RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Penilaian Kinerja Menggunakan Performance Appraisal

Segala hal yang dilakukan karyawan menyangkut kinerja karyawan akan sangat berkaitan dengan proses perusahaan secara keseluruhan. Oleh karenanya perusahaan melakukan penilaian kinerja untuk memastikan bahwa kinerja karyawan sudah berjalan sesuai Key Performance Indicator (KPI) dan dan perjanjian kerja. Perusahan modern kini menggunakan software Performance Appraisal untuk mempermudah penilaian kinerja. Bagaimana cara kerjanya? 

Apa itu Performance Appraisal? 
Sebelum mencari tahu lebih dalam mengenai cara kerja dari Software Performance Appraisal, mari ketahui terlebih dahulu apa itu performance appraisal. Dalam dunia HRD, performance appraisal adalah evaluasi sistematis dan terstruktur terhadap kinerja dan kemampuan karyawan. Hasil evaluasi akan merefleksikan bagaimana kinerja karyawan selama ini di perusahaan. Kemudian HRD dapat merencanakan program pengembangan kinerja dan keputusan strategis untuk mewujudkan kinerja karyawan yang semakin berkualitas. 

Cara Software Performance Appraisal Melakukan Penilaian Kinerja 
Penentuan indikator penilaian kinerja terkadang tidak tepat dan menyulitkan HRD. Contohnya adalah dengan memasukkan indikator yang tidak relevan dan sulit diukur seperti sikap, loyalitas, atau kepribadian. Hal ini terjadi membuat indikator lain yang jauh lebih penting tidak dimasukkan dalam penilaian kinerja. Selain masalah penentuan indikator yang bias, penilaian karyawan dengan cara manual dapat menghasilkan berbagai tumpukan dokumen dan formulir kuesioner karyawan. Tumpukan dokumen tersebut akan memakan ruang dan HRD juga harus melakukan perawatan ekstra agar mencegah dokumen fisik mengalami kerusakan. 

Dengan Software Performance Appraisal, HRD dapat mengucapkan selamat tinggal kepada semua permasalahan penilaian kinerja manual. Staf HRD akan terlebih dahulu akan melakukan penentuan dan template review sebelum didaftarkan ke dalam performance form atau review form. Selanjutnya HRD akan menentukan bobot nilai untuk masing-masing indikator dengan menggunakan rating scale. Penilaian kinerja karyawan dilakukan secara serentak tanpa menggunakan dokumen fisik atau kertas. 

Semua hasil dari penilaian akan berikan kepada manajer divisi atau pemimpin perusahaan untuk menjadi landasan menentukan keputusan. Selain penilaian kinerja, Software Performance Appraisal juga memfasilitasi feedback, dimana karyawan dapat memberikan atau menerima feedback dari karyawan lain. Sehingga tata kelola sasaran dan kinerja karyawan dapat berjalan lebih harmonis dan efektif sejalan dengan tujuan perusahaan. 

Kesimpulan 
Software Performance Appraisal dapat mempermudah kinerja HRD dalam melakukan penilaian kinerja karyawan. Jadi, HRD dapat melakukan tugas lain yang harus diselesaikan seperti perencanaan pengembangan kinerja. Tidak perlu bingung untuk memilih Software Performance Appraisal yang cocok untuk perusahaan Anda, LinovHR hadir untuk menjawab kebutuhan perusahaan akan otomatisasi penilaian kinerja karyawan. Dengan cloud based server, Software Performance Appraisal dari LinovHR dapat meyimpan banyak penilaian dan kuisoner penilaian karyawan. Tak ada lagi tumpukan dokumen yang mengganggu dan rasakan kemudahannya dari LinovHR!

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email