RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Aturan Minum dan Cara Menyimpan Clindamycin dengan Benar

Clindamycin merupakan sebuah antibiotic yang bisa mengobati segala macam infeksi yang di sebabkan oleh bakteri. Fungsi dari obat ini bisa untuk mengobati infeksi pada paru-paru, kulit, tulang, sendi, organ reproduksi wanita, darah, hingga organ yang lainnya.

          pixabay/kalhh

  Obat yang satu ini juga sering sekali digunakan untuk mengobati jerawat dan bisa membuat bekas jerawat hilang. Obat ini juga kadang di kombinasikan dengan obat yang lain, misalnya untuk mengobati malaria dan anthrax. Selain penyakit tersebut obat ini juga bisa mengobati:

  • ·       infeksi telinga
  • ·       tonsilitis (amandel)
  • ·       faringitis (radang tenggorokan)
  • ·       toksoplasmosis

pada beberapa kasus juga obat Clindamycin ini juga bisa digunakan untuk mencegah endocarditis. Biasanya obat yang satu ini diberikan untuk mereka yang punya resiko cukup tinggi terkena infeksi dari prosedur tertentu.

Obat Clindamycin ini masuk kedalam golongan antibiotik lincomycin, cara kerja dari obat ini bisa membuat pertumbuhan bakteri jadi berhenti dan bisa mencegah supaya tidak menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. Antibiotic yang satu ini tidak berpengaruh pada infeksi yang di sebabkan oleh virus misalnya seperti demam dan juga influenza.

            Jika Anda meminum obat ini sembarangan dan tidak mengikuti saran dari dokter bisa membuat Anda jadi kebal terhadap antibiotic, hal ini  bisa membuat Anda jadi rentan terkena infeksi di kemudian hari, jadi sangat disarankan untuk menggunakan obat in sesuai dengan arahan dari dokter.

Aturan minum clindamycin

            Obat yang satu ini harus dikonsumsi dengan resep dari dokter, Anda harus mengikuti semua petunjuknya pemakaiannya yang ada di kemasannya. Jangan konsumsi obat yang satu ini terlalu sedikit atau terlalu banyak seperti yang telah disarankan. Minum obat ini dengan bantuan segelas air putih supaya tenggorokan Anda tidak mengalami iritasi. Pastikan dosis obat yang Anda konsumsi ini tepat dan sesuai.

            Saat Anda diberi dosis obat cair sebaiknya Anda minum dengan menggunakan sendok takar dan jangan menggunakan sendok yang biasa Anda gunakan di rumah. Obat ini juga bisa diberikan kepada Anda dalam bentu suntikan yang langsung disuntikan ke pembuluh darah dengan cara infus atau langsung disuntikan ke otot.

            Saat Anda menyuntikan obat ini sendiri sebaiknya gunakan jarum yang sekali pakai, setelah menggunakan jarumnya juga sebaiknya buang jarum dengan hari-hati. Saat membuang gunakan tempat pembuangan yang tahan tusukan, Anda bisa menanyakan ke apoteker cara yang tepat untuk membuangnya. Hindari juga dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan yang ada di rumah.

            Untuk memastikan obat yang Anda konsumsi ini tidak berbahaya mungkin Anda butuh tes medis berulang-ulang untuk pengobatannya.  Obat ini harus Anda habiskan dan diminum sampai waktu yang sudah di tentukan sesuai anjuran. Jika Anda melebihi dosisnya bisa terkena resiko infeksi Anda jadi kebal dari antibiotic.

Cara menyimpan clindamycin

            Obat ini bisa anda simpan di suhu ruangan, jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari secara langsung. Jauhkan juga dari tempat yang lembab. Jadi Anda tidak boleh menyimpan obat ini dikamar mandi dan juga didalam freezer. Merk yang beda dari obat ini bisa saja memiliki aturan penyimpanan yang beda.

            Perhatikan mengenai instruksi penyimpanan yang ads di kemasan prosuknya atau Anda juga bisa langsung menanyakannya ke apoteker, jauhkan obat yang Anda konsumsi dari jangkauan anak dan juga hewan peliharaan. Saat ingin membuangnya jangan siram obat ini kedalam toilet dan saluran air, kecuali jika memang ada didalam instruksinya.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar