RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Simak 6 Hal berikut sebelum memilih Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa kini bagi sebagian banyak orang sudah menjadi sebuah kebutuhan. Pasalnya, ketika memiliki asuransi jiwa itu artinya mereka akan memiliki perlindungan jiwa. Ya, adanya risiko yang bisa terjadi sewaktu-waktu dan memperkecil dampak buruk yang ditimbulkan. Banyaknya orang yang mulai berbondong-bondong membeli produk asuransi jiwa merupakan suatu bentuk kesadaran akan risiko-risiko yang mungkin saja terjadi. 

image source: pixabay.com

Asuransi jiwa merupakan salah satu jenis dari berbagai produk asuransi yang tersedia saat ini. Fokus dari asuransi jiwa adalah sebagai perlindungan terhadap dampak kerugian finansial atau hilangnya pendapatan seseorang/anggota keluarga yang disebabkan adanya musibah (kematian). 

Bukan membuat parno, sejatinya membeli asuransi jiwa merupakan sebuah Langkah preventif dan berjaga-jaga atas sesuatu risiko yang mengancam jiwa. Bayangkan, betapa besar dukungan asuransi jiwa dalam menyokong finansial seseorang anggota keluarga yang menjalankan peran sebagai tulang punggung keluarga. Inilah poin penting yang harus digaris bawahi bahwa keberadaan asuransi jiwa adalah menjadi suatu hal yang wajib dimiliki. 

Nyatanya banyak kasus di lapangan membuat banyak orang trauma untuk mencoba dan membeli produk asuransi. Asuransi dengan banyak jenis yang biasanya ditawarkan dianggap sama sekali tidak menarik. Hal ini disebabkan karena banyaknya kasus yang terjadi karena produk asuransi yang dibeli tidak sesuai dengan fakta yang sebelumnya dipromosikan. Masyarakatpun secara terang-terangan menjadi “ogah-ogahan” dengan produk asuransi. 

Sayang sekali, kejadian-kejadian buruk yang melekat pada produk asuransi sebuah perusahaan tertentu menyeret nama produk asuransi dari perusahaan lainnya. Salah satunya premi tinggi tapi susah dalam pencairan (sulit mengajukan klaim), proses yang sangat ribet. 

Padahal, tidak sedikit perusahaan asuransi seperti itu. Ada perusahaan yang menawarkan jasa asuransi yang memang benar-benar memiliki produk yang mudah dan tidak menyulitkan masyarakat. Dengan demikan, perlu adanya wawasan yang cukup kepada masyarakat sebelum membeli produk asuransi agar tidak gegabah dan terkesan salah pilih dalam membeli sebuah produk asuransi. Jangan hanya percaya pada ucapan promotional dari sebuah agen asuransi yang begitu lihai bermain kata-kata manis. 

Sangat perlu bagi anda (calon nasabah) untuk memilih dan memilah untuk menemukan produk asuransi yang tepat. Jangan sampi menyesal belakangan. Apakah memilih produk asuransi yang tepat susah? Bisa susah, bisa juga gampang khususnya untuk anda yang sudah berpengalaman membeli produk asuransi. Kebalikannya., terasa susah untuk anda yang belum memiliki pengalaman sama sekali dalam hal produk asuransi. 

Oleh karena itu, untuk meminimalisir risiko buruk dari kurang tepatnya anda memilih produk asuransi dari sebuah perusahaan, berikut ini 5 Hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih Asuransi Jiwa. 

1. Pilih perusahaan asuransi yang terpercaya 
Bisa dilihat dari rekam jejak, kesan para pengguna produk asuransi yang lain pada perusahaan asuransi yang akan anda pilih. Tidak harus bertemu dengan nasabah secara langsung jika memang anda tidak memiliki kenalan, namun dengan adanya berbagai media dan social media, internet bisa membantu anda untuk membuat sebuah kesimpulan untuk produk dari suatu perusahaan asuransi. Pastikan perusahaan merupakan agen berlisensi AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) ya! 

2. Pilih detail produk asuransi sesuai dengan kebutuhan 
Penawaran pada asuransi pasti selalu ada, bahkan anda kan dihadapkan dengan penawaran banyak jenis asuransi. Oleh karena itu sesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan finansial anda. Belilah produk asuransi yang benar-benar anda butuhkan hingga ketahuilah secara detail. 

3. Baca polis dan ketentuan yang berlaku dengan teliti 
Untuk menghindari hal-hal buruk yang akan tertanggung Ketika membeli produk asuransi. Baca dan pahamilah polis ataupun ketentuan yang berlaku terkait produk maupun perusahaan asuransi diaman anda akan membelinya. Hal-hal diluar prediksi yang memberatkan akan terhindari.

4. Pilih agen yang memiliki lisensi 
Selain memastikan perusahaan asuransi berlisensi AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) dan dibawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), anda juga harus memastikan agen asuransi yang terpercaya dan memiliki lisensi. Pastikan after sales service yang baik dan jelas akan anda dapatkan dari agen asuransi yang anda pilih dan percayai. 

5. Bandingkan asuransi yang ditawarkan 
Membandingkan produk asuransi dari suatu perusahaan asuransi dengan lainnya sangat diperlukan. Dengan begitu anda akan memperoleh gambar disetiap aspek. Apa saja kelebihan yang bisa anda peroleh ketika memilih dari salah satunya. Pastinya anda menginginkan yang terbaik bukan? 

6. Amati pelayanan yang diberikan 
Pilihlah perusahaan asuransi yang benar-benar memberikan layanan penuh, misalnya saja layanan customer 24 jam. Tidak hanya pada weekday, jika setiap hari layanan customer tersedia akan membantu anda. Sedia setiap saat Ketika anda butuhkan mencari informasi. 

Jika sudah memperkaya wawasan tentang asuransi. Kemungkinan besar anda sudah tidak perlu takut ataupun khawatir untuk membeli produk asuransi. Mudah dalam memilih produk asuransi yang dibutuhkan, tepat sasaran dan bisa melakukan proses yang berkaitan dengan asuransi secara lancar. Hati-hati dan selalu jaga kesehatan ya 😊

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email