RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Rekomendasi Tempat Wisata Bersejarah Di Kota Jakarta

            Banyak orang tertarik untuk mengunjungi kota Jakarta, selain karena Jakarta ini merupakan ibukota Indonesia ternyata kota Jakarta juga menyimpan berbagai wisata yang menarik. Rata – rata orang tertarik mengunjungi Jakarta karena ingin mencoba wisata kuliner atau bahkan wisata berbelanja di mall atau tempat perbelanjaan seperti Mangga Dua dan Pasar baru yang sering menjadi incaran.

            Padahal selain tempat wisata tersebut ternyata Jakarta masih menyimpan berbagai keseruan wisata menarik lainnya. Salah satu tempat wisata Jakarta yang jarang dikunjungi banyak orang padahal memiliki keseruan yang menarik adalah wisata bersejarahnya. Dengan mengunjungi wisata bersejarah di Jakarta maka tidak hanya rasa senang saja yang didapatkan tetapi juga ilmu pengetahuan.

source: canva/andrey khrobostov

            Nah, untuk anda yang penasaran dan tertarik untuk mencoba mengunjungi tempat wisata bersejarah di Jakarta, maka anda bisa menyimak rangkuman tempat – tempat berikut ini :


1.     Kawasan Kota Tua

Destinasi wisata bersejarah pertama yang wajib anda kunjungi di Jakarta adalah Kawasan Kota Tua. Di Kawasan anda bukan hanya bangunan bersejarah yang bisa anda lihat tapi juga beberapa museum menarik seperti museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, dan Museum Seni Rupa dan Keramik. Selain itu di tempat ini juga anda bisa sedikit mengenal gambaran kota Jakarta pada zaman dulu.


2.     Monumen Nasional (Monas)

Destinasi wisata bersejarah yang kedua adalah Tugu Monas atau Monumen Nasional yang berada di daerah Jakarta Pusat. Di tugu Monas ini anda bisa melihat indahnya tugu monas yang menjulang tinggi. Disana juga terdapat museum di bagian dasar tugunya yang menceritakan tentang pembangunan dan sejarah kota Jakarta pada zaman dahulu.


3.     Museum Katedral

Destinasi wisata bersejarah yang ketiga adalah Museum Katedral yang sampai saat ini masih difungsikan sebagai gereja. Meskipun digunakan sebagai tempat ibadah umat Kristen tetapi pada bagian lantai dua bangunan katedral ini terdapat museum yang boleh dikunjungi oleh orang umum. Di tempat ini anda bisa melihat berbagai koleksi menarik dan juga foto kegiatan di gereja ini sejak dulu.


4.     Tugu Proklamasi

Destinasi wisata bersejarah yang keempat adalah Tugu Proklamasi yang sudah dibangun sejak tahun 1961. Pada tugu ini terdapat patung Soekarno – Hatta sebagai bapak proklamator Indonesia yang membacakan naskah proklamasi di Kawasan Tugu ini dibangun. Selain bisa melihat sejarah di tempat ini anda juga bisa menikmati indahnya taman di Kota Jakarta.


5.     Museum Tengah Kebun

Destinasi tempat wisata bersejarah yang kelima adalah Museum Tengah Kebun yang berada didalam rumah pribadi milik Sjahril Djalil. Sjahril Djalil sendiri merupakan seorang tokoh periklanan modern di Indonesia yang juga seorang keolektor benda bersejarah. Disana anda bisa melihat banyak koleksi topeng, patung, bahkan fosil hewan yang berasal dari berbagai negara.


6.     Museum Satria Mandala

Destinasi tempat wisata bersejarah yang keenam adalah Museum Satrian Mandala yang merupakan museum tentang Tentara Republik Indonesia. Di tempat ini anda bisa mempelajari tentang sejarah awal mula dibentuknya TNI. Tidak hanya itu di tempat ini juga anda bisa mengenal koleksi senjata dan perlengkapan perang yang digunakan dari masa ke masa.


7.      Museum Pancasila Sakti

Destinasi wisata bersejarah yang ketujuh adalah Museum Pancasila Sakti atau yang biasa dikenal dengan tempat perisitiwa Lubang Buaya. Di tempat ini anda bisa mengetahui berbagai sejarah pemberontakan PKI pada masa itu. Bahkan di tempat ini anda juga bisa melihat langsung lubang tempat para pahlawan pada masa itu di kubur setelah mengalami penyiksaan.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar