RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Tips Mengelola Keuangan Untuk Pebisnis Pemula

Para pebisnis yang baru awal-awal terjun di dunia usaha, pasti masih merasa kesulitan dalam mengatur masalah keuangannya. Apalagi melakukan manajemen keuangan memang bukan perkara mudah, karena dibutuhkan keahlian atau pengetahuan mengenai masalah keuangan yang mumpuni. Jika manajemen yang dilakukan asal-asalan, maka bisa saja muncul masalah keuangan yang serius.

Ada beberapa orang yang lebih suka mengatur keuangannya secara pribadi, tanpa perlu campur tangan dari orang lain karena merasa kurang percaya. Keahlian mengatur keuangan secara pribadi memang merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh setiap pebisnis. Bahkan meskipun Anda seorang pemula harus belajar apa saja hal-hal yang perlu diketahui atau tips ampuh agar bisa cepat paham cara mengelola keuangannya sendiri.

Pisahkan Antara Uang Pribadi dan Perusahaan
Salah satu hal paling berpengaruh yang membuat keuangan menjadi amburadul adalah mencampuradukkan antara kepentingan pribadi dan perusahaan. Jika uang perusahaan digunakan untuk kepentingan pribadi atau sebaliknya, maka proses pembukuan akan rumit dan sulit mengetahui pemasukan atau pengeluaran yang terjadi. Untuk itu sangat disarankan membuat dua rekening berbeda untuk keuangan pribadi dan perusahaan.

Membuat Rencana Jangka Panjang dan Pendek
Tips kedua adalah dengan membuat rencana jangka panjang dan pendek sehingga ada target yang akan dicapai. Kebanyakan pebisnis mengabaikan rancangan jangka panjang dan hanya membuat rancangan jangka pendek sehingga tidak ada target besar yang hendak dicapai. Perlu diketahui apabila manfaat pembuatan rencana jangka panjang dan pendek bisa sangat berguna untuk manajemen keuangan secara mendetail.

Disiplin pada Anggaran Dana
Jika sudah membuat rencana jangka panjang dan pendek, Anda tentunya sudah menentukan apa saja anggaran dana yang diperlukan. Dalam hal ini, disiplin terhadap anggaran dana atau budget tersebut akan sangat memberikan dampak besar bagi berjalannya perusahaan. Sikap disiplin terhadap anggaran dana yang dibuat juga bisa melatih para pebisnis untuk tahu kapan waktunya foya-foya dan kapan waktunya menahan diri.

Memanfaatkan Peluang dan Teknologi Secara Maksimal
Tips selanjutnya adalah harus bisa memanfaatkan peluang ataupun teknologi yang ada di depan mata. Untuk masalah peluang bisa berkaitan dengan kerja sama atau koneksi yang dijalin. Sedangkan untuk pemanfaatan teknologi bisa mengandalkan bantuan aplikasi keuangan yang terpercaya. Hal tersebut akan sangat bagus apabila Anda tidak menyukai campur tangan orang lain.

Melakukan manajemen keuangan secara maksimal bisa dilakukan dengan sangat mudah apabila paham masalah teknologi dengan baik. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi BukuKas yang sudah terbukti terpercaya dan mampu mengatur masalah keuangan dengan baik. Aplikasi yang telah digunakan oleh lebih dari 250 ribu pebisnis ini menawarkan banyak sekali keunggulan lewat fitur-fitur yang berkualitas. Jika Anda penasaran, bisa langsung kunjungi website BukuKas www.bukukas.co.id sekarang juga!

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email