RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

5 Spesifikasi Unggulan ASUS Zenfone 9 Dari Mata Pecinta Konten Visual

Tidak dipungkiri mengelola file foto dan video dismartphone yang saya miliki menjadi "PR" banget. Saking banyaknya file dan tidak didukung dengan manajemen file yang baik, seringkali memori penyimpanan terasa cepat sekali penuh. Dan akhirnya saya tentu harus melakukan manajemen waktu yang baik soal pengelolaan file-file yang ada pada ponsel saya ini.  

Hingga pada akhirnya saya menemukan sebuah tujuan. Bahwa foto dan video kini tidak hanya untuk memenuhi galeri, bukan pula sebatas untuk story update di sosial media semata. Dari konten mentah yang ada di galeri smartphone yang notabene cepat sekali menumpuk menjadi jalan saya menemukan apa yang disebut gooogle local guide dan dunia microstock. Dimana foto atau video bisa dikonversi menjadi dollar.

Dari awalnya foto-foto digaleri hanya saya gunakan sebagai aset untuk kebutuhan sosial media dan konten blog saja. Sembari sedikit-sedikit mengaplikasikan pengetahuan yang terus saya pelajari dalam hal editing foto dan video melalui smartphone. Dari sinilah saya mulai merasa perlu mengupgrade perangkat yang saya gunakan untuk mengambil foto maupun merekam video. Hingga saya merasa bahwa Zenfone 9 yang baru-baru dilaunching ASUS beberapa waktu lalu merupakan tipe smartphone idaman yang saya butuhkan. Lalu apa saja yang menarik dari Zenfone 9? Inilah 5 Spesifikasi Unggulan ASUS Zenfone 9 Dari Mata Pecinta Konten Visual.

1. Kamera Professional
Asus Zenfone 9 memiliki kamera utama dengan resolusi 50MP (sensor flagship dari SONY IMX766 dengan aperture sampai F1.9). Dengan kamera ini mampu merekam video 8K (24fps). Istimewanya bagi para penggemar editing video, kamera Zenfone 9n Teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization membuat kamera utama Zenfone 9 mampu merekam video dengan tingkat stabilitas yang jauh lebih tinggi. Hasilnya, video yang dihasilkan saat merekam memiliki kualitas yang stabil. Dapat mengimbangi guncangan yang terjadi saat merekam video dengan menggunakan satu tangan sekalipun. Semakin istimewa dalam hal kamera dengan adanya system electronic image stabilization (EIS) sehingga menghasilkan video super smooth dan bebas goyangan.

Layaknya smartphone masa kini yang memiliki lebih dari satu kamera, Zenfone 9 memiliki keistimewaan pada kamera kedua dibagian belakang. Sebut saja kamera dengan lensa ultra-wide beresolusi 12MP dengan sensor SONY IMX363 (aperture sampai F2.2). Dari kamera kedua ini, Zenfone 9 mampu merekam video 4K pada kecepatan 60fps. Teknologi EISnya juga dapat pengoreksi distorsi yang real-time, serta merekam gambar makro dengan fokus hingga jarak 4cm.

Tidak berhenti memperkenalkan dua kamera dibagian belakang, Zenfone 9 memboyong teknologi terkini pada bagian depan. Kamera depan menggunakan sensor SONY IMX663 dengan aperture sampai F2.45. Kamera depan ini mampu merekam video hingga 4K dengan kecepatan 30fps. Atau jika menginginkan video dengan frame rate 60fps (FHD) dengan menggunakan kamera depanpun bisa dilakukan. Kualitasnyapun bisa diandalkan karena juga disertai dengan teknologi EIS.

2. Performa Optimal
Tidak mustahil sebuah ponsel mungil tapi memiliki performa optimal. Salah satunya karena dibuktikan oleh hadirnya Zenfone 9 ini. Bodinya yang mungil dan ergonomis, ASUS membenamkan fitur-fitur yang powerful. Fitur yang paling mencuri perhatian bagi saya, jujur saja adalah teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization yang dibenamkan pada kamera utamanya ini.


Lalu apa yang membuat performa optimal pada ponsel mungil Zenfone 9? Performa yang ‘galak’ dihasilkan berkat prosesor flagship terbaru Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang lebih powerful. Dalam angka CPU clock speed sampai 3.2 GHz, menghasilkan performa CPU dan GPU 10% lebih tinggi, sebaliknyaa efisiensi CPU bisa mencapai 30% dibandingkan chip sebelumnya. RAM LPDDR5 hingga 16 GB dan ROM storage UFS 3.1 sampai 256 GB untuk menghadirkan kinerja yang mulus dan responsif, untuk tugas apa pun.

Seringkali, transfer file antar perangkat begitu mengkhawatirkan soal kecepatan. Dibuat terlalu lama menunggu hingga kadang tiba-tiba koneksi terputus .Saya menjadi salah satu orang yang membutuhkan ponsel yang memiliki konektivitas cepat. Beruntungnya pengguna Zenfone 9 karena soal konektivitas, Zenfone 9 punya Wi-Fi paling ngebut Wi-Fi 6E, bisa menghasilkan konektivitas yang lebih stabil, lebih cepat, bahkan pada kondisi crowded sekalipun.


Apa yang terjadi saat ponsel terkoneksi dengan jaringan wifi atau internet kecepatan kencang? Pastinya betah berlama-lama melakukan banyak aktivitas didepan ponsel. Bahkan semakin canggih dan lengkap fitur sebuah ponsel maka semakin cenderung betah untuk melakukan banyak hal, tidak hanya browsing dan bermain sosial media saja. Baterai berkapasitas 4300mAh pada zenfone 9 bisa digunakan seharian lebih kali ya jika dibadingkan dengan ponsel yang saya punya saat ini (?). Cepat dalam proses charging, lama dalam durasi pemakaian itulah deskripsi Zenfone 9 dalam hal performa baterai. Ya, zenfone 9 menggunakan adaptor HyperCharger 30W yang mendukung untuk pengisian daya ulang yang lebih cepat.

3. Layar Manjakan Mata
Performa ponsel powerfull tidak terlepas dari kebutuhan visual terbaik yang dihasilkan layer ponsel. Zenfone 9 sudah menggunakan layar AMOLED yang mendukung refresh rate hingga 120Hz. Bahkan bisa secara otomatis bisa berpindah ke/dari 60, 90, dan 120Hz yang bisa menyesuaikan dan tergantung pada aplikasi atau konten yang sedang ditampilkan (waktu respon 1ms). User experience yang lebih cepat dan smooth saat mengakses berbagai aplikasi dan konten di ponsel yang memiliki layer 5,9 inci ini.


Zenfone 9 mendukung segala aktivitas baik dalam maupun luar ruangan. Tingkat brightness sampai 800 nits (100% APL) dan peak maximum brightness 1100 nits. Meskipun berada di luar ruangan, akan memberikan pengalaman menikmati konten dengan tampilan terbaiknya. Layar cepat, jernih, dan kaya akan warna.

Perlu diketahui juga bahwasannya Zenfone 9 sudah termasuk ke jajaran ponsel paling durable di jajaran produk yang dimiliki oleh ASUS. Dari layarnya yang sudah diproteksi Corning Gorilla Glass Victus, tapi Zenfone 9 juga sudah tersertifikasi IP68 yang artinya sudah anti air dan debu.

4.Kualitas Audio Impresif
Kualitas audio yang impresif ini berasal dari dua speaker linier yang disupport oleh smart amps dari Qualcomm AqsticTM. Masih sama dengan pada umumnya ponsel yaitu menggunakan jack audio 3.5mm, namun yang paling terdepan ditunjukkan oleh Zenfone 9 yaitu menggunakan Qualcomm Aqstic DAC terbaru.


5. Warna mewah dengan dukungan smart connex asesories
ASUS menghadirkan empat warna baru yang menarik untuk unit Zenfone 9. Moonlight White, Sunset Red, Starry Blue, Midnight Black. Untuk warna Starry Blue kali ini benar-benar mencuri hati pada series zenfone keluaran terbaru dari Zenfone 9 kali ini.


Warna mewah membungkus ponsel berukuran compact, Zenfone 9 didukung dengan smart connex asesories. Hal ini menjadikan Zenfone 9 sebagai smartphone pertama yang dilengkapi dengan Connex asesories yang memberi kesan unik dan memiliki beragam fungsi. Misalnya, Connex Smart Stand untuk menyangga smartphone. Saat penyangga dibuka, otomatis kita bisa mengakses aplikasi atau game seperti yang dipilih. Ada juga, Connex Card Holder yang berfungsi untuk menyimpan kartu nama yang pengguna miliki.

Kesimpulan:
ASUS Zenfone 9 hadir merupakan sebuah ponsel ringkas atau kompak terbaru dari ASUS yang layak dimiliki. Apalagi jika menyukai fotografi/videografi. Tidak hanya itu, bgai penikmat konten multimedia, spesifikasi yang diboyong oleh Zenfone 9 ini sangat memanjakan penggunanya. Apalagi jika anda memiliki mobilitas tinggi. Bentuknya yang ringkas namun tetap mengedepankan performa tinggi. Inilah sebenarnya konsep yang sedang ingin diperkenalkan Zenfone 9 dipasaran bahwasannya konsep ponselringkas yang dihadirkan memudahkan pengguna ketika membawanya. Ponsel ini tidak akan mengganggu penampilan ataupun merepotkan dengan harus membawa kantong tambahan, bisa masuk kantong aja.Sangat menarik bukan?


Harga dan Ketersediaan
Secara resmi Zenfone 9 hadir di Indonesia dengan varian dengan tiga varian kapasitas penyimpanan dan empat varian warna. Zenfone 9 dengan kapasitas penyimpanan 6GB/128GB bisa didapatkan dengan harga Rp7.999.000 dalam empat warna pilihan; Midnight Black, Moonlight White, Sunset Red, dan Starry Blue. Sedangkan, Zenfone 9 dengan kapasitas penyimpanan 8GB/256GB bisa didapatkan dengan harga Rp9.999.000 (dua pilihan warna; Midnight Black dan Moonlight White). Adapun Zenfone 9 dengan kapasitas penyimpanan 16GB/256GB yang bisa didapat dengan harga Rp11.999.00 (satu warna, Midnight Black).


Oh iya, Zenfone 9 varian 6GB/128GB dan 16GB/256GB tersedia mulai tanggal 17 November 2022. Sedangkan, varian 8GB/256GB akan tersedia pada akhir Desember 2022. Jika berminat untuk meminang smartphone keren nan canggih ini kamu dapat memesan atau membeli secara langsung di mitra penjualan resmi ASUS terdekat.

Buat kalian yang mau beli Zenfone 9, udah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, ASUS Online Store.

· ASUS Online Store,
· Tokopedia (ASUS Mobile Indonesia Official Store), https://www.tokopedia.com/discovery/asus-mobile

ASUS Zenfone 9

Warna

Midnight Black

Moonlight White

Sunset Red

Starry Blue

Layar

5.9" 1080x2400 (20:9), 445 ppi

Samsung AMOLED 120 Hz display

112% DCI-P3, 151% sRGB, Delta E<1, HDR10+

CPU dan GPU

Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform

CPU clock speed sampai 3.2 GHz dengan Qualcomm® Adreno 730 GPU

Memory &
storage

RAM: 6 / 8 / 16 GB – LPDDR5

ROM: 128 / 256 GB – UFS 3.1

Baterai

4300 mAh high-capacity battery dengan 30W HyperCharge adapter

Teknologi Wireless

WiFi 6E[1] Qualcomm® WCN6856 (802.11a/b/g/n/ac/ax, 2x2 MIMO)

Bluetooth® 5.2 dengan dukungan untuk Snapdragon Sound™ dan Qualcomm® aptX Adaptive, aptX Lossless

Wi-Fi Direct

NFC

Kamera

Kamera belakang

50 MP Sony® IMX766 sensor dengan Gimbal OIS, 2x2 OCL, PDAF

12 MP Sony® IMX363 sensor, Dual PDAF

Kamera depan

12 MP Sony® IMX663 Sensor, Dual PDAF

Fitur-fitur

6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer

Light Trail Mode (Beta)

Mendukung 8K/4K video recording

Audio HDR recording

Audio

Dual stereo speaker dengan Qualcomm® amplifiers

3.5 mm headphone jack dengan Qualcomm Aqstic WCD9380

Audio optimization by Dirac

Video recording

8K UHD (7680 x 4320) video pada 24 fps + EIS

4K UHD (3840 x 2160) video pada 30 / 60 fps + EIS

1080p FHD video recording pada 30 / 60 fps + HyperSteady

Sensor

Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light sensor, fingerprint sensor, Gyro (support ARCore), Hall Sensor

SIM cards

NANO SIM/NANO SIM 2 choose 2, support DSDV 5G+5G (sim1, sim2 support LTE exchangeable)

Navigation

GNSS support GPS (L1/L5), Glonass (L1), Galileo (E1/E5a), BeiDou (B1/B2a), QZSS (L1/L5) and NavIC (L5)

Operating system

Android 12 with ASUS ZenUI 9

Dimensi

146.5 x 68.1 x 9.1 mm

Bobot

169 g

 

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari
Related Posts
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar