RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Asus A43SD Laptopku, Vivobook Flip TP410 Kuharap Jadi Milikku

26 Agustus 2018, 2 Minggu yang lalu. Mas Joe (@JoeCandra) mengabarai lomba blog dari Asus x @unniekas melalui mention di instagram. Thanks mas Joe!

Dibilang butuh laptop baru yang butuh, dibilang tidak butuh ya memang butuh. Jadi saat itu tanpa pikir panjang ‘’save post’’ dengan ketuk tombol simpan ke koleksi instagram (pojok kiri bawah postingan mbk @uniekkas) tentang lomba blog ini.
Diinstagram mbak @uniekkas, kata-katanya ada "yuhuuu"-nya juga kok ...hehe

Prediksi: Saya bisa menyelesaikan artikel untuk lomba blog hanya dua minggu. Memang rentang waktu penyelenggaran hanya dua minggu (biasanya satu bulan). Wah, ini jelas challenge banget buat saya. Biasanya saya butuh waktu yang lama untuk prepare membuat artikel untuk lomba blog. Biasanya juga, rata-rata penyelenggaran sebuah lomba blog 1 bulan. 

Jadi ikutan nggak ya? Kurang dari 12 jam saya harus menyelesaikan artikel lomba blog

Realita: Prediksi hanyalah prediksi. Hampir 2 minggu waktu terlewati begitu saja. Akhir-akhir ini saya begitu sibuk dengan pekerjaan-pekerjaan. Semenjak saya membuka usaha dibidang jasa percetakan (cetak foto) foto masuk yang harus dicetak banyak sekali. Foto-foto biasa dan juga foto-foto dokumentasi dari rangkaian kegiatan 17-an (Peringatan kemerdekaan RI ke-73).
Semuanya harus saya selesaikan tepat waktu. Sedangkan saya masih mempunyai kesempatan kurang dari 12 jam untuk menyelesaikan lomba blog Asus x @uniekkas
Dua minggu ini sibuk editing foto-Cetak-editing foto-cetak begitu seterusnya. Lagipula, kemarin-kemarin ide untuk membuat konten sesuai dengan kriteria lomba blog kali ini belum juga saya temukan. Dalam situasi mendesak, saya juga semakin bingung untuk membuat artikel yang ((saya semogakan)) unik, berbeda dan tentu sesuai kriteria penilaian. 

Dengan tema, ”Asus Laptopku”, ini sebenarnya sangat menarik untuk saya. Alasanya, artikel yang akan saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya sebagai pengguna Asus. Dan tantangan untuk challenge dibawah ini akan saya jawab melalui tulisan ini.
KBBI kreatif/kre·a·tif/ /kréatif/ a 1 memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan; 2 bersifat (mengandung) daya cipta: pekerjaan yang -- menghendaki kecerdasan dan imajinasi;
Menurut saya pribadi, kreatif itu soal ide. Kreatif itu keberanian untuk memulai sesuatu yang baru, belum pernah dilakukan dan kita bisa mengembangkan hal tersebut. Munculnya ide-ide diluar kebiasaan orang pada umumnya a.k.a (Out Of The Box) itu kreatif.

Mampu memecahkan masalah dengan caranya sendiri itu kreatif. Mengembangkan talenta yang ada pada diri, itu juga pantas disebut kreatif menurut saya. Jadi kreatif itu luas banget

Kamu (masih) mainstream atau sudah Out Of The Box?

Lalu apakah aku (sudah) kreatif? Tidak adil jika saya menilai diri sendiri (Baca: Saya Kesulitan menilai diri sendiri). Sejauh ini, saya suka mencoba hal-hal baru, belajar tentang ilmu baru dan lebih suka menciptakan sesuatu yang baru versi kreatifitas saya. Yes, I want to be different dan unic. 

Sekitar 5 tahun lalu saya dibelikan bapak ASUS A43SD disalah satu toko komputer di kota tempat tinggal saya. Waktu itu harganya 5,3 juta dengan spesifikasi yang saya inginkan “grafis bagus dan paling penting bisa menginstall dan menjalankan aplikasi berat seperti Autocad, Google Sketchup dan software-software berat ala anak-anak teknik sipil”.

Kenapa dulu membeli ASUS A43SD? Cari laptop yang punya spesifikasi cukup dan bisa running software autocad, udah gitu aja. Hehe

Tidak spesifik ASUS A43SD sih, karena saat itu sudah berpindah-pindah dari satu toko ke toko lain belum menemukan stock juga dengan spesifikasi yang diandalkan. Hingga akhirnya di toko terakhir, ada beberapa pilihan laptop yang bisa saya pilih. Kalau sekarang 'mah saya lihat-lihat update laptop terbaru Asus ya disini (nb: lihat saja tidak beli. Hehe) 

Ini salah satu toko komputer terlengkap dan tempat tujuan utama service laptop di kota tempat tinggalku, Jajag, gambiran, Banyuwangi. 

Saya lupa, 2 laptop tipe apa yang bisa saya pilih. Saya hanya ingat keduanya sama-sama asus tapi beda tipe dan harga. Soal harga, bapak sepenuhnya menyerahkan kuasanya untuk saya bebas memilih diantara kedua pilihan laptop asus itu.

                                                           ****

Akhirnya saya memilih laptop yang mahal daripada harga laptop satunya. Saat itu untuk saya yang awam dengan dunia per-laptop-an, asumsinya hanya “lebih mahal = lebih bagus”. Jadi, dengan laptop yang spesifikasinya sama-sama mumpuni untuk install aplikasi autocad saya memilih laptop yang harganya mahal tersebut. 

Eh, tidak mahal sih. Maksudnya, Cuma selisih 3-4 ratus ribuan aja. Menjatuhkan pilihan pada Asus A43SD saya rasa tepat. Terbukti kwalitasnya, service center ada dimana-mana dan tentu banyak banget teman-teman di kampus yang menggunakan laptop ASUS. 

Laptop Asus A43SD ini benar-benar mengukir cerita bersama saya. Mulai dari membantu mengerjakan tugas-tugas kuliah yang berat dan non stop, ngeblog dan ngelomba blog, multimedia hingga pernah juga terpental di kerasnya perkerasan aspal.

Beberapa tahun lalu saya mengalami lakalantas (kecelakan lalu lintas). Tidak hanya kondisi fisik yang dirugikan tapi juga kondisi laptop kesayangan dan merupakan laptop satu-satunya

Kondisi pasca kecelakaan beberapa tahun lalu - sekarang (nb: baterai sengaja saya lepas, karena udah nggak bisa dan tentu tujuan mengurangi beban jika saya membawanya dalam tas.

Don't judge book from the cover. Dari kejadian itu, laptop masih bisa bekerja normal tapi body laptopnya cuil dimana-mana. Saat itu saya tidak tau pasti kejadiannya karena saat itu saya pingsan dan tiba-tiba sudah berada di rumah sakit.

Begitu juga dengan kondisi laptop, seberapa keras terpentalnya saya tidak tau pasti. Meskipun tak secantik dulu, laptop ini masih bisa saya andalkan untuk aktivitas saya sehari-hari.

Lima tahun saya menggunakan Asus A43SD ini. Sudah saatnya saya mengurangi beban laptop ini dari pekerjaan-pekerjaan berat dan super banyak. Meskipun tidak semua, saya dapat mengurangi beban kerja harian laptop Asus A43SD saya ini.

Jika memiliki laptop baru, pastinya saya tidak perlu khawatir dan riweh cari colokan sumber listrik saat membawanya disebuah acara atau tempat. Laptop saya ini dalam pemakaian harus terus on charge.


Di kamar kos ini-lah tempat saya meng-ekspresikan diri, sekaligus tempat belajar menciptakan sebuah konten yang ((harus)) kreatif selama ini

Sebenarnya saya merasa kasihan dengan laptop tua saya ini. Tapi ya gimana lagi, saya tidak punya pilihan lain untuk menggunakannya dalam intensitas pemakaian yang sering setiap harinya.

Sementara (entah sampai kapan), menggunakan seadanya laptop yang saya punya. Karena sejujurnya ganti laptop itu salah satu keinginan, asus zenbook atau vivobook. Tipe kedua dari asus ini saya sangat suka dan selalu mengikuti perkembangannya di dunia per-laptop-an. 

Seperti halnya 2 minggu ini saya disibukkan dengan aktifitas cetak-mencetak foto. Dari yang semula adik minta untuk dicetakkan foto kekinian model-model polaroid, kini teman-temannya minta diorderkan juga. Dan itu jumlahnya banyak banget hingga saya hampir lupa untuk membuat tulisan ini. Belum lagi artwork karikatur yang harus diselesaikan.

Order? Chat di whatshapp (082310683006) ya .. *numpang ngelapak

Peluang usaha yang sulit untuk ditolak. Menolak peluang usaha baru ini = menolak rejeki. Meskipun hanya usaha kecil dalam bidang percetakan foto (beserta editing), sticker dan desain karikatur–karikatur lucu untuk kado/hadiah/hiasan dinding.

Dengan demikian setidaknya tingkat kreatifitas yang ada dalam diri saya menjadi semakin terasah. Ya, saya melakukan semuanya atas dasar passion dan sekaligus ingin belajar belajar berwirausaha.

Sejak melihat banner lomba blog, saya berfikir Vivobook Flip TP410 ini sangat berguna untuk saya. Andil besar dalam membantu menciptakan konten blog dalam hal ini ilustrasi dan (mungkin) konten video tapi tidak untuk pemakaian software yang berat.

Sejauh yang saya ketahui memang Vivobook Flip TP410 memiliki spesifikasi yang tidak diperuntukkan untuk videographer atau film maker. Vivobook Flip TP410 memiliki desain yang portabel dan 2in1 sehingga cocok digunakan aktifitas sehari-hari yang tidak begitu berat. 
Oh iya, bagi teman-teman yang beberapa kali mampir diblog ini pasti kerap melihat gambar-gambar ilustrasi yang saya sisipkan diartikel. Memang tak jarang saya membuat ilustrasi khusus untuk tulisan-tulisan diblog ini agar terlihat khas dari yang lain.

Saya hanya ingin membuat sesuatu yang beda dan something new diartikel yang saya posting di blog. Bagi saya, ilustrasi dalam sebuah artikel itu sangat perlu dan penting.

ilustrasi pendukung konten blog yang pernah saya buat dengan proses menggambar manual - scan - digital coloring dibeberapa postingan blog ini

Tidak mengherankan, saya membutuhkan waktu berhari-hari hanya untuk membuat ilustrasi seperti diatas tanpa menggunakan alat bantu gambar elektronik (pen tablet atau tablet).

Bahkan faktanya, porsi waktu yang digunakan untuk membuat ilustrasi lebih banyak dibandingkan waktu untuk mengetik artikel. Proses yang harus saya lalui diantaranya: Menggambar manual - scan - digital coloring. That's way, saya butuh pen tablet atau tablet saat ini.

Begitu juga laptop. Mungkin faktor U (usia pemakaian) laptop yang saya miliki dan juga karena beberapa kali masuk tempat service dalam rentang waktu beberapa bulan ini menjadikan saya ingin menambah resolusi di tahun ini #2018GantiLaptopAsus.

Ketika tablet untuk menggambar dan laptop sama-sama saya butuhkan. Jawabannya tidak lain: Saya butuh laptop seperti Vivobook Flip TP410. Meskipun kurang dari 12 jam dengan peserta lomba yang saya yakin tidak main-main, saya menjadi salah satunya yang juga menginginkan laptop ini.

Vivobook Flip TP410 itu mempunyai spesifikasi dan fitur yang tidak dimiliki laptop saya saat ini. Dan spesifikasi ini bisa dibilang menjadi kelebihan Vivobook Flip TP410. Juga merupakan alasan kenapa selang kurang dari 12 jam mendekati deadline saya berani (baca:nekat) untuk ikutan lomba blog ini. Jelasnya, fitur dan spesifikasi ini bakal membantu aktivitas keseharian saya.


Dibandingkan laptop legend saya, body uhuy begini adalah impian


1. TIPIS DAN RINGAN : Memiliki bobot ringan dan desain yang tipis itu sesungguhnya portabel untuk dimana 'ngider' kemana-mana. Keluar kota untuk menghadiri event per-blogger-an, hangout akhir pekan di tempat-tempat nongkrong, bisa juga travelling.

Bobotnya aja hanya 1,6 kg. Dengan layar 14 inci dan ketebalan 1.92 cm (wih tipis) tidak akan memenuhi isi rangsel aku. Bodinya mendukung banget untuk kegiatan mobile seperti saya. Bentuk chargernya juga mini.


Di sekolah minggu, saya mengajari apa saja yang menurut saya bermanfaat untuk mereka, semoga bermanfaat ya adik-adik :)

Oh iya, spesifikasi laptop tipis dan ringan ini saya butuhkan ketika saya mengajar adik-adik di sekolah minggu. Dengan laptop yang lebih ringkas, saya bisa membawanya setiap hari minggu untuk mengajari mereka banyak hal melalui laptop Asus Vivobook Flip TP410. 

Sedangkan (harapan) untuk waktu tertentu kedua laptop ini, Asus A43SD dan Vivobook Flip TP410 bisa saya gunakan untuk sebagai media praktek langsung dari materi yang saya berikan. Jadi ya, tidak perlu menunggu dan bergerombol (seperti foto diatas) ketika praktek menggunakan laptop.

Laptopnya bisa ditekuk-tekuk lagi. Jadi kalau anak-anak rebahan, gulung-gulung atau selonjoran pun laptop bisa disesuaikan. Yaah ... namanya juga anak-anak. Ada saja yang dilakukan ketika diajari materi.



Saya kok ragu dengan laptop yang punya engsel bisa yang ditekuk-tekuk. Fyi, hal inipun sudah teruji loh. Untuk memastikan daya tahan maksimal, dengan bahan engsel 360 ° dari logam presisi VivoBook Flip 14 ini telah melalui tes terbuka dan diulangi sebanyak 20.000.

Jadi, VivoBook Flip 14 akan siap untuk mode apa pun, kapan saja selama bertahun-tahun pemakaian (seperti asus legend yang pernah dipakai kebanyakan banyak orang).

 2. NANO EDGE DISPLAY : Mengusung layar LCD Bezeless (bingkai layar yang tipis). Sama halnya smartphone jaman now yang memiliki layar membentang luas tetapi bingkai tepian layar tipis yang diincar banyak user, laptop juga sepertinya demikian. Ada yang suka hobi nonton film? Tidak dipungkiri ya, dari menonton film biasanya kita menemukan ide untuk suatu hal ... 


Bagian scene yang dicut pada film dilan 1990 gais, Hehe.

Bagi yang suka nonton film/video di laptop, ini cocok banget. Laptop jaman now lebih menarik jika memiliki frame/bingkai yang tipis. Vivobook Flip TP410 memiliki layar 14 inci tapi terlihat lebih luas dibagian layarnya.

Ya, desain bezel yang tipis mampu membuat layar terlihat lapang dengan resolusi Full HD (1920 x 1080) piksel. Urusan multimedia, menonton film atau video di laptop menjadi memuaskan. Masuuukkk pak ekooo!

Audio dipercayakan oleh teknologi SonicMaster sehingga menghasilkan suara yang luar biasa. Teknologi ASUS SonicMaster ini dikembangkan oleh tim ASUS Golden Ear dan ICEpower® berhasil menghadirkan audio paling bagus didengar saat menonton video/memainkan musik di laptop.

 3. FINGER PRINT SENSOR : Sistem keamanan lapto ganda. Tidaknya password yang bisa kita gunakan, Vivobook Flip TP410 dibekali dengan fitur flangship (biasanya untuk laptop kelas atas) bernama Windows Hello.


Pengguna laptop ini bisa sign ini ke Windows 10 (Operating systemnya) hanya dengan finger print (sentuhan jari).

Seperti laptos asus series lainnya, ASUS Vivobook Flip TP410 ini juga hadir dengan dukungan port yang lengkap antara lain, card reader, micro HDMI, dan tiga buah USB 3.0. Dengan adanya dukungan port lengkap ini tentu membuat kita jadi lebih praktis untuk memindahkan data.
 4. TRANSFORMASI 4 MODE : Nah, ini dia ujung tombaknya. ASUS Vivobook Flip TP410 ini bisa digunakan untuk posisi yang ng-enak-in pengguna. Laptop dengan berbagai keperluan dan transformasinya juga bisa disesuaikan.

Laptop Asus Vivobook Flip TP410 ini dapat bertransformasi ke dalam empat bentuk yaitu media stand, powerful laptop, responsive tablet dan share viewer.

Mode-mode yang tersedia ini bisa menyesuaikan ketika digunakan untuk bekerja, menjalankan bisnis, multimedia, presentasi dan hal-hal keseharian yang membutuhkan mobilitas yang tinggi. Nah, apalagi mengetik di ruang yang kurang cahaya juga lebih nyaman karena keyboard dibekali backlit. (lampu menyala pada keyboard). 
Last, Asus Vivobook Flip TP410 ini memiliki 3 tipe yang bisa dipilih dengn masing-masing banderol harga sebagai berikut: TP410UA Rp 6.899.000-Rp 9.099.000 (3 jenis), TP410UR Rp 6.899.000-Rp 13.599.000 (4 jenis), TP410UF Rp 14.599.000 (1 jenis). Overall spesfikasinya sama, yang membuat beda harga yaitu HDD dan jenis processor yang digunakan. 

Dengan memiliki Asus Vivobook Flip TP410, saya sekaligus menemukan dua fungsi laptop yang saat ini sedang saya butuhkan. Asus Vivobook Flip TP410 ini bisa saya gunakan sebagai laptop pengganti laptop Asus A43SD yang sulit diajak kompromi akhir-akhir ini.

In my mind: Kalau saya punya tablet a.k.a vivobook flip TP410, semakin memudahkan saya membuat ilustrasi-ilustrasi untuk konten, konten kreatif blog salah satunya

Oh iya, pikir saya laptop Vivobook Flip TP410 ini tidak disertai pen dalam paket penjualannya. Tapi, ternyata udah include dan saya tidak perlu beli lagi stylush pen gitu deh ((asyik)).

ASUS Pen ini dapat mendeteksi variasi tekanan menit - dari 10g sampai 300g. Melampaui standar akurasi industri, yang memungkinkan menahannya pada sudut hingga 45°, sama seperti pena biasa. Gambarnya jadi bisa luwes seperti di kertas. Saya suka.. saya suka ...

Fungsi laptop sebagai tablet juga saya butuhkan untuk menggambar digital ilustrasi di blog saya ini. Sehingga dengan demikian, proses pembuatan ilustrasi di blogku ini semakin cepat.

Semoga yang disemogakan ini terpenuhi di tahun yang baik ini. #2018GantiLaptopAsus #AsusLaptopku

ASUS Laptopku Blogging Competition by uniekkaswarganti.com
Related Posts

Related Posts

40 komentar

  1. Saya juga pakai ASUS a43s, awet memang. Tapi sayangnya beratnya dua kilo lebih. Semoga kita sama-sama dikasih rejeki supaya #2018gantilaptopASUS :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Go for it kak :D #2018gantilaptopASUS

      Hapus
  2. Aduuh ini laptop emang bikin mupeng semua blogger sih. Kereen mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan itu banyak banget mas, lah ini kan portabel buat dibawa kemana-mana

      Hapus
  3. Aduh di awal ada namaku, smg banyak yg add aku wkwkkw btw namaku Joe Candra wak, without "H" hahaha. piye manteb tho laptopnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, sorry mbak. Aku betulin deh habis ini... hehe

      Hapus
  4. Mantab banget nih kontennya, memang sih nih laptop powerfull banget dahh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling suka bisa untuk pekerjaan mobile mas ..

      Hapus
  5. Wah itu mah sudah saatnya ganti laptop Gus, moga kita sama sama beruntung Gus

    BalasHapus
  6. Semoga cita citanya terkabul ya mas, 2018 ganti laptop ASUS, insyAllah, aamiinn ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbk Sri :) Semoga demikian juga dengan cita-cita mbk sri ..

      Hapus
  7. Wah, jago banget laptop ASUS-nya masih kuat dipake udah babak belur gtu. Btw suka ih baca reviewnya, keren pake ilustrasi segala, lucu bgt mas, kekeke

    Laptop ASUS VivoBooknya keren mas, klo punya ini ilustrasinya bisa naik level nih pake touch screen + ASUS pen-nya, bisa langsung gambar di laptop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiks* maunya sih begitu, semoga terlaksana :)

      Hapus
  8. Laptop saya umurnya udah 7 tahun huhu lihat varian laptop asus jadi ngiler 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asus banyak pilihan dan selalu update mbak...
      Jangan lupa teliti sebelum membeli. Dan belilah sesuai dengan kebutuhan (spesifikasi) :)

      Hapus
  9. Duh jadi bimbang antara Asus atau H.. hehe kebetulan suami aku lagi cari laptop mba.. laptop lamanya sudah 7 tahunan deh dan lagi cari
    penggantinya yang cucok

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah legend banget laptopnya..hehe..

      Hapus
  10. Wuiih...emang keren ya laptopnya. Wajib punya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ((tulisan ini adalah bagian dari usaha mas)) hehe

      Hapus
  11. Terima kasih sudah berpartisipasi dalam ASUS Laptopku Blogging Competition. Good luck.

    BalasHapus
  12. Semoga tercapai ya mas punya lap top yang di dambakan, aku juga naksir nih sama laptop asus ini hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mbak, pengen banget ini. Hehe.

      Hapus
  13. Balasan
    1. luka tak berdarah ya mas....

      Hapus
    2. *Hiks, font blog aku baru looh :D Say something dong ...

      Hapus
  14. Laptop AXUS-nya keren nih.. Memiliki fitur2 menariik..

    BalasHapus
  15. Kalau dibandingkan punyaku yf oldiest itu ya jelas banyak ketinggalannya. Hehe #2018GantiLaptopAsus

    BalasHapus
  16. wahh mantab juga ini laptop ya kak.. pengen jadinya punya laptop seperti ini yang bisa multi fungsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantabbb...! enak buat ngapain aja. hehe..

      Hapus
  17. Emang kece bener yah mas, patop asus vivobook flip tp410 nya yahh
    Aku masih ileng bengi2 sebelum aku berangkat ke boyolali nggupuh2i smean pas minta tolong editin file yg mau kupake esoknya kwkwkkwkw
    Smoga lekas bisa ganti dengan yg baru yah mas laptop asus nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk,aku inget. Hehe.
      Pas kumpul di mb prita trus aku balik lagi ngambil charger karena laptop gabisa hidup tanpa charger. Tahun lalu bukan? Hehe

      Amin. Semoga terkabul. Dan semoga semakin banyak yg bisa dibantu ��

      Hapus
    2. Pas baca2 lah kok ada namaku disebut, ,dadi terpanggil aku, wkwkwk.

      Mantap Ga, desainmu fresh dan kekinian, ngefans aku. Semoga ASUSnya bener2 ganti ASUS baru, yippiiee!

      Hapus
  18. Laptop sekarang bagus-bagus yes,,udah tipis terus dapur pacunya juga oke punya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia mbaaa, bingung milih yang mana. hehe. Tinggal sesuain budget dan kebutuhan deh mba ...

      Hapus
  19. uwaaaa aku juga pengen yang vivobook flip
    adekku punya yang flip, terus aku pengen juga yang flip, huhuuu

    kan enak tuh, bisa dibuat tentengan atau bahan pamer.
    hahahaa

    semoga dapet mas sugaaaaaaaaaaaa 💕

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan pamer ah, ((tampil beda)) dari yang lain wkwk. Sama aja ya? :D

      Hapus
  20. Gimana ceritanya ngeblog di dalam cangkang telor, eta terangkanlah..

    Mas Agus ikut main film Dilan juga kah? Kok itu nongol seh

    BalasHapus
  21. ngedit foto dilan iku lho mas... mbatin aku :v :v mosok iso apik kyok ngunu

    BalasHapus