RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Menggenggam Masa Depan Digital Dengan ASUS PC Desktop S500TC di Rumah

Anak-anak adalah alam semesta dalam diri kita. Mereka alami menjadi pengamat yang bijak, dan tugas kita adalah memberi mereka peluang untuk terus belajar dan mengamati.


Seperti biasa, ketika saya sedang duduk di depan laptop akan menjadi medan magnet yang kuat bagi adik-adik saya ketika di rumah. Pada waktu yang bersamaan, mereka tentu akan meninggalkan aktivitas bermain mereka, kemudian akan menghampiri saya, sudah pasti itu. Duduk di sebelah saya, atau duduk mengelilingi di sekitar tempat duduk saya di depan laptop.


Tampak variasi duduk bisa saya amati. Dari semula duduk disamping kiri, kemudian pindah di sebelah kanan saya, dari sebelah kanan saya pindah lagi di belakang saya, berpindah-pindah. Untuk mencari posisi duduk paling enak versi mereka hingga menemukan sudut pandang terbaik untuk mengamati apa saja yang sedang saya kerjakan di depan laptop.

Hanya mengamati saja, bahkan tanpa ngomong apa-apa. Mereka tidak mengeluarkan kata apa-apa meski berada di dekat saya, hingga kemudian saya yang membuka percakapan dan mereka begitu antusias menanggapinya karena terlihat jelas dari raut dan mimik wajahnya.

Saya begitu yakin, mereka sebenarnya tidak banyak ngomong karena takut mengganggu aktivitas yang sedang saya kerjakan di depan laptop. Begitu besar pengertiannya, keponakan-keponakan saya. Persamaannya, saya dan mereka sama-sama suka menggambar, begitu juga mereka kemudian menjadikan “Pak Lik”-nya (Bahasa Jawa;Paman)  ini layaknya idol dalam keluarga untuk urusan pelajaran sekolah, khususnya menggambar dan hal-hal yang berbau kreatifvitas.


Sebagai Pak Lik/paman/Om Ketika di rumah tentunya juga mengambil peran dalam memperkenalkan anak-anak dengan dunia digital. Tidak dipungkiri karena tumbuh kembang anak-anak saat ini beriringan dengan perkembangan dunia teknologi dan digital yang ugal-ugalan.

Kebiasaan semua serba online saat-saat pandemi nyatanya terbawa menjadi kebiasaan hingga saat ini, anak-anak tidak terkecuali. Sebut saja laporan survei yang telah dilakukan oleh Jakpat,  selama pandemi covid-19 akses konten digital oleh anak-anak semakin meningkat. Kecenderungan ini tepatnya dilantari karena akses pendidikan sekolah yang dilakukan secara daring hingga kemudian mengikutinya konsumsi konten digital oleh anak-anak sebagai hiburan selama di rumah saja. Akses Youtube misalnya, anak-anak yang menghabiskan waktunya di rumah untuk menonton youtube meningkat dari 68,5% (sebelum pandemi) menjadi 72,3%.

Jakpat melakukan survei terhadap 896 orang tua dengan rentang usia 20-44 tahun. Mereka memiliki anak-anak yang berumur 2-15 tahun. Meski pandemi sudah berlalu, tak juga melunturkan kebiasaan anak dalam bermain gadget dan mengakses konten digital hingga saat ini. Bagaikan pisau bermata dua, akses konten digital bagi anak dapat memberi manfaat namun tanpa kontrol yang baik dari orang tua, dampak negatif menghantui.


Begitu disadari juga, memperkenalkan anak pada teknologi digital memerlukan pendekatan yang tepat, dimana dibalik itu semua selalu ada harapan mereka (anak-anak) dapat mengeksplorasi teknologi dengan cara yang aman dan membawa banyak manfaat. Sedikit demi sedikit dari sekarang menuju masa depan digital secara global.

Menghadapai dunia yang semakin terhubung dan teknologi yang terus berkembang, penting untuk memberi mereka dukungan, saran, dan perhatian yang mereka perlukan dalam menggunakan teknologi kepada anak-anak di rumah. Sehingga anak-anak mampu secara bertahap memahami teknologi, mengembangkan keterampilan digital sesuai dengan minat, dan siap menghadapi tantangan masa depan dengan lebih percaya diri.

Berikut beberapa kiat untuk mengenalkan sekaligus mewujudukan masa depan digital kepada anak:


1. Awali dengan dasar-dasar teknologi: Bisa dimulai dengan mengenalkan anak dengan perangkat teknologi seperti komputer, smartphone, dan tablet yang umum digunakan. Ajari mereka cara menggunakan gadget tersebut dengan aman, termasuk bagaimana cara mengatur password yang kuat dan pengetahuan tentang pentingnya menjaga privasi online.

2. Akses ke internet yang aman: Sebgai orangtua atau keluarga terdekat, pastikan anak memiliki akses ke internet yang aman. Orangtua bisa mengaktifkan fitur kontrol orang tua atau memasang perangkat lunak keamanan online untuk melindungi mereka dari konten berbahaya atau file pekerjaan orangtua.

3. Ajarkan etika online: Ajari anak mengenai etika online, cara melakukan interaksi dengan orang lain, cara menyikapi dan menghindari perundungan (cyberbullying), hingga pemahaman soal menjaga privasi.

4. Keterampilan pemrograman: Dasar-dasar pemrograman bermanfaat ada loh untuk anak. Ada berbagai sumber yang tersedia, diantaranya aplikasi yang dirancang khusus untuk anak-anak dalam belajar pemrograman dengan cara ringan dan menyenangkan.

5. Peluang pembelajaran online: Banyak platform pendidikan online menawarkan pelajaran yang interaktif dan bermanfaat untuk anak-anak. Ajak anak untuk belajar melalui sumber daya ini, yang dapat membantu mereka memahami berbagai topik dan keterampilan.

6. Pertimbangkan pembatasan waktu: Orangtua penting untuk mengatur batasan waktu anak dalam penggunaan perangkat digital. Seimbangkan waktu anak juga waktu untuk bermain di luar ruangan, melakukan aktivitas hobi, dan melakukan interaksi dengan teman-teman secara langsung.

7. Libatkan anak dalam proyek digital: Ajak anak untuk terlibat dalam proyek-proyek kreatif yang melibatkan teknologi, seperti pembuatan gambar, desain, video, atau animasi. Cara yang dapat membantu anak mengembangkan keterampilan kreatif.

8. Pantau aktivitas online mereka: Lakukan pemantauan berkala aktivitas online anak. Ajari anak untuk selalu memberi tahu orangtua saat mereka mengalami masalah atau berada dalam situasi yang tidak aman.

9. Jadikan teknologi sebagai alat pembelajaran: Teknologi dapat menjadi alat pembelajaran yang kaya. Sebagai orangtua dapat membantu dalam mencari aplikasi dan platform yang dapat membantu anak belajar lebih efektif.

10. Dampingi anak: Ajak mereka melakukan tanya-jawab, berdiskusi, dan berbagi pengalaman dengan anak. Orangtua juga harus terlibat aktif dalam pengalaman digital anak. 

***


Komputer adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengenalkan manfaat teknologi digital kepada anak di rumah. Menurut saya, menggunakan computer di rumah untuk anak lebih baik daripada tablet, ataupun smartphone lebih spesifik dalam hal pengawasan.

Apalagi jika ditempatkan dalam ruangan yang strategis dan mudah dijangkau oleh orangtua di rumah. Selain itu, komputer yang ditempatkan di rumah dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan komputasi keluarga modern. Beragam jenis kebutuhan akan teknologi komputer yang relevan pada kehidupan sehari-hari di keluarga pada era digital saat ini.


Semua anggota keluarga dalam satu rumahpun bisa menggunakan computer tersebut untuk akses internet, komunikasi, pendidikan, pekerjaan rumah yang membutuhkan computer hingga sebagai sarana hiburan bersama di rumah sambil bersama-sama mengawasi aktivitas anak dengan komputernya.

Menggenggam Masa Depan Digital Dengan ASUS PC Desktop S500TC di Rumah

Bukan tanpa alasan, Komputer Desktop sangat cocok untuk anak, selain dalam hal kemudahan pengawasan terhadap aktivitas anak, computer desktop juga memiliki kelebihan terutama diperuntukkan bersama untuk semua anggota keluarga dalam satu rumah. Dengan berbagai lintas usia dan kebutuhan, computer desktop lebih cocok karena memiliki layer lebih besar dibandingkan laptop.


Ada juga dukungan peripheral yang lebih fleksibel, bahkan dengan ASUS PC Desktop S500TC tidak hanya mencukupi kebutuhan anak-anak dan anggota keluarga, namun mencukupi kebutuhan saya pribadi dalam urusan pekerjaan saat di rumah. Sebagai blogger dan pembuat konten kreatif, saya membutuhkan sosok ASUS PC Desktop S500TC ketika bekerja nge-freelancer di rumah. Komputer dengan kemampuan multitasking yang baik dan efektif untuk tugas yang memerlukan komputasi tinggi. Dengan kehadiran ASUS PC Desktop S500TC di rumah, bisa mendukung produktivitas semua anggota keluarga bukan?


Melaui tagline Home computing, the smart way, ASUS PC Desktop S500TC membawa spesifikasi yang cocok untuk dihadirkan dalam rumah keluarga modern. Keunggulan spesifikasi yang ditonjolkan bisa dilihat dari performance, graphics card yang disematkan, storage yang mumpuni, fitur noise cancelation, connectivity yang beragam, desain yang modern dan Reliability yang telah sudah teruji kualitasnya.

Performance

PC Desktop S500TC tidak hanya mendukung kegiatan komputasi sederhana sehari-hari seperti browsing dan mengerjakan tugas-tugas atau pekerjaan harian, namun juga cocok sebagai layar keluarga untuk urusan multimedia dan menonton video. Anak-anak di rumah juga bisa menggunakan komputer keluarga ini untuk belajar menggambar, mengenal desain grafis dan bermain game edukasi.


Semua ini dapat berjalan dengan lancar dan responsive berkat Prosesor Intel® Core™ generasi terbaru dan memori berkecepatan tinggi. Dalam varian tipe, bisa disesuaikan dengan kebutuhan keluarga. Pilih prosesor Intel® Core™ i3, Prosesor Intel® Core™ i5 hingga Intel® Core™ i7 tersedia dengan psket kehadirannya dalam system operasi windows 11 Home.
  • Intel® Core™ i3-10105 Processor 3.7 GHz (6M Cache, up to 4.4 GHz, 4 cores)
  • Intel® Core™ i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz)
  • Intel® Celeron® G5905 Processor 3.5 GHz (4M Cache, up to 3.5 GHz)
  • Intel® Pentium® Gold G6405 Processor 4.1 GHz (4M Cache, 2 cores)
  • Intel® Core™ i5-11400 Processor 2.6 GHz (12M Cache, up to 4.4 GHz, 6 cores)
  • Intel® Core™ i7-11700 Processor 2.5GHz (16M Cache, up to 4.9 GHz, 8 cores)
Bahkan dengan kapasitas memori hingga 64GB DDR4 RAM, memungkinkan komputer mempunyai ruang lega untuk menjalankan software berat, edit video, grafis, hingga pemodelan 3D. Disinilah letak rahasia multitasking itu berada. Antara anak-anak, saya dan keluarga bisa menggunakan komputer ini secara Bersama dengan alokasi memori yang tidak perlu dikhawatirkan.

Graphics Card

PC ini dilengkapi kartu grafis NVIDIA® GeForce® bahkan dapat diupgrade hingga GeForce® RTX™ 3060 NVIDIA® GeForce®, yang merupakan salah satu kartu grafis (GPU) yang diproduksi NVIDA dari line GeForce RTX 30 Series yang lebih unggul. Sebut saja pengalaman mengesankan dan mulus akan didapatkan saat nge-games menggunakan ASUS PC Desktop S500TC. Bagaimana bisa? Bisa dibayangkan dengan kartu grafis GeForce® RTX™ 3060 NVIDIA® GeForce® menawarkan kinerja game kuat dalam menjalankan game modern dengan pengaturan grafis beresolusi 1080p bahkan 1440p.


Dengan sematan kartu grafis ini juga mendukung NVIDIA Broadcast yang peranannya akan terasa saat melakukan streaming atau video konferensi, dimana kualitas streaming akan meningkat. Hal ini didukung dalam pembuktian sertifikasi ISV yang telah diperoleh ASUS bahwasannya ASUS S500TC membawa fungsi yang sesuai harapan khususnya dalam penggunaan aplikasi professional Adobe dan AUTODESK. Bagi saya engineer yang secara langsung berkutat dengan software Autocad cukup lega dengan uji dan sertifikasi yang ada ini. Bahkan untuk urusan mengolah foto untuk tujuan komersil, jasa freelance fotografer, aktivitas saya bisa tercukupi dengan baik.


Storage

Kapasitas penyimpanan lega hingga 5 TBpun ditawarkan (1 TB+ 4 TB). File-file pekerjaan yang banyak saya miliki tidak akan khawatir menganggu file-file lain yang notabene tersimpan pada komputer Bersama, komputer keluarga ini. Secara detail ASUS PC Desktop S500TC menawarkan penyimpanan "upgradeable" hingga PCIe® x4 SSD + HDD. Tidak hanya kapasitas HDD yang besar, namun penyimpanan ganda SSD yang memberi jaminan kecepatan akses data dihadirkan. Dalam pembeliannya, ASUS PC Desktop S500TC ditawarkan dengan varian stoarge berikut.
  • 1TB SATA 7200RPM 3.5" HDD
  • 1TB SATA 7200RPM 3.5" HDD x 2
  • 512GB M.2 2280 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Dukungan motherboard atau perangkat keras tertentu memiliki empat port SATA dengan kecepatan transfer data 6.0 gigabit per detik (Gbps) masing-masing tidak dipungkiri akan menjadi dukungan produktivitas sehari-hari. Dengan 4 x SATA 6.0Gb/s ports, Port SATA ini sangat mumpuni digunakan untuk menghubungkan perangkat penyimpanan seperti hard drive dan SSD ke motherboard.

Artinya apa? Dengan jumlah port SATA pada motherboard 4 x SATA 6.0Gb/s ports, saya dapat menghubungkan hingga empat perangkat penyimpanan dengan kecepatan transfer data tinggi dengan kecepatan hingga 6 Gbps.

Noise Cancelation

Two-way AI noise-canceling audio technology, begitu ASUS menyebutnya. Sangat penting keberadaan fitur ini Ketika dalam keseharian, komputer yang akan anda gunakan Bersama di rumah untuk mendukung aktivitas sekolah online, kursus online maupun bentuk konferensi video lainnya secara daring. Fitur pada ASUS S500TC ini dapat meredam bising di sekitar.

Connectivity

Aspek konektivitas merupakan hal penting yang tidak luput menjadi pertimbangan banyak orang termasuk saya dalam memilih perangkat komputer/laptop. Sebab, dengan bergaman gadget dan perangkat pendukung dalam menciptakan konten seperti kamera, kabel output, jack audio, port USB dan lain-lain, saya harus mencukupinya. 


Jika tidak akan mempengaruhi fungsionalitas, produktivitas dalam melakukan aktivitas sehari-hari di depan komputer. Untuk kebutuhan saya pribadi, konektivitas sangat penting adanya, belum lagi jika memiliki komputer keluarga, itu artinya saya juga harus membayangkan kebutuhan akan konektvitas pada sebuah komputer semakin beragam. Untung saja, ASUS S500TC memiliki konektivitas yang lengkap.

Design

Dalam hal desain, ASUS S500TC juga bisa diunggulkan. Desain termal canggih, ASUS S500TC memberi pengalaman yang lebih aman dan lancar untuk komputasi dan tugas sehari-hari.

ASUS S500TC menggunakan sistem pendingin multi-saluran yang inovatif. Danya sasis besar juga memberikan pembuangan panas yang lebih baik sehingga lebih produktif dan minim panas. Tidak hanya itu saja dengan dibekalinya power supply bersertifikasi 80 PLUS® Bronze berefisiensi tinggi dan direkayasa dengan kapasitor kelas atas, ASUS S500TC memang dihadirkan untuk daya tahan maksimum. Hal ini memungkinkan S500TC menghasilkan daya dengan efisiensi hingga 85%.


Oh iya, Semua PC ASUS tentu mendukung produktivitas kita karena menggunakan kapasitor solid 100% kelas perusahaan di motherboard mereka. Dengan pemanfaatan kapasitor berkualitas ini mampu menahan suhu ekstrem dan memastikan kinerja yang mulus dan stabil. Bahkan juga setelah digunakan selama berjam-jam.

Reliability

ASUS S500TC sebagai komputer keluarga tentu saja perlu ketahanan yang berkualitas karena silih berganti penggunanya. Seperti test atau uji yang telah dilakukan oleh ASUS, sekaligus bisa menjawab kekhawatiran para pencari komputer keluraga. Untuk menguji komputer series ASUS S500TC ini, ASUS telah menguji dengan serangkaian uji kebisingan, jatuh, getaran, dan kejut termal yang ketat.


KESIMPULAN :
Dalam menggenggam masa depan digital di rumah, komputer ASUS PC Desktop S500TC menjadi solusi yang tepat. Dengan performa unggul, grafis berkualitas tinggi berkat kartu grafis GeForce RTX 3060 NVIDIA GeForce, serta penyimpanan yang luas, komputer ini mendukung berbagai kebutuhan keluarga. Fitur-fitur seperti noise cancelation, konektivitas yang lengkap, desain yang canggih, dan keandalan yang teruji membuatnya ideal untuk penggunaan bersama-sama di rumah.


PC Desktop idaman untuk keluarga ASUS S500TC ini bisa didapatkan dengan harga Rp 7.769.000 saja. Bisa hemat Rp 1.230.000 dari harga tanpa promo Rp 8.999.000 loh. PC dengan fitur lengkap namun harga istimewa bisa didapatkan saat ini juga. Menggenggam Masa Depan Digital Dengan ASUS PC Desktop S500TC di Rumah.


Spesifikasi Lengkap ASUS PC Desktop S500TC


Komputer ini juga dapat membantu dalam mengenalkan teknologi digital kepada anak-anak dengan aman dan efisien, memberikan peluang bagi semua anggota keluarga untuk menjalani kehidupan digital dengan cerdas. Dengan ASUS PC Desktop S500TC, kita dapat menjalani masa depan digital dengan lebih percaya diri dan produktif di rumah. Apakah ASUS S500TC ini sudah cocok untuk kebutuhan komputer keluarga di rumah kamu?
Related Posts

Related Posts

1 komentar

  1. Wah, Mas Suga ternyata gak beda jauh dengan saya. Menjadi lik/om/ paman bagi keponakannya. Ketika saya sedang menulis dan mengerjakan project, keponakan kerap menghampiri dan ikut melihat apa yang sedang saya lakukan di depan laptop. Yang paling kecil terkadang ikut mengambil laptop-laptop an nya untuk ikut mengimbangi saya yang sibuk mengetik di depan laptop.

    Bener sekali ya, tanpa sadar, kita juga menjadi salah satu aspek yang membantu dan berkontribusi terhadap perkembangan anak dengan mengenalkan mereka kepada digitalisasi. Baik itu karena tuntutan pekerjaan, secara langsung maupun tidak langsung. Untuk mengakomodir hal itu, memang dibutuhkan device yang mumpuni dan cocok untuk menjadi daily driver, ASUS nih kayaknya cocok banget ya!

    Dengan berbagai spek yang ditawarkan dan tentunya keberagaman harga yang affordable. Family friendly banget.

    BalasHapus