RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Peran Penting Sertifikat TOEFL Dari Lister: Caraku Mempersiapkan Diri Demi Lolos Tes CPNS Kementerian RI (2023)

Ini sekaligus menjadi pengalaman pertama kalinya bepergian jauh sendirian menggunakan kapal. Pergi ke Bali sendirian dengan modal tekad dan keberanian, merasakan berada kapal bergoyang-goyang yang sebelumnya belum sama sekali saya rasakan. Tidak ada kawan, hanya berbekal pengetahuan yang saya pelajari dan dapatkan dari internet sebelumnya. Ya, saya banyak-banyak mengumpulkan informasi, Bagaimana saya bisa menuju bali dengan mudah dan tanpa kendala sehingga pada hari H bisa mengikuti test SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) pada Seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Tahun 2021.


Cerita kegagalan ini tentang perjalanan saya tepatnya dua tahun lalu. Saat saya untuk pertama kalinya mencoba peruntungan dalam seleksi CPNS Tahun 2021. Ketika saya baru menyandang status “fresh graduate” dari salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Timur, yang kebetulan saat itu sangat mengebu-gebu untuk segera mendapatkan karier Impian, layaknya mahasiswa-mahasiswa baru lulus pada umumnya.

Meskipun pertama kali mengikuti seleksi CPNS, tentu saja saat itu saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang ada di depan mata, lagipula konon katanya pembukaan CPNS tidak selalu di buka setiap tahunnya. Dan pada tahun tersebut (2021) merupakan tahun terakhir pembukaan tes CPNS dengan kuota permintaan besar-besaran. Sedangkan untuk tahun-tahun selanjutnya persaingan semakin ketat karena kuota kebutuhan CPNS semakin terbatas.

Hari-hari semenjak saya mendengar info pembukaan seleksi CPNS tahun 2021, begitu antusias saya menyambutnya. Mulai cicil belajar materi test setiap hari, Latihan mengerjakan soal-soal seleksi TKP, TIU, TWK, membeli buku bank soal, hingga mengikuti bimbingan belajar serta tidak ketinggalan secara rutin ikut try out yang di selenggarakan dari berbagai Lembaga bimbingan belajar.


Semua Langkah ini saya ambil merupakan bagian dari tips dan rekomendasi dari teman-teman saya yang sebelumnya sudah lolos dalam seleksi tes CPNS tahun sebelumnya. Dengan harapan pula, saya bisa mengikuti jejak mereka lolos dan sukses pada seleksi CPNS 2021.

Nasib berkata lain, Langkah saya harus terhenti di peringat 52 dari 600an peserta total yang mengambil posisi jabatan pada instansi yang sama. Padahal untuk masuk first cut, maksimal diambil sampai peringkat 38. Mungkin inilah yang dikatakan belum rezeki seperti apa yang bapak-ibu saya katakanan. Ketika saya sudah berusaha, bahkan jauh-jauh hari dalam persiapan namun saya harus terhenti dengan nilai yang bisa dibilang cukup baik untuk seseorang yang baru pertama kali mengikuti seleksi CPNS.


Sejujurnya, hal ini di luar dugaan saya sebelumnya, karena kita (termasuk saya) sebagai peserta seleski CPNS tidak bisa melihat jumlah persaingan sebelum mendaftar lowongan posisi pada suatu instansi, alias baru mengetahui jumlah peserta saingan setelah sudah daftar di posisi tersebut. Dan juga karena peserta tidak bisa membatalkan Ketika nama sudah terdaftar di dalamnya. 

Seandainya saya bisa melihat berapa banyak persaingan tentu saja saya akan memilih jabatan formasi yang sekiranya bisa memberi saya peluang lebih besar, sayanngnya tidak demikian. CPNS pada formasi jabatan Ahli Pertama Pengelola Pengadaan Barang/Jasa kab. Klungkung, Bali akan selalu menjadi sebuah cerita yang penuh kenangan.

foto : BKPSDM Kabupaten Klungkung

Tahun 2023 ini, CPNS Kembali di buka. Namun bedanya kesempatan lolos tahun ini semakin ketat dierbutkan, karena jumlah formasi yang tersedia juga terbatas. Tentu saja, langkah awal saya terjun pada seleksi CPNS tahun 2021 lalu bisa menjadi pembelajaran bahwasanya ada beberapa hal yang bisa saya perbaiki atau atur Kembali agar peluang yang ada bisa saya manfaatkan dengan baik.

Ya, belajar dari ketidaklolosan saya pada seleksi CPNS tahun 2021 saya bisa perbaiki dari akan saya terapkan pada seleksi CPNS tahun 2023 yang akan datang, beberapa minggu lagi pada petengahan bulan September 2023 pendaftaran tes CPNS akan segera dibuka Kembali.


Sayangnya sampai saat ini hanya beberapa instansi saja yang merilis jumlah kebutuhan formasi mereka. Sedangkan benar-benar formasi final secara keseluruhan baru bisa saya ketahui saat pendaftaran sudah dimulai. Dengan begitu saya juga masih belum bisa memastikan akan terjun memilih instansi mana. Tetapi, untuk kali ini saya bertekad untuk mewujudkan mimpi saya lebih tinggi lagi untuk menduduki satu kursi dari salah satu formasi jabatan di kementerian, khususnya jika ada lowongan pada Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat).

Bukan tanpa alasan, belajar dari pengalaman pertama biasanya pada formasi kebutuhan CASN Kementerian alokasi kebutuhan lebih banyak berkali lipat jika dibandingkan dengan kebutuhan pemerintahan provinsi dan kabupaten seperti yang sebelumnya saya ambil. Tapi ngomong-ngomong kenapa banyak orang tertarik untuk menjadi PNS? Bahkan semakin kesini minat untuk menjadi PNS semakin tinggi sehingga muncul persaingan yang ketat dalam seleksi CPNS?

Jika ditanya kenapa harus daftar CPNS? Jawaban saya pribadi karena alasan penghasilan tetap dan jenjang karir yang jelas. Namun tidak hanya itu, bagi sebagain orang juga memiliki alasan yang khusus untuk mantap menjadi PNS dengan berbagai alasan. Diantaranya:

Memilih instansi kementerian, meskipun persaingan lebih pada skala nasional, dari berbagai daerah di Indonesia, peluang (rezeki) yang ada masih optimis dan bisa diwujudkan dengan persiapan dan strategi yang matang. Contonya, dengan skor 416 yang saya dapatkan pada tahun 2021, jika saya saat itu mendaftar pada instansi kementerian PUPR pada tahun yang sama, saya bisa lolos menjadi salah satu yang memenuhi kuota pada saat itu.

Bukan rahasia lagi jika formasi kementerian pada seleksi CPNS memberi peluang yang cukup besar karena pendaftar otomatis menyatakan bersedia dan siap untuk di tempatkan di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan formasi kebutuhan. Namun dengan begitu nyali saya ciut seketika saat dihadapkan dengan sebuah rumor persaingan yang ketat, berbeda dengan semangat tahun sekarang yang berani membuat target yang lebih tinggi dan perbaikan-perbaikan dari pengalaman yang sebelumnya telah saya dapatkan.
Begitu juga syarat wajib pemberkasan berupa sertifikat TOEFL yang tidak saya miliki sehingga tidak bisa mendaftar pada kementerian dan switch memilih formasi dengan lingkup yang lebih kecil yaitu kabupaten Klungkung, Bali. Baru saya ketahui dari tahun ke tahun memang persaingan skor SKD maupun SKB terkenal tinggi untuk kawasan-kawasan di Bali. 

Mungkin salah satunya faktor ketertarikan banyak orang dari seluruh wilayah di Indonesia memilih mendaftar pada formasi di bali karena mungkin citar bali sebagai pesona wisata dan keindahan alam yang begitu mengoda. Itulah salah satu hal yang telat saya sadari, bahwa seperti tahun-tahun sebelumnya, provinsi Bali mempunyai persaingan yang ketat dalam setiap instansi masing-masing.

foto : BKPSDM Kabupaten Klungkung

Padahal seharunya harus bisa kita yakini, dimanapun namanya persaingan pasti ketat baik di tingkat kabupaten, provinsi, maupun kementerian. Namun dengan usaha keras dan sungguh-sungguh dalam perjalanannya kita akan sama-sama (sama saja) menemukan dua hal, antara rezeki dan belum rezeki. Oleh karena itu “persiapan dalam berbagai hal jauh-jauh hari” adalah kata kunci untuk mendekatkan kesempatan mewujudkan mimpi-mimpi itu. Seperti yang terjadi pada saya dengan pengalamn pribadi, gagal pada seleksi CPNS tahun 2021 membuat saya semakin semangat untuk bisa tembus CPNS tahun 2023 ini. Berjuang dan bangkit kembali.
"Perjuangan adalah bagian tak terpisahkan dari perjalanan hidup kita. Ia mengajarkan kita ketahanan, kegigihan, dan kemampuan untuk tumbuh melalui tantangan. Tidak ada keberhasilan tanpa perjuangan, dan tidak ada pertumbuhan tanpa kesulitan." - Maya Angelou
Tahun ini saya masih berjuang untuk mewujudkan Impian, tepatnya September pertengahan bulan (17 September – 6 Oktober) saya akan mendaftarkan diri pada salah satu instansi yang menjadi pilihan (doakan semuanya lancar dan sesuai dengan harapan ya teman-teman). 

Nah, tahun 2021 masih meninggalkan kenangan, baiknya juga akan saya bagikan pengalaman itu menjadi tips-tips yang mungkin berguna untuk teman-teman seperjuangan yang juga akan mewujudkan mimpi dalam menghadapi seleksi CPNS tahun 2023 ini. Ingat ya teman-teman, semakin matang dalan persiapan kesempatan besar itu ada semakin dekat di depan mata. Yuk semangat .. semangat…semangat.. sukses CPNS 2023 buat kita semua teman-teman.
Tahan pemberkasan adalah tahap awal yang sangat penting. Jika dalam pemberkasan kesesuaian dan kelengkapan tidak memenuhi syarat, maka akan digugurkan tanpa memiliki kesempatan mengikuti test seleksi SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) pada tahap berikutnya. Urutan seleksi CPNS umumnya dimulai dari pendaftaran (pemberkasan) kemudian diikuti test SKD, SKB, MCU. Namun ada juga beberapa instansi yang memiliki tahapan seleksi yang berbeda karena diantaranya ada tes kebugaran fisik maupun wawancara. Dari pemberkasan, SKD, SKB dan selanjutnya tergantung instansi masing-masing.

Formasi Pusat/Kementerian sebagai tingkatan tinggi lingkup CPNS, memang memiliki persyaratan yang lebih spesifik juga, salah satunya syarat sertifikat TOEFL (tidak semua instansi Kementerian). Oleh sebab itu jika teman-teman melirik instansi ini maka perlu mempersiapkan dengan baik agar pada tanggal rentang pendaftaran teman-teman sudah siap dengan itu semua.

Saya di tahun 2023 ini memiliki target tembus seleksi CPNS tingkat pusat/kementerian oleh karena itu folder dokumen yang tersimpan sejak pendaftaran CPNS tahun 2021 akan saya review kembali beserta kesiapan test yang akan saya hadapi nanti. Bukan tanpa alasan, saya merasa cukup percaya diri untuk bisa lolos pada instansi ini, begitu juga karena pada instansi pusat memang penawaran yang lebih menarik untuk saya. Contoh instansi pusat seperti Mahkamah Agung, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR dan sebagainya, sedangkan untuk instansi daerah seperti Pemerintahan Kab. Banyuwangi, Pemerintahan Kab. Tuban, dan sebagainya.

Sayangnya, pada tahun 2021 yang terjadi pada saya yakni saya merasa ciut untuk mendaftar di dalamnya, hingga pada akhirnya sebuah penyesalan yang ada. Bahkan untuk urusan sertifikat TOEFL ini segera bikin saja, karena selain untuk daftar CPNS dalam berbagai kesempatan sertifikat TOEFL ini nyatanya juga sering dijadikan syarat pemberkasan. Padahal kan, tidak sedikit juga pelamar CPNS yang pada akhirnya pindah Haluan untuk daftar di instansi lain hanya karena tidak memenuhi syarat sertifikat TOEFL, itulah sebenarnya kesembatan untuk kita dengan memegang sertifikat TOEFL di tangan.


Sertifikat TOEFL (Test of English as a Foreign Language) memiliki peran penting dalam pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Sebagai persyaratan kualifikasi pada beberapa posisi CPNS, sertifikat TOEFL adalah sebagai bukti konkret terkait kemampuan berbahasa Inggris yang dapat mendukung pekerjaan. Utamanya jika posisi pekerjaan yang kita lamar pada CPNS tersebut melibatkan kerja sama dengan lembaga atau individu asing. Oh iya, sebagai tips lebih baik sertifikat TOEFL sudah ditangan sebelum teman-teman lulus kuliah sih.


Lalu apakah semua instansi membutuhkan TOEFL sebagai syarat wajib pendaftaran? Tidak ya. Sertifat TOEFL sejauh ini diperlukan hanya untuk formasi CPNS pusat. Dimana formasi CPNS ada formasi Pusat, Provinsi, Daerah. Pendaftaran adminsitrasi hamper sama namun beberapa diantaranya memiliki perbedaan untuk melamirkan sertifikat tertentu sebagai persayaratan. Misalnya…….

Tertarik untuk daftar CASN 2023? Yuk persiapkan semua dengan baik. Tahun ini pemerintah membuka lowongan CASN (Calon Aparatur Sipil Negara) dengan jumlah kuota 572.496 kuota formasi. Kuota formasi total ini terbagi menjadi kuota formasi CPNS: 28.903 Kuota formasi dan CPPPK (Calon Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja) sejumlah 543.593. CPPPK ini terbagi lagi menjadi formasi pusat (49.959 kuota formasi) dan formasi daerah (493.634 kuota formasi). Berminat?

Jadi dalam prosesnya, waktu-waktu ini beberapa instansi mulai “spill-spill” informasi kebutuhan formasi, namun belum semua. Teman-teman hanya perlu menunggu dan update secara berkala informasi ini hingga menemukan formasi yang cocok untuk kita lamar. Sembari menunggu ada baiknya mempersiapkan berkas administrasi untuk pendaftaran, seperti pas foto ukuran 3x4, hingga surat keterangan akreditas (program studi dan universitas). Beradasarkan pengalaman pribadi tahun 2021, saya begitu kelabakan untuk mencari surat keterangan akreditas ini dari kampus. So, dengan kesiapan berkas ini, ketika pendaftaran sudah dibuka tinggal upload saja deh..


Sebagai catatan, Ukuran file harus diperkecil sesuai dengan permintaan agar bisa diupload pada website. Semua detail persyaratan harus diperhatikan teman, misalnya saja materi tiap dokumen harus berbeda, maka jangan sekali-kali untuk scan-copot-tempel-scan hanya alasan untuk hemat materai. Hal ini justru akan menjadi boomerang untuk peserta, peserta akan digugurkan (terjadi banyak kasus pada tahun 2021). Scan dokumen yang diperlukan, rename file, lalu masukkan pada folder khusus di computer agar memudahkan pencarian ataupun saat melakukan upload ke website.

Sedangkan jika instansi incaran teman membutuhkan TOEFL perhatikan juga berapa skor minimal yang disyaratkan, karena tiap instansi bisa saja berbeda-beda.


Nah, jika soal pemberkasan ini sudah siap. Marilah kita lanjutkan dengan terus genjot persiapan belajar materi test SKD biar semakin mantap. Kita harus bisa menakhlukan 110 soal pada test SKD dalam waktu 100 menit. 100 soal itu terdiri dari 30 soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), 35 soal TIU (Tes Intelegensia Umum), dan 110 soal TKP (Tes Karaktersistik Pribadi).

Dimana pada soal TWK dan TIU bobot nilai jawaban benar +5, jawaban salah 0 sedangkan pada subtest TKP skor jawaban memiliki rentang +1 sampai +5. Semua soal tidak terjawaban bernilai 0 sehingga akumulasi nilai sempurna 550.

Nah berkaitan dengan ini, semangat optimis masih saya bawa mewarnai pembukaan CASN tahun 2023 ini. Jika pada tahun 2021 saya memperoleh skor 416 maka di tahun ini saya mempunyai target bisa mencapai nilai 475+. Caranya? Ya, tentu saja saya harus extra dalam Latihan soal dengan berbagai variasi dan tingkat kesulitan soal test yang nantinya diberikan berbekal pengalaman saya dalam CPNS tahun 2021.

***

Jangan terburu-buru untuk belajar materi SKB ya teman-teman, usahakan focus dengan test yang di depan mata terlebih dahulu. Karena kita bisa lanjut test SKB jika pada test SKD dinyatakan lolos. Baiknya test SKB mulai dipersiapkan ketika kita sudah selesai test SKD dan memiliki penerawangan jika kita akan bisa lolos untuk lanjut test SKB (Skor test secara live streaming ditayangkan pada youtube).


Jika teman ingin mendaftar, mungkin bisa jadi sebuah pertimbangan untuk benar-benar jeli membaca kualifikasi pendaftaran setiap instansi yang akan menjadi tujuan lamaran. Jangan sampai teman tidak memenuhi kuaifikasi yang menjadi syarat namun tetap ngeyel untuk daftar di dalamnya. Mungkin syarat umur, tinggi badan, adanya tes fisik, adanya wawancara dalam Bahasa inggris hingga sertifikat kemampuan berbahasa inggris TOEFL.

Semua informasi ini bisa teman-teman ketahui secara detail melalui surat edaran resmi yang diterbitkan masing-masing instansi, jika perlu carilah tau tentang tujuan instansi dari Riwayat pelaksanaan CPNS tahun-tahun sebelumnuya.

Semakin dekat dengan tanggal pendaftaran CPNS, menjadi semakin panik jika semua tidak terkendali jauh-jauh hari. Oleh karena itu harus mempunyai persiapan yang baik dengan segala sesuatunya termasuk kelengkapan untuk awal pendaftaran adminstrasi, sertfikat TOEFL misalnya. Sudahkah memiliki tujuan dimana teman akan melakukan test ataupun bimbel Bahasa inggris jika diperlukan untuk mendapatkan sertifikat TOEFL tersebut? Jika belum, Lister bisa menjawab kebutuhan semua itu.


Lister adalah platform penyedia kursus Bahasa asing & Test Perparation Test terbaik yang ada saat ini sekaligus tempat untuk bisa mengikuti tes untuk mendapatkan sertifikat TOEFL. Tidak hanya berkaitan dengan test TOEFL melalui Lister teman-teman bisa mendapatkan berbagai layanan unggulan. Ada kelas Lister, tersedia juga berbagai program untuk mengasah skill Bahasa inggris dengan tujuan capaian masing-masing (sesuai keperluan kita) termasuk didalamnya ada program prediction test ataupun official test untuk mendapatkan sertifikat TOEFL yang bisa digunakan untuk keperluan pendaftaran CPNS. Semua informasi dapat teman-teman akses melalui websitenya di Lister.co.id

Udah itu saja? Ada lagi, mungkin masih banyak yang belum mengetahui jika Lister juga memiliki layanan berupa kursus public speaking, kursus university preparation, jasa interpreter, dan jasa translation. Apakah teman-teman sudah mengetahuinya?


Dari Lister juga tidak hanya menyediakan kelas untuk dewasa (Kursus General English Dewasa) namun juga khusus untuk anak. Kelas Anak ada pada program English for Small Kids, dan kelas dewasa dengan program General English for Adults. Semua kebutuhan upgrade skill Bahasa inggris akan mudah terfasilitasi juga karena Lister juga memiliki program khusus yang disebut Lister for company, sebut saja Kursus Business English yang diperuntukkan untuk kalangan bisnis dan perusahaan. Jadi program pelatihan ini khusus diperuntukkan untuk bisnis dan study lanjut karyawan dan menggunakan metode belajar yang cocok dan sesuai denga apa yang dibutuhkan oleh Perusahaan. 

Jika Perusahaan mencari program training yang terpercaya maka Lister adalah sudah pasti jawabannya. Bagaimana pencapaiannya sudah memperoleh kepercayaan dari instansi besar dan ternama di Indonesia, sebut saja PLN, Politeknik Siber Dan Sandi Negara, AloDokter, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas islam Indonesia, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Negeri Malang, Piaggio, Universitas Terbuka, Universitas Trisakti, BPOM, BPS, Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan, kementerian Perindustrian, OJK dan masih banyak yang lainnya. Berbagai segmen kelas korporasi Lister bisa terfasilitasi tidak hanya segmen Perusahaan namun hingga instansi Pendidikan dan instansi pemerintahan.


Lister sukses dipercaya oleh lebih dari 300 perusahaan, sekolah dan institusi dengan keunggulan kelas korporasi yang bisa dilakukan secara Hybrid (online dan Offline), Kurikulum yang dirancang khusus, Jangka waktu pembayaran yang fleksibel, dan satu lagi yang perlu diketahui bahwa tutor dan ahli industri telah tersertifikasi dan memiliki pengalaman yang signifikan di bidangnya masing-masing. 

Sebagai contoh penggunaan kurikulum dalam kursus dan pembelajaran yang update dan telah disesuaikan dengan kebutuhan terdapat pada Kursus Bahasa Korea General yang menggunakan kurikulum berdasarkan test of proficiency in Korean. Ada juga Kursus Bahasa Jerman dan Persiapan Test GOETHE diamana Kurikulum berdasarkan kurikulum pembelajaran Bahasa Jerman terbaru. Hal yang menjadikan Lister bersifat khusus dibandingkan lembaga bimbel lainnya yaitu Lister telah menciptakan suatu metode pembelajaran efektif dan interaktif yang disebutnya The Lister Method, dengan metode pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan literasi dengan penekanan pada meaning-focused instruction.


Begitu juga sebagai pengguna pribadi, teman-teman akan merasakan berbagai kelebihan dari ketersediaan layanan Lister sebagai penyedia kursus Bahasa asing dan placement test. Mulai dari jadwal belajar yang fleksible hingga tidak kalah pentingnya biaya yang cukup terjangkau dengan semua keuntungan dan skill mumpuni yang akan didapatkan. Bimbel fleksibel seperti ini sangat memudahkan dan banyak dicari oleh anak-anak sekolah khususnya dalam mengikuti program Kursus Academic English.


·Jadwal Belajar Yang Fleksibel: Bisa diakses kapanpun dan dimana saja
·Tutor terbaik dan berpengalaman: Semua tutor adalah pengajar terbaik, professional dan telah tersertifikasi
·Kurikulum berkualitas dan metode pembelajaran yang efektif dan menarik: Kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan skala internasional
· Sudah dipercaya banyak orang/instansi/Perusahaan besar dengan dibuktikan dengan testimoni yang nyata: Telah dipercaya oleh Badan/Kementerian maupun perguruan tinggi dan Perusahaan ternama di Indonesia.
· Biaya terjangkau untuk jaminan skill yang didapatkan: Teman akan mendapat Kursus Bahasa Asing online terlengkap dan berkualitas tinggi dengan harga affordable belum lagi potongan dari promo yang tersedia.
· Pilihan metode pembayaran yang beragam: BCA, BNI, Permata Bank, Gopay, OVO, VISA, Dana Shoppepay, Alfamart, Indomaret.


Masih bingung TOEFL jenis apa yang bisa dipakai untuk daftar CPNS tahun 2023? Tenang, Lister pun punya program dan test sertifikasinya. Jika instansi tujuan teman teman daftar CPNS mewajibkan sertifikat TOEFL maka bisa menggunakan salah satu jenis sertifikat berikut : TOEFL Prediction, TOEFL ITP (Institutional Testing Program), TOEFL PBT (Paper Based Test), TOEFL CBT (Computer Based Test), TOEFL iBT (Internet based Test).

Benar sekali, tidak harus sertifikat TOEFL ITP, pakai TOEFL predictionpun untuk mendaftar CPNS juga bisa loh. Jika teman-teman belum mengetahui, TOEFL Prediction adalah test TOEFL dengan durasi instant untuk menguji kemampuan Bahasa inggris sebelum tes resmi TOEFL ITP dilakukan. Tes ini lebih murah dan bisa mengeluarkan sertifikat lebih cepat untuk digunakan mendaftar CPNS 2023 yang datang sebentar lagi.


Namun jika teman-teman ingin mendaftar CPNS untuk tahun depan atau tahun selanjutnya itu artinya masih memiliki waktu yang panjang untuk melakukan test TOEFL official ITP bahkan mengikuti Kursus IELTS ataupun  Kursus Persiapan TOEFL ITP  di Lister. Karena jaminanya dengan memiliki TOEFL ITP maka kedepannya teman-teman akan merasa lebih aman jika memiliki kesempatan melamar pekerjaan atau mengurus adminstrasi yang mewajibkan sertifikat resmi TOEFL ITP.

Tidak hanya terbatas seperti Prediction TOEFL yang biasanya hanya cukup untuk syarat wisuda, melamar pekerjaan di dalam negeri, pendaftaran CPNS, dan lain-lain yang sifatnya local atau urusan domestik saja. Beda cerita jika teman-teman ingin apply beasiswa ke luar negeri, TOEFL ITP lebih tepat dibutuhkan dibandingkan TOEFL Prediction. Yuk segera daftar untuk kursus persiapan TOEFL dari Program Lister!

Jika teman sedang persiapan Studi Lanjut di kampus impian dan memiliki target tinggi dalam skor TPA, bisa banget mengikuti Kursus Persiapan Tes TPA (Tes Potensi Akademik) secara online dengan jadwal fleksibel hanya dari Lister. Dengan mengikuti program persiapan TPA dari Lister, dapatkan kesempatan memperoleh Garansi Skor 500+ yang memang sesuai dengan skor persyaratan instansi di Indonesia.


Oh iya, nantinya tiap-tipa instansi memiliki kebijakan masing-masing terkait Skor TOEFL ini. Misalnya saja, jika teman-teman melamar di formasi Kemenkominfo, nanti akan diinfokan skor minimum masing-masing dari jenis TOEFL yang bisa dilampirkan. Tidak hanya skor minimal ITP TOEFL saja tapi juga diberikan konversi batas-batas minimal skor jenis TOEFL lainnya seperti TOEFL IBT. Oleh karena itu persiapan jauh-jauh waktu sangatlah tepat dengan mengikuti Kursus Persiapan TOEFL IBT jika diperlukan. Informasi tentang hal ini, teman-teman nantinya bisa update melalui pusat informasi resmi dari masing-masing instansi yang menjadi tujuan daftar CPNS 2023.

Contoh :
TOEFL Prediction skor minimal 400
TOEFL ITP/PBT skor minimal 400
TOEFL CBT skor minimal 97
TOEFL IBT skor minimal 32

Jangka waktu penerbitan juga biasanya diberitahukan, misal jika sertifikat TOEFL yang diminta adalah sertifikat TOEFL masih berlaku pada saat pendaftaran atau maksimal 2 tahun sejak diterbitkan maka harus sesuai. Jika tidak akan fatal akibatnya, otomatis gugur pada tahap administrasi. Seperti ini lebih enak persiapan dari jauh-jauh hari bukan? Agar tidak tergesa-gesa dan juga meminimalisir kesalahan dalam menjalani serangkaian proses dari rekruitmen CPNS. Dengan Lister Daftar CPNS Kementerian Bisa!



Untuk mendaftar sebagai CPNS, sertifikat TOEFL sangat penting, terutama untuk formasi di institusi pusat atau kementerian. Kita sebagai Calon pelamar dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam berbagai hal, memanfaatkan Lister sebagai platform terbaik untuk kursus dan tes TOEFL yang memiliki banyak keunggulan.


Ingat teman-teman, selain sertifikat TOEFL sebagai salah satu syarat administrasi, persiapan yang baik untuk seleksi CPNS adalah mempersiapakan suksesnya ujian SKD yang ada di depan mata setalah tahap pemberkasan. Salah satunya berlatih variasi soal dengan tingkat kesulitan yang bervariasi dengan menggunakan management waktu atau timer agar terbiasa. Semua materi ujian SKD harus mantap dikuasai agar menjadi semakin percaya diri. Semua proses ini harus dilakukan dengan teliti mulai dari seleksi administratif CPNS, termasuk mematuhi petunjuk resmi dari instansi yang diincar.


Apapun yang akan menjadi takdirmu, tidak akan lepas darimu. Kesempatan untuk mewujudkan impian seleksi CPNS tahun 2023 semakin dekat, yuk kita persiapan yang baik, semangat, dan kerja keras agar semua manifesting itu menjadi nyata. Yuk, kursus di Lister dan jangan lupa gunakan kode promo BLOG23 untuk dapatkan potongan harga yang menguntungkan banget, weh.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar