RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

3 Alasan Untuk Wajib Memiliki Tabungan Pensiun Sedini Mungkin

Perencanaan keuangan baik adalah tombak kehidupan yang nyaman dimasa mendatang. Oleh karena itu perencanaan finansial bisa dilakukan oleh siapa saja sedini mungkin. Semakin dini, semakin matang, maka akan menjadi semakin baik. Sudahkah anda merencanakan tabungan pendidikan anak? Untuk Anda yang mungkin saat ini berada dalam rentang usia 20-an tahun, tabungan jenis ini harus dipikirkan juga. Bahkan ketika anda berada pada rentang usia ini, anda perlu merencanakan juga tabungan pensiun. 



Apakah Anda sudah mengenal macam-macam investasi yang bisa Anda manfaatkan sebagai bagian dari perencanaan keunganan? Ya, belakangan ini investasi adalah sebuah ladang yang mulai dilirik oleh banyak orang. Perlahan mereka mengenal jenis-jenis investasi dan manfaatkan yang bisa mereka dapatkan dalam jangka pendek maupun panjang. Sebagai langkah mempersiapkan kehidupan yang nyaman untuk beberapa tahun kedepan bahkan ketika masa tua itu datang. Kali ini bukan saham, namun tentang investasi yang tidak kalah penting untuk direncanakan yaitu dana pensiun atau tabungan pensiun.

Sama halnya dengan perencanaan keuangan yang Anda lakukan, Anda haru mengetahui dengan jelas untuk apa dan sejauh mana investasi yang Anda lakukan bisa bermanfaat dan Anda butuhkan. Tabungan pensiun adalah tabungan yang Anda persiapkan untuk masa tua Anda, ketika pensiun. Bahkan ketika Anda saat ini berada pada usia produktif/millenial Anda sangat baik untuk memulainya sekarang untuk tabungan pensiun ini. Tidak ada kata terlalu dini untuk sebuah tabungan pensiun, semakin dini semakin baik. Hal ini juga sebagai langkah yang tepat agar Anda dapat mengelola pendapatan Anda diusia muda. Menyadari juga bahwa pendapatan atau gaji yang Anda terima setiap bulan akan begitu saja sirna untuk kebutuhan konsumtif jika tidak dikelola dengan baik.

Nantinya, tabungan pensiun yang Anda rencanakan mulai usia muda akan menjadi penolong diusia tua. Ketika Anda memasuki usia non produktif dan tidak lagi bekerja, tabungan pensiun ini bisa Anda gunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Bukankah tabungan pensiun ini sudah menggambarkan kehidupan yang tenang untuk masa tua? Ya, inilah yang akan Anda rasakan ketika Anda memiliki tabungan pensiun. Selain itu, tabungan pensiun memiliki manfaat yang dapat mengcover kehidupan Anda di hari tua, diantaranya:

1. Mandiri, Tidak Menyusahkan Anak
Meskipun anak memiliki tanggungjawab kepada orangtuanya kelak, namun Anda sebagai orangtua yang menikmati pensiun akan merasa lebih tenang jika memiliki tabungan pensiun. Tabungan pensiun bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebuhan sehari-hari. Anda juga tidak begitu tergantung dengan pemberian anak-anak Anda soal finansial. Mengingat juga semakin dewasa, anak-anak Anda memiliki kebutuhan yang semakin banyak. Selain memiliki tanggungjawab kepada orangtua, anak Anda pastinya memiliki tanggungjawab untuk memenuhi kebutuhan keluarga inti mereka sendiri. Sebagai orangtua yang bijak, tentu tidak ingin anak-anak Anda memiliki banyak beban bukan?

2. Persiapan Dana Tidak Terduga
Kala badan tidak se-prima usia produktif, usia tua memiliki banyak sekali tantangan-tantangan kesehatan (pada umumnya). Badan cepat lelah untuk beraktifitas, juga keluhan-keluhan kesehatan mulai dirasakan. Disisi lain biaya kesehatan seiring waktu terus mengalamai kenaikan (tidak murah). Tanpa menjadikan beban yang berarti terkait finansial, Anda bisa melakukan penanganan kesehatan secepat mungkin. Mulai dari penanganan kesehatan ringan cek kesehatan rutin, membeli obat-obat tertentu hingga penanganan kesehatan yang lebih serius dengan adanay tabungan pensiun yang sudah Anda miliki. Anda bisa berobat mandiri, menggunakan dana pensiun yang Anda miliki.

3. Menghabiskan Waktu Usia Tua Menyenangkan Bersama Keluarga
Jika kebutuhan pokok mudah terpenuhi, Anda juga bisa dengan nyaman untuk menghabiskan waktu usia tua menyenangkan bersama keluarga. Bersama anak-anak Anda serta cucu Anda. Kebahagiaan ini dapat tercipta dengan Anda yang memiliki “quality time” melakukan kegiatyan bersama-sama yang menyenangkan. Makan-makan bersama, travelling bersama keluarga, dan mewujudkan impian-impian Anda lainnya yang belum terwujud diusia muda yaitu dengan tabungan pensiun yang Anda rencanakan sedari muda.

Sudah terbayangkan kehidupan yang aman dan menyenangkan di usia tua bukan? Oleh karena itu, rencanakan tabungan pensiun sekarang juga. Tabungan pensiun dapat Anda persiapkan dengan menabung uang ataupun berinvestasi tentunya. Bahkan dari tabungan pensiun juga memungkinkan anda untuk mempergunakannya sebagai penunjang biaya pendidikan cucu-cucu anda (jika dibutuhkan). baik tabungan maupun investasi penting dimiliki. Hal ini sangat penting adanya mengingat inflasi akan terus terjadi. Sudahkan Anda menabung atau berinvestasi untuk mempersiapkan keuangan dimasa tua Anda?
Related Posts

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email