RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

16 Cara Sukses Jualan di Shopee Untuk Pemula

Berjualan online melalui ecommerce adalah hal yang terlihat mudah namun kenyataannya terlihat begitu kompleks. Apalagi bagi seorang pemula, seakan Anda akan dihadapkan oleh banyak hal dan kendala yang menyebabkan pasang-surut keyakinan Anda untuk berjualan. Berjualan itu memiliki banyak seni dan teknik, dari situ kita sebagai penjual pemula atau berpengalaman harus banyak belajar dan mengupgrade kemampuan dalam teknik berjulanan. Tidak mustahil bagi Anda sebagai penjual pemula mencapai sukses berjualan.


sumber gambar: fb.com/KokoTom45

Bagaiamana cara sukses jualan di shopee untuk pemula atau Anda yang memiliki sedikit-banyak pengalaman dalam berjualan? Berikut ini 15 Cara Sukses Jualan di Shopee Untuk Pemula dan wajib dijadikan sebagai rutinitas dalam berjualan.

1. Lakukan rutinitas setiap hari untuk promosi, promosi bisa melalui media sosial semua yang Andamiliki. Konsisten adalah hal yang sulit untuk dilakukan, namun dalam jangka pendek maupun panjang akan benar-benar Anda rasakan manfaatnya. Oleh karena itu jangan terlewat untuk konsisten melakukan promosi ya. Solusi mengiklankan produk Anda juga perlu Anda pertimbangan jika produk Anda ingin menjadi highlight teratas dalam pencarian di aplikasi shopee.

2. Sering login/buka aplikasi shopee karena pada aplikasi shopee ada jejak yang terlihat, yaitu kapan waktu terakhir Anda online. Jadi pembeli akan tau seller aktif/gak hingga menimbulkan pemikiran bahwa Anda adalah seller yang sigap. Calon pembeli juga akan berpikir bahwa orderan pada toko Anda juga akan segera diproses secepat mungkin.

3. Fokus pada kuantitas (jumlah) barang yang terlaris saja jika anda adalah penjual baru/pemula, jangan terlalu banyak barang ini itu. Selain ini membantu Anda dalam keterbatasan modal, Anda juga harusnya memastikan barang terlaris dietalase Anda akan menunjukkan jumlah yang selalu ready, tidak ada cerita gagal checkout dari pembeli karena stock barang habis.

4. Usahakan selalu fast respon tiap menit, karena market yang anda incar bukan pembeli nyari barang murah tapi “pelayanan” yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap rating yang diberikan pembeli kepada toko Anda. Terlihat sepele namun juga berdampak besar terhadap reputasi toko Anda. Oh ya, pada aplikasi shopee juga menampilkan persentase kecepatan membalas chat toko pada prodfil toko masing-masing yang bisa dilihat oleh siapa saja.

5. Gunakan/aktifkan fitur COD pada toko anda untuk menjangkau pembeli facebook yang ingin order namun tidak mau susah payah transfer. Dimana pembeli akan membayar langsung kepada kurir saat pembeli menerima paket barang. Fitur COD ini akhir-akhir ini juga menjadi primadona karena kemudahan dalam membayar barang dimata pembeli.

6. Selain memastikan barang selalu ready stock walaupun dalam jumlah yang kecil. Jangan pula menunda proses pengiriman barang, pembeli tidak suka dipending walapun hanya 1 hari. Disisi lain pembeli juga ingin segera menerima barang yang mereka beli. Usahakan mengirim barang sesuai jam operasional di hari sama pemesanan.


sumber gambar: fb.com/KokoTom45

7. Jawab pertanyaan pada chat dengan bahasa yang baik & jelas. Contohnya saja jika calon pembeli barang menanyakan ketersediaan barang jawab dengan “ready ya kak, barang siap kirim hari ini ya” . Lalu jangan ragu untuk menambahkan kata-kat selanjutnya untuk meyakinkan pembeli hingga tahap checkout dan pembayaran.

“Hi kak, barang ready, yuk order agar bisa dikirim hari ini” lalu tambahkan informasi lain jika diperlukan pada chat tersebut secara beruntutan. Anda juga perlu mengatur balasan otomatis chat dengan template lain yang serupa agar terkesan fast respons. Pembeli butuh kepastian dan kecepatan dalam merespon calon pembeli.

Pembeli adalah raja. Hindari menjawab chat dengan simpel seperti “ready”. Selain terlihat kurang ramah sebagai penjual, ini akan merepotkan karena dipastikan selanjut nya ada pertanyaan lagi dar pembeli “bisa kirim hari ini?” dan lain-lain. Nah secara psikologis waktu yang lama ini akan ada jeda waktu lagi sehingga lama dan memungkinkan potensi tidak jd order.

8. Tips beriklan di shopee. Beriklan di shopee dengan bid sesuai rekomendasi namun ingat hanya barang terlaris saja ya, biar mudah closing. Karena banyak calon pembeli lagi-lagi melihat dari riwayar pembelian sebelumnya/rating dari produk terlaris yang terjual pada toko Anda.

9. Packing aman ini juga salah 1 faktor, jangan pelit untuk menambahkan bubble dan sejenis nya. Sekalipun Anda tidak memberi gratis packing aman/bubble wrap, sebagai penjual seharusnya Anda menyediakan etalase khusus untuk menawarkan packing tambahan/bubble wrap/kardus agar paket aman ditangan pembeli. Pada dasarnya pembeli tidak akan keberatan untuk menambah 1000-3000 agar barang yang mereka beli aman.


sumber gambar: fb.com/KokoTom45

10. Usahakan setiap ada campaign dari shopee ikut serta. Misalkan gratis ongkir, event murah lebay, tanggal cantik dan sebagainya agar produk ter-exposure dan menjadi pilihan pembeli yang muncul dengan filterisasi yang ada.

11. Jangan baper ya hehe, sebisa mungkin balas dengan ramah walaupun calon pembeli jutek. Jangan lupa menambahkan sticker dan emoticon adalah kunci terlihat ramah. Jemput calon pembeli dan tawarkan barang yang mungkin mereka cari/mau. Berikan informasi yang bisa meyakinkan pembeli dengan barang yang Anda jual. Misalkan saja di akhir penjelasan Anda pada chat katakanlalah “Mau yang mana kak?”, misalnya begitu.

12. Jika Anda mengalami returan COD, apabila barang balik usahakan jangan diblokir pembeli tersebut karena itu akan berpeluang menyebabkan pembeli tidak minat untuk order lagi. Apapun masalahnya, lebih baik chat dan beritahu/ingatkan agar menemukan titik keluar permasalahan. Berlaku untuk salah kirim spesifikasi barang juga ya.

13. Mainkan harga diskon/potongan di shopee agar lebih menarik pembeli. Hal ini tidak dipungkiri perlu Anda manfaatkan. Memainkan harga disini bukan dalam artian negatif, namun dengan tujuan agar mendapat perhatian dari pembeli. Memberi diskon dengan angka tertentu, pembelian paket lebih murah, dan sebagainya dengan penyusunan angka harga biasanya menggunakan angka cantik 999. Misalnya saja suatu barang seharga 15.000 ditulis dengan angka cantik 14.999. Hal ini tidak dipungkiri akan menyita perhatian calon pembeli sekaligus memberikan kesan murah. Padahal harga bisa dikatakan sama saja hehe.

14. Jika shopee adalah tempat mengenalkan barang jualan karena secara tren shopee dalah “pasar barang” dengan banyak peminat akhir-akhir ini, Anda harusnya mulai melebarkan sayap untuk main/jualan di beberapa marketplace lainnya. Dikarenakan beberapa orang juga memiliki kecendurungan untuk berbelanja di e-commerce tertentu dengan alasan tertentu pula. Kadang pembeli melihat barang yang kita jual die-commerce A, namun mereka menghendaki untuk selanjutnya melakukan proses transaksi pembelian die-commerce B. Sering terjadi bukan?

15. Untuk fashion coba kerjasama dengan teman/model/publlik figur/selebgram yang lebih canti/ganteng sehingga lebih menarik dalam live maupun etalase foto produk jualan Anda. Ya akan tercipta mindset pembeli dan menjadi lebih tertarik. Informasi, foto produk, video review dari barang yang Anda jualan benar-benar mempuni dalam memberi kesan dan menjadikan “deal” barang untuk dibeli.

16. Jangan ragu untuk meninformasikan kepada calon pembeli sebagai rewards Anda akan menjajikan hadiah/undian/doorprize untuk para pembeli. Hal ini bisa dilakukan secara berkala dengan mensyaratkan bahwa pembeli harus memberikan review dan penilaian postif terhadap barang yang mereka beli. Rewards tidak perlu barang dengan nilai tinggi, namun ini adalah sebuah rewards jujur kita sebagai penjual kepada pembeli. Dan hal ini dapat dilakukan secara berlaku. Sangat membantu menaikkan rating toko yang kita miliki bukan?


sumber gambar: fb.com/KokoTom45

Semoga 15 poin diatas bermanfaat! Jika ada tambahan Anda sebagai penjula/pembeli silakan tambahakn sesuai pengalaman Anda dikolom komentar. Agar banyak orang terbantu oleh Anda untuk mencapai sukses jualan bersama-sama 😊

NB: Sumber referensi tulisan oleh fb.com/KokoTom45 berdasarkan pengalaman pribadi.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar