RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

3 Kebiasaan Baik Pencegah Penyakit Kolesterol Tinggi

Merasakan nyeri dibagian tengkuk, bagian dada, mudah lelah (pegal-pegal) dan merasakan nyeri di kaki, luka kekuningan di sejumlah bagian tubuh adalah suatu hal yang perlu Anda waspadai. Sebuah gejala yang timbul dan ini merupakan suatu ciri mengalami penyakit kolesterol. Seringkali mendengarkan banyak orang sekitar menderita penyakit kolesterol membuat Anda pastinya getar-getir sendiri. Rasa takut dan cemas seringkali menghampir sambil berusaha untuk menghindari jenis penyakit ini menimpa pada diri Anda atau anggota keluarga. Sebagai tindakan lanjut Anda perlu mengetahui lebih jauh mengenai jenis penyakit ini dan hal-hal yang bisa dilakukan sebagai tindakan preventif (pencegahan).

Apa itu penyakit kolesterol? Dan apakah penyakit kolesterol dapat dihindari? Berikut saya berikan sedikit penjelasan mengenai penyakit kolesterol itu sendiri.

Kolesterol sejatinya adalah senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh. Dimana sekitar seperempat dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati. Sebenarnya kolesterol tidak selamanya buruk karena senyawa ini berguna bagi tubuh. Sebagai zat bisa membantu proses metabolisme tubuh, penghasil vitamin D, hormon dan membangun sel-sel baru. Sedangkan menjadi berbahaya apabila kadar kolesterol dalam tubuh tinggi. Dengan keadaan seperti ini (tidak terkendali) akan memicu munculnya penyakit berbahaya lainnya seperti serangan jantung, stroke dan PAD (penyakit arteri perifer).


Hal diatas sejalan dengan temuan data penyakit jantung berikut. Mengutip data riset kesehatan dasar (Riskesdas) Tahun 2018 menjukkan bahwa angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah meningkat setiap tahuhnya. Jika dihutung dalam angka 2.784.064 orang Indonesia mengalami penyakit jantung. Sedangkan sisi lain, prevalensi penderita stroke mengalami peningkatan dari 7% menjadi 10,9%. Tentu, kolesterol tinggi menjadi bagian dari pemicunya.

Sungguh mengerikan bukan? Dari satu penyakit bisa memicu penyakit berbahaya lainnya muncul dialami. Komplikasi. Disinilah perlunya Anda mengetahui gejala yang muncul sebagai langkah cepat untuk mengutamakan pertolongan pada kesehatan Anda. Bahkan, rupanya ciri-ciri kolesterol tinggi ini pada tubuh juga kerap tidak tampak. Disini memberi himbauan kepada kita semua untuk melakukan cek kesehatan secara berkala. Mencegah lebih baik bukan?

Kolesterol tinggi ada yang disebabkan oleh keturunan, ada juga karena gaya hidup yang tak sehat menjadi faktor utama penyakit kolesterol tinggi. Gaya hidup tidak sehat akan menyebabkan kadar kolesterol dalam darah meningkat sehingga bisa membentuk plak yang dampak menghambat aliran darah. Berujung pada penyakit jantung dan pembuluh darah.

Gaya hidup seperti apa yang bisa diterapkan untuk mencegah dan menurunkah kadar kolesterol dalam tubuh? Anda perlu membiasakan hal berikut untuyk menerapkan gaya hidup sehat untuk menghindari penyakit kolesterol tinggi.

1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Bagaimana cara menyusun makanan sehat dan begizi seimbang dapat Anda temukan dengan mudah dari berbagai sumber, salah satunya internet. Anda harus memahami apa saja yang dibutuhkan dan dihindari oleh tubuh Anda untuk menunjang kesehatan. Khususnya pada penyakit kolesterol tinggi ini, Anda harus mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak rendah. Perbanyak makanan yang meengandung lemak jenuh sayur, buah-buahan.

2. Stop merokok

Sebagai informasi, merokok dapat meningkatkan risiko terbentuknya plak kolesterol di prmbuluh darah. Dampak selanjutnya seperti yang sudah saya sebutkan diatas, kadar kolesterol tinggi bisa Anda alami.

3. Olahraga rutin

Tidak menunggu sakit untuk rajin berolahraga kan? Tentunya olahraga adalah besar manfaat untuk kebugaran jasmani. Sekaligus penangkal berbagai penyakit untuk mrnghampiri tubuh Anda. Olahraga tidak perlu yang berat, terpenting adalah rutin untuk dilakukan sesuai dengan tujuan yang Anda inginkan. Lakukan secara rutin,dan Anda bisa memilih olahraga yang Anda sukai untuk dilakukan.

Ingat, gaya hidup sehat bukan hanya untuk menghindari penyakit kolesterol tinggi saja namun banyak penyakit berbahaya lainnya. Yuk, terapkan gaya hidup sehat setiap hari!
Related Posts

Related Posts

Post a Comment