RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Manfaat Yang Didapat Jika Sering Membaca Surat Al Ikhlas

            Membaca dan mengimani apa yang ada didalam Alquran memang dianjurkan didalam ajaran agama Islam. Itulah kenapa kita sebagai uamt muslim seringkali diharuskan untuk bisa menghafal surat – surat dan kandungan yang ada didalamnya. Hal tersebut dilakukan agar semata – mata kita benar – benar memahami segala sesuatu yang telah diperintahkan oleh Allah SWT.

            Namun tentunya untuk bisa menghafalkan semua surat yang ada didalam Alquran bukanlah perkara yang mudah. Kebanyak surat yang ada didalam alquran memiliki jumlah ayat yang cukup banyak. Tetapi untuk anda yang ingin mencoba menghafal alquran maka anda bisa mencoba memulainya dari juz 30.

pixabay.com/freebiespic

    Dalam juz 30 terdapat beberapa surat dengan jumlah ayat yang pendek – pendek dan mudah dihafal. Tetapi meskipun jumlah ayat pendek surat – surat tersebut tetap memiliki banyak sekali keutamaan yang bisa kita dapatkan. Salah satu contoh surat pendek yang memiliki banyak keutamaan adalah surat Al Ikhlas.

            Surat Al Ikhlas ini merupakan surat urutan ke- 112 yang ada didalam Alquran. Surat Al Ikhlas ini juga termasuk kedalam surat Makiyyah karena diturunkannya di Kota Mekkah. Surat Al Ikhlas ini memiliki makna tentang Keesaan Allah, hal tersebut ditandai juga dengan momen diturunkannya surat ini dimana pada zaman itu banyak terjadi kemusyrikan dan Allah pun menurunkan surat ini.

            Meskipun surat Al Ikhlas ini termasuk kedalam surat pendek tetapi meskipun begitu keutamaan yang ada didalam surat ini tidak main – main. Berikut ini terdapat penjelasan dari beberapa keutamaan yang diperoleh jika kita mengamalkan dan mengimani kandungan dari surat Al Ikhlas ini.

1.     Akan mendapatkan Cinta Kasih dari Allah SWT

Siapapun hamba Allah yang mengamalkan dan mengimani surat Al Ikhlas ini maka akan mendapat cinta kasih yang tiada batas dari Allah SWT. Hal tersebut juga dibuktikan dalam hadits Bukhari dan Muslim yang mengatakan :

  Tanyakanlah kepadanya kenapa ia melakukan hal itu?” Lalu mereka pun menanyakan kepadanya. Ia menjawab, “Karena di dalamnya terdapat sifat Ar Rahman, dan aku senang untuk selalu membacanya.” Mendengar itu Rasulullah SAW bersabda: “Beritahukanlah kepadanya bahwa Allah Ta’ala juga mencintainya.” (HR Bukhari dan Muslim)

2.     Membaca 3x berturut – turut maka mendapat pahal seperti khatam Alquran

Siapaun umat muslim yang rajin membaca surat Al Ikhlas ini minimal 3x dalam sehari lalu ia meyakini kandungan didalam surat tersebut, maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang khatam 30 juz alquran. Hal tersebut dijelaskan dalam hadits riwayat Anas bin Malik berikut ini :

“Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda: ‘Barangsiapa membaca surat Al Ikhlas sekali, maka seakan-akan dia membaca sepertiga Alquran, dan barangsiapa membacanya dua kali, maka seakan-akan membaca dua pertiga Alquran, dan barangsiapa membacanya tiga kali, seakan-akan ia membaca AlQuran seluruhnya.” (HR Anas bin Malik)

3.     Membaca surat Al Ikhlas 10x akan dibangunkan istana di surga kelak

Siapapun umat muslim yang dalam sehari membaca surat Al Ikhlas sebanyak 10x maka akan Allah bangunkan istana yang megah di surga kelak. Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadits riwayat Thabrani berikut :

“Dari Mu’ădz bin Anas al-Jahni, sahabat Nabi, dari Rasulullah SAW yag bersabda: ‘Barangsiapa yang membaca ‘qul huwa allah al-‘ahad hingga menghatamkannya sebanyak sepuluh kali, maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah istana di dalam surga’. Maka berkata Umar bin Khatab, ‘jika lebih banyak lagi Ya Rasulullah?’, Rasulullah SAW menjawab: ‘Allah memperbanyak (menambahkannya) dan membaikkan (membalasnya dengan yang lebih baik).” (HR At Thabrani)

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar