Kenali Tipe Menstruasi yang Tidak Lancar

Leave a Comment
Menstruasi biasanya memiliki siklus antara 28 – 35 hari. Untuk kondisi dimana menstruasi tidak lancar akan dialami oleh Anda yang memiliki siklus kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Haid dapat dikatakan tidak lancar jika lamanya menstruasi selalu berubah-ubah setiap bulannya dengan volume darah yang bisa berubah lebih banyak atau justru lebih sedikit.



Biasanya menstruasi ini terjadi pada tahun pertama ketika Anda memasuki masa pubertas. Pada masa ini penting sekali untuk mengetahui segala hal tentang haid. Bukan hanya siklus dan proses terjadinya namun pengetahuan tentang cara pemakaian protex yang benar juga sangat dibutuhkan. Pemakaian pembalut yang salah dapat mengakibatkan darah tidak tertampung dengan benar dan bisa menyebabkan munculnya bakteri.

Tipe Menstruasi yang Tidak Lancar
Ketidakseimbangan hormon karena stress, obesitas, menopause, atau karena penyakit lainnya adalah beberapa hal yang mengakibatkan haid menjadi tidak lancar. Secara medis, haid yang tidak lancar ini terbagi menjadi beberapa tipe berdasarkan pada gejala yang Anda alami. Berikut adalah tipe-tipe menstruasi yang tidak lancar:

· Tipe Polymerorrhe, yaitu suatu kondisi menstruasi yang tidak lancar dimana siklus haid yang Anda miliki berlangsung kurang dari 21 hari. Idealnya siklus yang terpendek dari haid yang normal adalah 25 hari.
· Tipe Oligomenorrhea, yaitu kondisi menstruasi yang tidak lancar dimana siklus haid menjadi lebih panjang dari siklus normal. Pada penderita tipe ini akan mengalami haid yang berlangsung selama lebih dari 35 hari namun tidak lebih dari 90 hari.
· Tipe Amenorrhea, yaitu suatu kondisi dimana Anda akan mengalami menstruasi selama 3 bulan berturut-turut tanpa jeda.
· Tipe Metrorrhagia, yaitu suatu perdarahan menstruasi dimana volume darah yang keluar lebih banyak dari biasanya. Menstruasi tipe ini juga terjadi lebih panjang dibandingan dengan siklus normal.

Haid yang tidak lancar atau tidak teratur akan mempengaruhi tubuh Anda. Rasa tidak nyaman dan juga suasana hati yang mudah berubah mood kadang kala bisa mengganggu pekerjaan dan kegiatan Anda sehari-hari. Selalu jaga kesehatan dan kondisi tubuh agar hormon dalam tubuh juga seimbang. Dengan cara ini maka siklus haid Anda akan selalu lancar dan teratur sesuai dengan siklusnya.

0 komentar:

Post a Comment

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)