RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

3 Perhatian Penting Menyembuhkan Luka Setelah Operasi

Pertanyaan yang hampir selalu muncul pada orang yang baru saja melaksanakan operasi adalah “kapan jahitan penutup  luka bekas operasi  bisa dibuka?" Jawabannya tentu tidaklah sama, hal itu tergantung dengan kondisi setiap individu dan juga jenis operasi yang dilakukan. Akan tetapi, secara garis besar luka operasi dapat sembuh lebih cepat jika dilakukan perawatan yang tepat. 

Nah, Anda yang baru saja selesai melaksanakan operasi, merupakan suatu keharusan untuk Anda bisa merawat dengan baik luka pasca operasi yang Anda punya. Pasalnya, jika Anda tidak merawat secara hati-hati bekas operasi tersebut, maka bisa jadi justru menimbulkan infeksi dan masalah kesehatan yang lain. 

Beberapa kondisi pasca operasi memang mengharuskan pasien untuk tetap tinggal di rumah sakit demi penanganan luka operasi lebih intensif. Akan tetapi, pada sebagian keadaan lain juga pasien diperbolehkan pulang dengan kondisi luka setelah operasi yang belum pulih. Disinilah Anda perlu untuk melakukan perawatan sendiri dengan cara yang tepat. Setidaknya ada 3 perhatian penting dalam perawatan luka operasi. Ketiganya adalah sebagai berikut: 

1. Perban Harus Diganti 
Perhatian penting pertama pada luka pasca operasi adalah perban penutup luka harus diganti secara berkala. Jangan ragu untuk meminta dokter atau perawat menunjukkan cara yang tepat untuk mengganti perban penutup jahitan bekas operasi. Perhatikan betul langkahnya dan waktu penggantian yang tepat. 

2. Luka Operasi Harus Bersih 
Luka setelah melakukan operasi harus selalu bersih adalah perhatian penting yang kedua. Menjaga kebersihan bekas operasi tujuannya tak lain agar terhindar dari infeksi. Cara agar luka operasi selalu bersih tidak hanya sekedar mengganti perbannya saja. Mulai dari cuci tangan sebelum mengganti perban, kemudian memastikan luka bekas operasi tidak terkena air dan selalu menjaga suhu tubuh dalam kondisi normal, tidak terlalu lembab, terlebih di bagian luka tersebut. 

3. Cek Secara Berkala 
Perhatian yang ketiga adalah cek selalu secara berkala kondisi luka operasi yang Anda miliki. Jangan ragu untuk membawa ke dokter apabila dijumpai kondisi luka pasca-operasi menunjukkan bercak merah atau kuning maupun kondisi aneh lainnya. Selain itu, apabila takut melakukan penggantian perban sendiri, mintalah bantuan pada tim medis terdekat. 

Website  www.guesehat.com   bisa menjadi salah satu referensi untuk Anda belajar lebih banyak tentang dunia kesehatan. Di guesehat.com bisa dijumpai begitu banyak tips-tips hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email