RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Peluang Dunia Bisnis Startup Indonesia?

Dunia startup atau bisnis startup sudah sering didengar oleh banyak orang Indonesia. Namun hanya sekadar tahu tanpa mengetahui lebih jauh mengenai seluk beluk dunia startup jika mereka tidak benar-benar belajar dan ingin mengetahuinya. Startup bisa juga secara singkat dipahami sebagai bisnis yang berkembang. Bisnis startup sendiri hadir dan dirikan oleh orang-orang berjiwa pengusaha dan kreatif. Kreatif dan penuh inovasi adalah salah satu faktor yang menjadi tuntutan dalam membangun bisnis startup. Karena untuk menjadi besar, startup akan terus mengembangkan diri hingga memperoleh target pasar yang sesuai dengan rencana. Diantara banyak sekali hal yang perlu Anda ketahui sebelum mendirikan sebuah startup, scrum process untuk produk adalah salah satu terpenting diantaranya. Scrum sendiri adalah sebagai proses, metode dan teknik yang dikembangkan untuk menciptakan sebuah produk.



Misalnya saja Gojek, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, OVO, JD.id adalah nama-nama bisnis yang sangat familir saat ini juga merupakan contoh startup yang terus berkembang menjadi perusahaan Unicorn. Unicorn sendiri merupakan sebutan atau menunjukkan klasifikasi untuk perusahan startup besar termasuk dalam urusan finansial. Oh iya, perlu dipahami bahwasannya tidak semua jenis usaha/bisnis dapat dikategorikan sebagai startup. Startup sendiri mengerucut kedalam perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang Teknologi Informasi yang berbasis internet.

Apakah bisnis startup di Indonesia mempunyai peluang yang besar?

Tentu saja. Peluang-peluang ini dimanfaatkan oleh pengusaha dan para kreatif di Indonesia. Terbukti berdasarkan data rujukan dari kominfo.go.id pada tahun 2019 saja Indonesia berhasil menduduki posisi lima di dunia sebagai negara dengan pertumbuhan startup setelah Amerika Serikat, Inggris, India, dan Canada dengan jumlah 2193 startup. Bayangkan saja, berapa jumlah lowongan pekerjaan yang bisa diserap dari masing-masing startup tersebut, sangat luar biasa bukan keberadaannya. Mengingat Indonesia memiliki potensi wilayah yang sangat luas dan pulau-pulau yang sangat banyak sehingga juga berpotensi mengalami pemabngunan infrastruktur yang berkelanjutan.

Melihat potensi ini, semua kalangan seakan berlomba untuk menciptakan startup yang mampu memberi solusi digital akan permasalah yang hadir ditengah-tengah masyarakat. Namun membangun startup dan mengembangkannya tidaklah mudah. Selain tuntutan untuk kreatif dan terus berinovasi banyak sekali faktor yang memperngaruhi sukses dan berkembangnya sebuah startup. Cara memulai bisnis startup, permodalan, pemasaran, partnership dan banyak lainnya yang harus benar-benar dipersiapakan. 

Namun semuanya tentu tidak menutup kemungkinan untuk Anda sendiri memulai untuk mendirikan dan mengembahkan sebuah bisnis startup yang menjadi ide Anda. Berawal dari ide akan mengatasi masalah yang ada disekitar, sangat mungkin menjadi cikal bakal Anda untuk memperoleh ide mengembangkan sebuah startup. Dan lain-lain hal yang bisa Anda pelajari bisa saja Anda pelajari dari berbagai sumber salah satunya internet.

Internet saat ini bagaikan sumber dari segala ilmu pengetahuan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi gratis yang berlimpah. Apakah Anda ingin menjadikan ide tersebut sebagai cikal bakal bisnis startup di bidang bisnis transportasi, kuliner, sekuritas, games, pengiriman, properti, asurasansi, perdagangan atau pendidikan? Sekiranya pertanyaan ini seketika menghampirimu, manakah yang menjadi pilihan dibenak Anda?

Apapun bisnis startup yang akan kembangkan tentu tidak akan terlepas dalam tuntutan memahami scrum proses dalam pengembangan sebuah produk. Sudah sejak tahun 1990-an pun, scrum ini digunakan sebagai cara untuk:
  • Menganalis kemampuan produk dan menggali sektor pasar yang memiliki potensi
  • Menciptakan jenis produk yang telah mengalami peningkatan dan perkembangan dalam waktu yang singkat
  • Mengembangkan kualitas produk
  • Menjaga dan melakukan peningkatan terhadap produk
  • Mengelola operasional sistem dan juga lingkungan operasional dalam penggunaan produk
Tentu saja dengan membawa kegunaan penting scrum dalam bisnis startup, hal ini perlu dipelajari dengan baik bukan? Sebuah startup akan bisa berkembang jika memiliki sebuah kerangka kerja yang dalam hal ini disebut sebagai scrum.

photo: canva.com
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar