Bagaimana Cara Klaim Asuransi Kesehatan Yang Benar?

Leave a Comment
Manfaat dari asuransi kesehatan akan dirasakan ketika sakit menyerang, dimana Anda tak perlu mengeluarkan dana sepeserpun karena sudah ditanggung oleh asuransi. Masalah yang sering timbul adalah saat melakukan klaim, yang berimbas pada anggaran personal yang harus dikeluarkan dahulu untuk biaya sakit. Bagaimana cara klaim yang benar agar tidak menyulitkan saat butuh biaya? 

  Klaim Rawat Jalan dan Rawat Inap Dengan Cara Ini   

Secara garis besar ada dua jenis klaim yang bisa dilakukan untuk mendapatkan dana dari asuransi untuk kesehatan. Yaitu klaim rawat jalan dank lain rawat inap, secara garis besar dokumen yang dibutuhkan sama, hanya saja prosedur dan kapan bisa cairlah yang membedakannya. 


Klaim Rawat Jalan 
Untuk menerima pembayaran klaim rawat jalan pada rumah sakit atau klinik yang bekerjasama dengan asuransi Anda, prosesnya terbilang mudah, karena Anda cukup membawa kartu asuransi untuk diperlihatkan pada pihak rumah sakit, selebihnya semua fasilitas akan Anda dapatkan secara gratis sesuai range pengobatan yang disepakati saat menandatangani polis asuransi. 

Tapi jika Anda berobat pada rumah sakit yang tidak termasuk dalam daftar provider perusahaan asuransi maka pencairan klaim baru bisa setelah selesai berobat, sehingga Anda harus bayar terlebih dahulu dan menyerahkan dokumen seperti polis, resep dokter asli, jenis tindakan yang diberikan, hingga semua kwitansi pengobatan agar uang yang sudah Anda keluarkan bisa dibayar oleh pihak asuransi. 

Klaim Rawat Inap 
Untuk klaim rawat inap disarankan Anda menghubungi pihak asuransi terlebih dahulu sebelum memutuskan menginap di salah satu rumah sakit. Jangan lupa untuk membawa semua berkas asuransi untuk mendukung proses administrasi. 

Hal ini sama dengan prosedur dalam berinvestasi reksa dana melalui perusahaan yang menyediakan layanan produk tersebut seperti https://id.tanamduit.com/reksa-dana dimana nasabah akan dipandu mulai awal memilih kamar rawatan hingga proses keluar dari rumah sakit, sehingga Anda bisa nyaman kembali ke rumah.

Akan sangat menyenangkan jika bisa mengajukan klaim asuransi khususnya kesehatan dengan tepat, sehingga Anda bisa merasakan manfaat yang sangat maksimal dari asuransi tersebut. Cobalah menerapkan langkah di atas dijamin masalah anggaran kesehatan Anda akan teratasi.

0 komentar:

Post a Comment

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)