Ini Dia 6 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mata

1 comment

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam menjaga kesehatan mata untuk menghindari katarak hingga resiko kebutaan dengan tips-tips berikut ini. Hal ini sangat memerlukan perhatian yang serius karena peranan mata yang sanga vital untuk kita.

Mata merupakan salah satu organ penglihatan penting bagi manusia. Melalui mata, kita bisa melihat apapun yang ada di dunia ini. Bayangkan jika mata kita mengalami gangguan hingga menyebabkan kebutaan, mungkin kita tidak akan menikmati indahnya dunia. Dengan begitu, menjaga kesehatan mata wajib dilakukan oleh setiap orang.

Eits, tenang saja, nggak harus khawatir dengan biaya untuk menjaga kesehatan mata. Ada banyak cara yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan kocek besar untuk menjaga kesehatan mata.

Anda bisa melakukan cara-cara yang bisa dilakukan setiap harinya untuk menjaga kesehatan mata. Yuk simak beberapa tips sederhananya seperti berikut ini:

Perbanyak konsumsi makanan bergizi
Mengonsumsi makanan bergizi sangat baik bagi perkembangan tubuh. Tak terkecuali bagi kesehatan mata. Ada beberapa jenis makanan tertentu yang menyumbang cukup besar terhadap kesehatan mata seperti sayuran dan buah-buahan.

Makanan yang baik untuk mata diantaranya harus mengandung vitamin A,C dan E serta mengandung mineral yang membantu meningkatkan kesehatan mata.

Beberapa jenis makanan bergizi yang baik untuk mata antara lain wortel, kubis, brokoli, bayam, jagung, jeruk, kentang, daging, biji-bijian hingga kacang-kacangan.

Jangan terlalu lama menatap layar komputer
Mungkin cukup sulit menghindari kebiasaan menatap layar komputer atau smartphone di era banjir gadget seperti sekarang ini. Seperti kita tahu, gadget saat ini layaknya kebutuhan sehari-hari yang nggak bisa dipisahkan.

Padahal, ada dampak negatif yang cukup serius jika kita terlalu lama memandang layar gadget, yakni terganggunya kesehatan mata. Gejalanya bisa berupa pandangan kabur, nggak fokus melihat, hingga sakit kepala.

Nah, mulai saat ini biasakan yuk untuk mengurangi kebiasaan menatap layar di gadget terlalu lama. Paling tidak, jika Anda merupakan karyawan yang setiap harinya harus menatap layar komputer atau gadget, Anda bisa mengalihkan pandangan ke objek lain dalam beberapa detik. Atau sering-seringlah istirahat minimal 15 menit tiap dua jam.

Gunakan tabir surya dan kacamata hitam 
Salah satu area paling sensitif dan rentan radiasi ultraviolet di sekitar wajah adalah kulit mata. Jika terkena sinar matahari yang berlebihan, maka risiko gangguan terhadap mata mudah terjadi.

Oleh karena itu, ketika Anda bepergian, disarankan untuk menggunakan tabir surya untuk dioleskan di bagian kulit mata luar sebagai bahan perlindungan. Selain itu, gunakan juga kacamata hitam yang juga mampu mata dari sinar matahari yang berlebihan.

Hindari kebiasaan merokok
Mungkin masih sedikit ada yang tahu bahwa kebiasaan merokok dapat mengganggu kesehatan mata baik secara langsung ataupun tidak. Nyatanya, kebiasaan merokok mampu memicu risiko penyakit katarak, merusak retina, saraf bahkan kebutaan.

Selain itu, kebiasaan merokok wanita yang sedang hamil juga sangat berisiko gangguan terhadap janin. Tak sedikit bayi yang lahir dalam keadaan juling dan saraf penglihatannya terganggu disebabkan karena kebiasaan merokok saat hamil.

Dengan begitu, sebaiknya mulailah menghindari kebiasaan merokok jika Anda tetap ingin menjaga kesehatan mata. Ingat asap rokok dipercaya tidak baik untuk kesehatan tubuh dan juga mata.

Sediakan obat tetes mata
Gangguan mata bisa terjadi kapan saja. Hal yang sering dialami misalnya kelilipan debu atau mata merah terkena angin. Di saat seperti ini maka pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah dengan meneteskan obat mata untuk mengobatinya. Kemudian jangan lupa bilas dengan air bersih hingga mata kembali normal seperti semula.

Rutin periksa mata
Inilah tips paling penting untuk menjaga kesehatan mata yakni dengan memeriksa mata secara rutin. Sebagian ahli menganjurkan pemeriksaan mata ke dokter bisa dilakukan dalam minimal dua tahun sekali untuk dewasa dan setahun sekali untuk anak-anak. Ini dilakukan guna mendeteksi apa saja masalah yang terjadi pada mata kita.

Rutin memeriksa bermanfaat untuk mendeteksi berbagai gejala gangguan kesehatan mata sekaligus mencegah penyakit mata yang biasa terjadi seperti katarak, glaukoma, degenerasi makula hingga kebutaan.

Salah satu klinik mata yang paling recommended di Indonesia adalah KMN EyeCare. Di klinik ini Anda bisa mendapatkan layanan yang berkaitan dengan mata termasuk retina. Selain itu, ada juga layanan lain seperti LASIK, oftalmologi pediatrik, retinopati, pada bayi prematur, gangguan mata kering hingga okuloplasti dan bedah estetika mata.

KM EyeCare termasuk salah satu klinik mata terbaik yang didirikan oleh dokter retina terbaik di Indonesia yakni Dr. Sjakon G. Tjahaja, SpM. Klinik ini tersebar luas di kawasan Pantai Indah Kapuk, Kebon Jeruk, Kemayoran, Jakarta Selatan hingga Semarang, Jawa Tengah.

Soal dokter, nggak usah diragukan lagi. Para dokter mata di KMN EyeCare didukung oleh para profesional yang punya komitmen untuk memberikan yang terbaik kepada pasien. Karena sejak awal didirikan, KMN EyeCare memiliki niatan menjadi salah satu pelayanan kesehatan berstandar internasional dengan memberikan pelayanan prima dan profesional.

Nah, itulah beberapa tips sederhana yang diyakini ampuh untuk meningkatkan kesehatan mata. Sudahkan Anda menjaga kesehatan mata hari ini?



1 comment:

  1. bener, harus rajin makan makanan yang bergizi. Tapi kalau urusan didepan komputer, apa daya berlama-lama karena tuntutan profesi >.<

    ReplyDelete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D