RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Mari Cek Keaslian Emas Anda, Berikut Ini Cara Membedakan Emas Asli Atau Palsu

Investasi emas saat ini sangat banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Alasannya karena emas dianggap sebagai investasi yang aman, mudah dan juga tentunya menguntungkan karena harga penjualannya yang selalu naik. Namun tentunya Anda harus bisa mengetahui apakah emas yang Anda miliki asli atau palsu.

Ada beberapa cara membedakan emas asli dan palsu yang bisa Anda lakukan, dibawah ini ada beberapa caranya yang bisa Anda coba. Berikut ini caranya:


Sumber: https://mommiesdaily.com/2015/04/20/5-kiat-mencicil-logam-mulia-di-pegadaian/2/

1.     Perhatikan Ciri-Ciri Fisiknya

Cara yang pertama yaitu melihat ciri-ciri fisiknya. Maksudnya bagaimana kok melihat fisiknya? Pada emas murni atau batangan akan terdapat beberapa ciri fisik atau tanda-tanda tertentu. Adanya cap yang menjelaskan kadar emas, yaitu seperti menggunakan satuan karat dalam angka mulai dari 10K, 18K, dan 24K.


2.     Melakukan Yang Namanya Uji Identitas

Cara yang kedua yaitu uji identitas. Berbeda dengan cara yang lain, uji identitas ini menggunakan rumus untuk mengetahui keaslian dari emas yang dimiliki. Yang pertama harus diketahui yaitu kepadatan yang dimiliki emas murni 24 karat yaitu 19,3 g/ml, artinya semakin tinggi kepadatannya makan semakin murni logam mulia tersebut.

Mari masuk ke caranya, yaitu siapkan gelas yang berisi air untuk melakukan pengujian. Ambil contoh saja, semisal memiliki emas seberat 38 gram, ketika emas dimasukkan kedalam gelas yang berisi air tersebut, volume airnya akan bertambah 2 ml. Maukkan kedalam rumus massa yaitu, 38 gram dibagi dengan 2 ml yang nantinya akan menghasilkan jawaban 19 g/ml. Artinya angka tersebut mendekati jenis emas yang asli.

Namun perlu dicatat ya, kemurnian emas yang berbeda akan memiliki rasio g/ml yang berbeda pula, seperti 14K = 12,9-14,6 g/ml, 18K emas kuning = 15,2-15,9 g/ml, 18K emas putih=14,7-16,9 g/ml, 22K = 17,7-17,8 g/ml.


3.     Cek Emas ke Butik Antam LM

Cara ini cukup mudah dilakukan yaitu Anda hanya perlu atau bisa membawa emas yang akan dicek asli atau palsu ke butik Antam LM. Disana mbak atau masnya sudah tahu mana emas yang asli atau yang palsu. Petugas disana akan mengecek kadar keaslian dari emas yang Anda miliki.


4.     Menggunakan Aplikasi CartiEye

Cara yang dapat Anda lakukan keempat yaitu menggunakan aplikasu CartiEye. Aplikasi ini dapat memberitahukan Anda tentang emas yang Anda miliki asli atau palsu.


5.     Meneteskan Asam ke Emas

Cara kelima yaitu meneteskan asam nitrat kepada emasnya. Tapi tolong jangan lupa untuk berhati-hati, hal ini karena cairan asam nitrat berbahaya jika terhirup akan mengganggu pernapasan dan dapat berbahaya bagi kulit jika terkena tetesannya. Sebisa mungkin Anda mengenakan sarung tangan khusus agar tetap aman. Cara pertama yang perlu Anda lakukan yaitu meneteskan cairan asam nitrat ke emas yang akan diuji.

Tunggu perubahan apa yang akan terjadi, jika warnanya tidak berubah maka emas yang diuji itu asli bukan emas palsu, sedangkan jika berubah makan emas bisa dipastikan palsu. Perubahan warna yang terjadi pada emas palsu juga bisa menunjukkan bahan apa yang terdapat pada emas tersebut, seperti kalau menjadi kuning berarti kuningan yang diberi lapisan emas, warna susu berarti emas tersebut adalah perak yang diberi lapisan emas dan jika menjadi warna hijau berarti besi yang diberi lapisan emas.


Itulah tadi 5 cara mengecek keaslian dari emas yang Anda miliki, cobalah cara-cara tersebut supaya Anda lebih yakin tentang emas yang Anda milik. Semoga bermanfaat. 


Referensi

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/26/143000365/8-cara-mudah-mengecek-emas-asli-atau-emas-palsu?page=all

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar