RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Masalah Kesehatan Reproduksi Umum Untuk Wanita

Masalah Kesehatan Reproduksi Umum Untuk Wanita - Endometriosis adalah masalah yang mempengaruhi rahim wanita tempat tumbuhnya bayi saat wanita hamil. Endometriosis adalah ketika jenis jaringan yang biasanya melapisi rahim tumbuh di tempat lain. Gejala Kesehatan Reproduksi itu bisa tumbuh di ovarium, di belakang rahim, di usus, atau di kandung kemih, masalah itu jarang tumbuh di bagian lain dari tubuh. Jaringan ini dapat menyebabkan rasa sakit, kemandulan, dan menstruasi yang sangat berat. Itulah alasan anda harus peka terhadap gejala yang timbul pada tubuh anda. Andapun juga bisa melakukan cek kesehatan sendiri di rumah dengan mendapat panduan yang mudah anda temukan di internet (sumber terpercaya).


Rasa sakit biasanya di perut, punggung bawah, atau daerah panggul. Beberapa wanita tidak memiliki gejala sama sekali, dan kesulitan hamil mungkin merupakan tanda pertama mereka menderita endometriosis. Beberapa Masalah Kesehatan Reproduksi:

Fibroid Rahim (MedlinePlus)
Fibroid rahim adalah tumor non kanker yang paling umum pada wanita usia subur. Faktor risiko termasuk menjadi kelebihan berat badan. Gejala fibroid meliputi :

· Periode berat atau menyakitkan atau pendarahan di antara periode
· Merasa penuh di perut bagian bawah
· Sering buang air kecil
· Nyeri saat berhubungan seks
· Nyeri punggung bawah
· Masalah reproduksi, seperti infertilitas, keguguran berulang, atau persalinan dini

Tetapi beberapa wanita tidak akan memiliki gejala. Itulah mengapa penting untuk menemui penyedia layanan kesehatan anda untuk pemeriksaan rutin.

Kanker Ginekologi
CDC menyediakan informasi dan materi pendidikan untuk wanita dan penyedia layanan kesehatan untuk meningkatkan kesadaran tentang Kesehatan Reproduksi. Kanker ginekologi adalah kanker yang dimulai pada organ reproduksi wanita. Kanker ginekologi dimulai di tempat yang berbeda di dalam panggul wanita, yaitu area di bawah perut dan di antara tulang pinggul. Kanker serviks dimulai di leher rahim, yang merupakan ujung rahim yang lebih rendah dan sempit. Kanker ovarium dimulai di ovarium, yang terletak di setiap sisi rahim.

HIV/AIDS
HIV adalah virus imunodefisiensi manusia. HIV mempengaruhi sel-sel tertentu dari sistem kekebalan (disebut sel CD4). Seiring waktu, HIV dapat menghancurkan begitu banyak sel-sel ini sehingga tubuh tidak dapat melawan infeksi lagi. Tubuh manusia tidak dapat menyingkirkan HIV itu berarti sekali seseorang memiliki HIV dan akan memilikinya seumur hidup.


Wanita yang terinfeksi HIV biasanya mendapatkannya dengan berhubungan seks dengan pria yang terinfeksi atau dengan berbagi jarum dengan orang yang terinfeksi. Wanita dari rasa atau etnis minoritas sangat terpengaruh, dan wanita kulit hitam adalah kelompok yang paling terpengaruh. Pada ibu hamil harus mengetahui status HIV mereka. Wanita hamil yang HIV positif dapat bekerja dengan penyedia layanan kesehatan mereka untuk memastikan bayi mereka tidak tertular HIV selama kehamilan, persalinan, atau setelah melahirkan (melalui ASI).

Interstitial Cystitis (Sistitis)
Sistitis interstisial (IC) adalah kondisi kandung kemih kronis yang mengakibatkan ketidaknyamanan atau nyeri berulang di kandung kemih atau daerah panggul di sekitarnya. Beberapa orang memiliki beberapa atau tidak sama sekali dari gejala berikut :

· Ketidaknyamanan ringan pada perut atau panggul
· Sering buang air kecil
· Perasaan mendesak untuk buang air kecil
· Perasaan tekanan perut atau panggul
· Kelembutan
· Nyeri hebat di kandung kemih atau daerah panggul
· Nyeri perut bagian bawah yang parah yang meningkat saat kandung kemih terisi atau kosong

Sindrom Ovarium Polikistik
Sindrom ovarium polikistik terjadi ketika ovarium wanita atau kelenjar adrenal menghasilkan lebih banyak hormon pria dari biasanya. 

Demikian artikel yang saya, harapanya anda bisa selalu memperhatikan dan menjaga kesehatan sebelum sakit itu datang. 

photo: canva.com
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar