RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

10 Tips Aman Saat Pandemi Corona

10 Tips Aman Saat Pandemi Corona - Hadirnya virus corona atau yang lebih akrab dengan sebutan Covid-19 membuat banyak orang takut dan lebih memilih untuk tetap berdiam diri di rumah sampai suasana menjadi kondusif. Apalagi total kasus yang terjadi khususnya di Indonesia juga sangatlah banyak dan meningkat dari wakttu ke waktu.
Oleh karenanya, untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, pemerintah Indonesia menghimbau seluruh masyarakat untuk tetap berada di rumah dan dihimbau keluar rumah jika tidak ada satu hal yang sangat mendesak. Bahkan, beberapa daerah yang ada di Indonesia juga sudah memberlakukan local lockdown atau karantina wilayah secara mandiri.


Ada banyak sekali dampak buruk yang ditimbulkan akibat Covid-19. Banyak orang harus kehilangan pekerjaannya karena PHK. Beban tersebut pun tentunya sangat membuat perekonomian semakin sulit. Apalagi bagi mereka yang hanya mendapatkan penghasilan harian. Tentu larangan keluar rumah akan membuat mereka sama sekali tidak bisa mendapatkan penghasilan.
Nah, bagi kamu semua yang sering beraktifitas di luar rumah namun dibayangi rasa was-was, saya akan membahas tentang 10 Tips Aman Saat Pandemi Corona. 
1. Gunakanlah Lutut, Kaki, Siku, Maupun Buku Jari untuk Melakukan Sesuatu
Jika kamu sedang berada di luar rumah, usahakanlah dengan semaksimal mungkin untuk dapat menggunakan lutut, kaki, siku, maupun buku jari untuk melakukan sesuatu. Misalnya saja kamu sedang berada di mesin ATM dan ingin melakukan penarikan uang. Maka gunakanlah buku jari.
2. Jaga Jarak dengan Orang yang Ada di Sekitar
Menjaga jarak dengan orang yang ada di sekitar juga merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan saat berada di luar rumah agar tidak tertular Covid-19. Jaga jarak dengan orang yang ada di sekitar disebut juga dengan istilah Social Distancing.
Jagalah jarak dengan orang yang ada di sekitar minimal 1-2 meter. Hindari juga kerumunan orang-orang dengan jumlah masa yang cukup banyak agar aktifitasmu di luar rumah akan terjaga dengan aman tanpa khawatir akan tertular Covid-19.
3. Selalu Gunakan Masker
Meskipun sedang tidak sakit, kamu harus selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah. Hal ini dilakukan agar hidung dan juga mulut kamu tidak terinfeksi bakteri kotor termasuk Covid-19 yang dapat menyerang sistem pernapasan kamu sewaktu-waktu.

Jangan pernah anggap sepele dengan masker, karena di tengah pandemi Covid-19 saat ini, masker merupakan salah satu hal yang sangat penting dan dibutuhkan saat melakukan aktifitas di luar rumah agar terhindar dari paparan Covid-19.
4. Hindari Melakukan Kontak Fisik dengan Siapapun
Saat berada di luar rumah, kamu pasti akan menemui banyak sekali orang-orang yang juga melakukan sedang melakukan aktifitasnya masing-masing. Maka dari itu, usahakanlah dengan semaksimal mungkin untuk menghindari kontak fisik dengan siapapun, kapanpun dan dimanapun. Contohnya saja dengan teman kerja ataupun pada saat membeli sesuatu.
Menghidari kontak fisik dengan siapapun ini juga dikenal dengan istilah Physical Distancing. Covid-19 lebih cepat menyebar lewat kontak fisik yang dilakukan. Karena jika kamu telah melakukan kontak fisik dengan orang yang sudah terpapar Covid-19, maka kamu juga akn berpotensi dapat menyebarkan Covid-19 dengan orang lain yang lain juga.
5. Cuci Tangan dengan Bersih Setelah Beraktifitas di Luar Rumah
Beraktifitas di luar rumah tidak menjamin kamu selalu dalam keadaan bersih. Oleh karenanya senantiasalah mencuci tangan dengan bersih setelah beraktifitas di luar rumah untuk membersihkan tangan dari berbagi macam kuman, virus, dan juga bakteri jahat yang menempel. Cucilan tangan dengan cairan pembersih antiseptik.

Bila perlu, kamu juga bisa sekaligus mandi agar kebersihan seluruh anggota tubuh bisa senantiasa terjaga. Dengan begitu, dijamin deh kamu akan terbebas dari paparan Covid-19 karena selalu menjaga kebersihan dengan benar.
6. Hindari Menyentuh Binatang
Tips yang tidak kalah pentingnya lagi yaitu hindarilah menyentuh binatang. Karena saat tengah beraktifitas di luar rumah tentu kita sering menemui berbagai jenis spesies binatang. Misalnya saja seperti kucing, burung, anjing, dan hewan yang lainnya.
Kita sendiri juga tidak tahu apakah hewan tersebut bebas dari paparan Covid-19 atau tidak. Oleh karena itu, untuk mencegah agar Covid-19 tidak masuk ke tubuh kita, hindarilah menyentuh binatang. Karena Covid-19 sendiri sangat mudah menyebar lewat binatang.
7. Jangan Meletakkan Ponsel di Sembarang Tempat
Kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang yaitu terlalu sering meletakkan ponsel di sembarang tempat. Padahal kita juga tahu sendiri bahwa Covid-19 dapat menyebar lewat sesuatu yang diletakkan di sembarang tempat, terutama dalam meletakkan ponsel.
Covid-19 dapat bertahan hidup selama beberapa jam di ponsel yang kamu letakkan di sembarang tempat. Oleh karenanya untuk mengindari diri dari paparanCovid-19 saat beraktifitas di luar rumah, usahakanlah untuk selalu meletakkan ponsel di tempat yang aman dan jangan pernah meletakkannya sembarangan.
8. Jangan Terlalu Sering Berbelanja di Supermarket
Meskipun barang-barang yang dijual di supermarket sudah terbukti aman, namun tidak bisa menjamin barang-barang yang ada di supermarket telah terbebas dari Covid-19. Karena pasti ada banyak orang yang sebelumnya telah memegang barang-barang yang ada di supermarket tersebut. Lalu, apakakah saya tidak boleh berbelanja di supermarket?

Sebenarnya bukan tidak boleh. Hanya saja jangan terlalu sering. Jikapun kamu sudah berbelanja barang-barang di supermarket, usahakanlah untuk selalu membersihkannya terlebih dahulu sebelum menggunakan atau mengkonsumsinya. Hal ini dilakukan agar barang-barang yang kamu beli di supermarket telah terbebas dari paparan Covid-19. Atau solusi yang lebih tepat bisa ditempuh dengan melakukan belanja secara online untuk menghindari kontak langsung dengan banyak orang.
9. Jauhi Keramaian
Beraktifitas di luar rumah dengan alasan yang pasti sih boleh-boleh saja. Tapi ingat ya kamu juga tidak boleh menempatkan diri pada keramaian. Selalulah berusaha untuk mengindari tempat yang ramai. Karena tempat yang ramai akan membuat Covid-19 lebih cepat menyebar.
10. Ikuti Tips Kesehatan dari Situs Halodoc
Untuk membuat aktifitasmu di luar rumah menjadi lebih aman, kamu mungkin juga bisa mengikuti tips kesehatan dari situs Halodoc.com. Halodoc merupakan salah satu situs di internet yang menyediakan berbagi macam informasi keseharan. Ada banyak sekali informasi kesehatan yang bisa kamu dapatkan di situs ini.

Kamu juga bisa mengikuti anjuran tips kesehatan saat beraktifitas di luar rumah di tengah pandemi Covid-19. Halodoc juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa kamu unduh langsung melalui Playstore & Appstore. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dalam mengakses informasi seputar kesehatan. Ayo gunakan Halodoc sekarang juga agar kesehatanmu tetap terjaga.
Itulah sekilas ulasan tentang 10 Tips Aman Saat Pandemi Corona. Mudah-mudahan dengan menerapkan 10 tips di atas kamu semua yang sering melakukan aktifitas di luar rumah bisa terhindar dari paparan Covid-19.
Kita semua juga harus senantiasa mendengarkan anjuran dari pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan dan selalu berdoa agar pandemi maha dahsyat ini bisa segera berakhir dan hilang dari permukaan bumi ini. Semoga Bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

3 comments

  1. Meletakkan ponsel sembarangan ini, saya banget. Kadang merasa bersalah karena terlalu lekat dengan ponsel pintar.

    Semoga pandemi corona segera berakhir. Aamiin

    ReplyDelete
  2. Sejak pandemi Covid-19 melanda, saya jadi sering paranoid gitu, apalagi kalau belanja ke mini market, maunya barang-barang itu dibersihkan dulu. Repot sih, tapi tak masalah, ya penting sudah usaha menjaga kebersihan

    ReplyDelete
  3. Keren postingannya! sangat mudah dicerna dan dipahami..

    ReplyDelete

Follow by Email