RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

5 Cara Menjaga Kesehatan Kandungan

Kehamilan merupakan salah satu hal paling dinanti oleh setiap pasangan suami istri. Pada saat kamu mengetahui kehamilam kamu, maka kamu harus segera mempersiapkan apa saja dan apa cara menjaga kesehatan kehamilan. Karena selama kehamilan, buah hati dan sang ibu harus selalu dalam kondisi sehat, tidak stress, dan tidak kecapekan. Berikut adalah cara menjaga kesehatan kandungan.


1.      Konsumsi makanan sehat

Ketika masa kehamilan kamu harus memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Karena pada saat masa kehamilan kamu tidak hanya makan untuk diri sendiri, tapi juga untuk si kecil di dalam kandungan. Maka dari itu kamu tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Sebaiknya kamu hindari junk food dan fast food yang mempunyai kandungan berbahaya. Oleh karena itu sebaiknya kamu mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Beberapa jenis kacang-kacangan seperti almond pun baik untuk perkembangan janin. Kamu bisa mengkombinasikan beberapa jenis makanan ini agar tidak bosan sebagai menu sehat sehari-hari agar tubuh tetap sehat dan janin pun kuat.

2.       Hati-hati ketika mengonsumsi obat-obatan

Ketika masa kehamilan sebaiknya hati-hati sembarangan mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas, apabila kamu merasakan sakit seperti flu atau batuk. Obat-obatan untuk gejala tersebut mungkin saja berdampak negatif bagi sang bayi. Supaya lebih aman, konsultasikan kepada dokter sebelum mengonsumsi obat untuk menjaga kesehatan dan petumbuhan janin.

3.       Siasati morning sickness

Morning sickness kerap dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama. Kamu akan merasakan mual sebagai gejala kehamilan yang paling nyata, karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Mual dan muntah bisa dirasakan sepanjang hari, tapi yang paling buruk adalah pada pagi hari. Kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan tinggi Protein, seperti keju, daging, susu ibu hamil, atau biskuit. Pilihan lain adalah jus buah atau air jahe. Apabila kondisi mual dan muntahnya tidak kunjung mereda,sebaiknya kamu konsultasikan kepada dokter.

4.       Rutin melakukan kontrol

Terkadang beberapa perempuan hamil menganggap bahwa kontrol dengan dokter kandungan tidak terlalu penting. apalagi jika kondisi kandungan tampak normal dan baik-baik saja. tapi, sebaiknya kamu tidak berpikir seperti itu. Karena dokter kandungan akan membantu kamu agar bisa memahami bagaimana kondisi terkini janin. Kemudian, dokter juga dapat memberikan solusi terbaik dan teraman untuk kamu jika kamu merasa ada gangguan pada kesehatan janin dan tubuh kamu. Kalau rutin kontrol ke dokter kandungan, kamu juga akan mengetahui pantangan apa saja yang harus dihindari ibu hamil. Termasuk untuk obat-obatan dan kosmetik yang bisa memicu alergi jika digunakan saat sedang mengandung. Maka mengkonsultasikan ke dokter sangatlah baik daripada kamu hanya mengira-ngira sajaj.

Karena beban pada tubuh kamu bertambah, biasanya diri menjadi malas untuk bergerak, tetapi jangan malas untuk bergerak ya. Walaupun kamu merasa malas sekali untuk bergerak, sebaiknya kamu tidak menjadikan kehamilan sebagai alasan untuk malas bergerak. Tapi kamu tidak harus melakukan olahraga berat untuk menjaga kesehatan tubuh selama kehamilan. Olahraga ringan seperti jalan kaki di pagi hari saja sudah baik untuk menjaga kestabilan denyut jantung.

5.       Cukupi kebutuhan Asam Folat

Asam Folat mempunyai peran dalam melindungi janin dari risiko kelainan otak dan sumsum tulang belakang. Ketika masa kehamilan, kamu membutuhkan Asam Folat sebanyak 400 mcg setiap harinya. Sumber makanan yang mengandung Asam Folat adalah bayam, asparagus, brokoli, serta buah jeruk.

Related Posts

Related Posts

Masukkan kode iklan matched content di sini.

Post a Comment

Follow by Email