oleh kurir yang bekerja sama dengan Blibli.
  • Info tambahan: Mohon titipkan barang kepada orang-orang yang dipercaya, karena ketika barang belum sampai di pihak logistik, barang tersebut belum menjadi tanggung jawab pihak Blibli.
  • Setelah menitipkan barang, pastikan nomor kamu dapat dihubungi agar ketika kurir sampai, proses handover produk retur dapat dilakukan.
Oh iya, terkait pengiriman barang refund yang dapat dipilih dan bersifat gratis ini, selain melalui POS Indonesia juga bisa dilakukan pengiriman menggunakan jasa logistik lainnya. Pengembalian produk menggunakan Jasa Pengiriman Lain bisa dilakukan dengan memanfaatkan jasa pengiriman lain yang terdekat dari lokasi anda, dan Blibli akan mengembalikan biaya pengiriman.

Caranya, anda hanya perlu mengirimkan email bukti resi pengiriman ke customer.care@blibli.com dengan subjek email: AWB–[nomor pesanan]. Contoh: AWB-1234567. Banyak pilihan kan? Semoga dari banyak pilihan ini tidak ada yang anda pakai. Soalnya, lebih baik terima barang dengan kondisi aman daripada harus retur sih. Hehe

Jika setelah dilakukan pengecekan bahwa pengiriman barang atas kelalaian seller, misalnya saja warna dan ukuran yang dipilih customer sudah benar tapi seller salah mengrimkan produk maka tentu klaim retur ini akan dikabulkan. 

Berbeda keadaan jika setelah diperiksa oleh tim blibli bahwa indikasi kerusakan atau kesalahan pesanan dilakukan oleh pembeli (kelalaian pembeli) maka proses retur ini tidak bisa diproses (ditolak dan barang akan dikembalikan kepada pengirim/pembeli). Begitu juga jika dalam pengembalian produk jumlah/jenis produk (termasuk aksesori dan bonus) tidak lengkap disertakan maka pengembalian produk tidak bisa diklaim. 

Jadi sangat sia-sia jika pembeli ‘nakal’ mengajukan klaim pengembalian produk akibat kesalahan yang dilakukan: barang tergores, terjatuh, masuk air, patah, konslet akibat tidak stablinya tegangan listrik dan sebagainya, tentu tim blibli akan mengetahuinya. Oleh karena itu baik sebagai seller maupun customer saya memiliki tips yang perlu dilakukan untuk berjaga-jaga jika klaim retur ini nantikan diperlukan. 

Tenang jika anda sebagai pihak seller telah melakukan prosedur packing secara teliti, baik dan benar maka anda bisa melakukan sanggahan terkait kalim pengembalian produk yang masuk. Jika seller meyakini kesalahan yang terjadi bukan berada ditangan mereka, proses sanggahan klaim return bisa dilakukan. Tentu, sebagai seller yang yang baik sebelumnya seller harus menelusuri terlebih dahulu apakah jenis pesanan yang dikirimkan kepada seller terjadi atas kesalahan seller atau pembeli agar pernyataan dapat dipertanggungjawabkan dengan bukti yang ada. 

Banyak kemungkinan yang bsa terjadi: Kesalahan order oleh pembeli karena kurang teliti lalu pembeli sendiri yang ‘nakal’ klaim return atau seller yang kurang teliti dalam mengirim orderan saking banyaknya orderan yang masuk. Untuk itu, harap pastikan sebelum melakukan sanggahan klaim ya, seller! Jika kerusakan barang faktanya terjadi ditangan pihak pengiriman maka jaminan asuransi pengiriman dari blibli dapat diklaim. 

Sebagai e-commerce jualan terpercaya blibli.com telah bekerja sama dengan lebih dari 30 ekspedisi/logistik yang memberikan jaminan terhadap barang yang mereka antar hingga aman sampai tangan penerima. Tidak dipungkiri adanya layanan retur dan asuransi pengiriman ini sangat bisa diandalkan baik oleh seller maupun buyer.


'Tidak perlu khawatir di Blibli pasti ada asuransi pengirimannya'. AMAN. Terkadang, kerusakan barang juga bisa terjadi ketika berada dalam pengiriman loh ketika seller sudah mengemas dan mengirim sesuai pesanan. Beberapa pilihan expedisi disediakan dan bisa kita pilih ketika berbelanja di Blibli.com. Masing-masing jasa logistik tentu memberikan asurasi pengiriman untuk barang yang mereka antar. Tingga menentukan, ekpedisi mana yang lebih menarik untuk anda gunakan. 

Tidak perlu khawatir. Untungnya blibli.com menyediakan layanan merchant care (call center) yang siap selalu membantu kita sebagai seller ketika berjualan di blibli.com. Peranan Merchant care ini khusus membimbing dan pusat bantuan seller yang bergabung menjadi merchant partner. Meskipun baru menjadi seller/merchant partner blibli.com anda akan mendapatkan dukungan penuh. Apabila ada hal yang kurang dipahami atau masalah terkait jual-beli di blibli.com, seller bisa tanya jawab langsung dengan merchant care blibli.com. 

Terkait masalah atau kebingungan yang berhubungan dengan aktivitas penjualan seller bisa langsung hubungi merchant care blibli dinomor telepon 021-5797-7777 atau email merchant.care@blibli.com Senin - Minggu (08.00 - 22.00 WIB). Dengan begitu, seller bisa mendapat bimbingan dan solusi cepat sehingga kegiatan jual-beli berlangsung dengan lancar.

Meskipun baru belajar berjualan di blibli.com, saya yakin tidak sesulit yang dibayangkan karena semua proses dapat diikuti dengan mudah dan jelas. JUALAN MAKIN LARIS & TERPERCAYA DENGAN LAYANAN RAM DARI BLIBLI: (R)ETUR, (A)SURANSI PENGIRIMAN, (M)ERCHANT CARE. Jualan untung ga tanggung-tanggung.


Tidak hanya pilihan tepat untuk seller ketika memutuskan berjualan di blibli.com tetapi juga pilihan tepat bagi customer karena jaminan barang yang mereka beli. Fitur-fitur blibli inilah yang menjadikan produk yang kita jualan mendapatk kepercayaan di mata pembeli. Sudah siap jualan diblibli dengan banyak fitur lain yang menjadikan anda seller profesional? Biar tambah yakin, baca tulisan saya tentang cara jualan di blibli.com ini ya, YUK JUALAN DI BLIBLI.COM!

Oh iya, apakah teman-teman pernah mengalami pengalaman (paling) buruk saat belanja melalui e-commerce? Ceritakan di komentar yaa... 

Related Posts

33 comments

  1. Lengkap ya blibli ini, sayanngnya aku lagi cuti jualan. Wkwkw... bisa cuti ya, maklum emang belum fokus. Padahal menguntungkan banget kalau bisa jualan di Blibli dot com ini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, Diblibli termasuk seller baru akan diberi bimbingan yang lengkap. Ada pelatihan/event/layanan yang khusus disediakan oleh piak Blibli..

      Delete
  2. Wah makin enak ya, makin dipermudah belanja dan berbisnis di blibli. Dulu2 kayaknya susah deh untuk retur barang, sekarang malah pelayanan datang ke rmh. Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, saya ketahui dari Blibli langsung bahwa ada banyak cara return barang. Tapi sejauh ini saya belum pernah merasakan retur barang sih atas pembelian barang. Semoga tidak pernah terjadi, hehe.

      Delete
  3. keren de blibli bisa melayani returnya pembeli.
    jadi berasa aman dan nyaman kalo beli di blibli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, tidak hanya jaminan dari toko masing-masing, blibli juga memberi garansi sendiri :)

      Delete
  4. Waoooo, Blibli makin kece aja ya, semakin bikin semua pihak merasa diuntungkan dan dimudahkan, baik pembeli maupun penjual.
    Apalagi kalau ada jaminan retur gini, cucok banget nih buat saya yang suka parno belanja online, takut begini lah, begitulah.
    Kalau bisa retur kan, lebih tenang.
    Apalagi returnya mudah banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blibli memberi kemudahan dengan menyediakan banyak cara untuk retur barang. Jadi misal sewaktu-waktu retur terjadi, jangan lupa ikuti syarat-syaratnya ya kak :)

      Delete
  5. Layanan yang disediakan Blibli semakin oke, ulasan Kakak pun mantul komplit banget!

    Informasi mengenai retur barangnya detil sekali. Banyak alternatif yang bisa dipilih jadi pembeli nggak stuck di satu pilihan aja. Memang ya, adakalanya barang pesanan datang dalam kondisi yang tidak diharapkan. Tapi saat saya pribadi berbelanja, tentu harapannya pembeli dan penjual sama-sama diuntungkan.

    Sukses terus buat Blibli dan tambah laris jualan di Blibli-nya ya, Kak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih :) Semoga tidak pernah mengalami drama retur ya kak. Tapi misal terjadi, sudah tau ya harus ngapain aja :)

      Delete
  6. Ulasannya sangat lengkap, Mas Suga. Jadi teman-teman yang mau jualan, termasuk yang mau beli barang di Blibli jadi tahu prosedurnya. Terutama Returm-nya itu. Dan kalau layanan seperti ini, pasti pelanggan semakin senang berbelanja di BliBli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembeli adalah raja, harus jadi seller yang baik dong. hehe. Terimakasih :)

      Delete
  7. Lengkap bingit. Bikin customer semakin yakin dan semakin nyaman ketika belanja di blibli.com ya mas suga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih :)) Hayoo... udah checklist semua belum barang-barang yang dibeli ditahun 2019 ini kak? hehe

      Delete
  8. Makin oke nih blibli.com. Jadi nggak khawatir belanja disana ya mas. Kalo ada yang gak cocok ama pesanan, returnya cukup gampang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, tinggal ikutin syarat yang berlaku sepeti yang sudah bahas diatas an tinggal pilih juga deh mau cara yang mana (mudah retur).

      Delete
  9. Wah klo kita usaha dan daftar di blibli.com enak yac , prosesnya mudah konsumen pun puas dengan sistem blibli.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo, pengen buka usaha/jualan apa nih mbak.. :)

      Delete
  10. Jadi ga khawatir ya kak klo belanja inline di blibli.com, karena udah ada asuransi nya.
    Jadi konsumen bisa aman dan puasa dengan pelayanan dari blibli.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Seller dan buyer sama-sama memperoleh jaminan keamanan dong.. :)

      Delete
  11. Sering belanja di situ mbak, tapi baru tau info mengenai sellernya. AKu jadi kepikiran mau jualan di Blibli juga hehe

    ReplyDelete
  12. Emang bikin ribet sih kali harus rerur barang saat belanja online. Etapi blibli ini sepertinya memudahkan banget ya, sama2 enak buat seller dan buyer. Top deh blibli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo boleh milih sih, gausah retur ya alias barang aman-aman saja. hehe. Oh iya, sebagai buyer juga harus teliti sebelum membeli ya. GAPAPA CEREWET KE SELLER LOH. HEHE

      Delete
  13. Lengkap sekali artikelnya, saya akhirnya tau bagaimana proses returnnya gmn hahaha. Soalnya kan barang dikirim dr penjual dan gak ada di kantor blibli. Bavca artikel lain kok gak dijelasin itu returnya alurnya gmn hehe, tengkyu penjelasannya :D
    Tapi semoga kalau beli atau jualan barang online bisa lancar ya gak pakai retur2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir baca mb april hamsa, iya. Paling penting tau alurnya harus jelas. Banyak ecommerce yang kasih garansi retur tapi tidak semua juga yang kasih penjelasan detail soal retur barang. Ini jadi salah satu kelebihan Blibli. hehe

      Delete
  14. Keren ya Blibli, benar benar lengkap tata cara retur barangnya. Dan Blibli ini gak hanya mengutamakan pelanggan juga mengutamakan penjual. Jadi sama sama enggak dirugikan.
    Selama belanja online, aku belum pernah retur returan. Tulisannya keren mas... Detail banget.

    Tfs...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus itu mas, tetep teliti dong biar nggak ada drama retur-retur. Pembeli mah raja, juga harus aktif tanya2 ke seller sebelum fix membeli barangnya ..(y)

      Delete
  15. Wah, saya baru tahu kalau bisa retur pembelian di Blibli melalui Alfamart fab gratis. Enak banget dong, ya, dan praktis. Ga bayar pula. Keren deh, terobosannya. Kayaknya memang yang terbaik dan paling care pada pelanggaran, nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, bisa mbk. Sebelumya cek dahulu ya, apakah alfamart yang akan mbak susi mendukung retur. Kalo dicek bisa, bisa dong. hehe

      Delete
  16. Wah banyak banget ya fasilitas untuk Sellernya. Makin berjaya deh Blibliseller

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilihan yang tepat, jualan di blibli.com

      Delete
  17. Desain grafisnya keren, pakai aplikasi apa ya mas, buat desain grafisnya.

    ReplyDelete

Follow by Email