RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Chat, Conference, Absensi Android: 3 Aplikasi Penting Saat WFH

Berbagai aplikasi berbasis android seperti chatting, call conference, hingga absensi android boleh dibilang menemukan “masa kejayaan” saat ini. Bagaimana tidak, Pandemic Covid-19 memaksa pemerintah menerapkan kebijakan physical distancing bahkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam batas waktu yang tidak ditentukan.

Kebijakan tersebut memaksa sebagian perusahaan menerapkan sistem kerja yang tidak biasa yaitu Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah. Tentunya penerapan sistem kerja tersebut untuk menghindari interaksi sosial secara langsung khususnya antar para karyawan.
       
Bagi beberapa perusahaan seperti perusahaan star-up, industri kreatif maupun perusahaan media digital mungkin bekerja secara remote atau telecommuting bukan hal yang asing. Demikian juga ketika harus menjalankan kebijakan WFH tentu tidak menjadi beban karena merupakan hal biasa.

Sebaliknya bagi perusahaan dengan kebiasaan mewajibkan karyawan datang ke kantor setiap hari, kebijakan WFH sedikit banyak akan membingungkan. Nah, untuk membantu karyawan menjalankan WFH 3 aplikasi yaitu chatting, conference, dan absensi android sepertinya memang wajib digunakan.

Aplikasi Chatting
Untuk penerapan sistem kerja seperti work form home memang mewajibkan komunikasi secara person-to-person dalam satu grup kantor atau perusahaan supaya dapat saling merespon satu sama lain secara cepat. Oleh sebab itu aplikasi chatting seperti WhatsApp, Messenger, Line atau Telegram merupakan aplikasi chat terenkripsi yang paling direkomendasikan.

Misalnya melalui WhatsApp grup, disini karyawan bisa saling berkoordinasi mengenai pekerjaan. Atasan juga lebih mudah menginstruksikan kepada tim untuk pekerjaan berikutnya. Selain fitur chat text, dalam aplikasi yang sama juga tersedia fitur chat audio dan video call. Jika ingin memisahkan percakapan pribadi dengan diskusi kerja, aplikasi Slack atau Microsoft Teams bisa dicoba.

Aplikasi Call Conference
Saat wabah Covid-19 belum mereda karyawan memang harus melupakan sementara meeting di kantor, hotel, maupun restoran. Tak hanya aplikasi absensi android namun sebagai ganti rapat secara langsung kini banyak tersedia aplikasi call conference yang dilengkapi fitur video call. Karyawan bisa berkumpul dalam rapat virtual di depan laptop atau perangkat smartphone masing-masing.

Ada cukup banyak pilihan aplikasi call conference yang bisa dipilih seperti Skype yang merupakan aplikasi yang sudah digunakan secara global sejak lama. Aplikasi yang dilengkapi video call ini tersedia versi gratis maupun berbayar. Selain Skype masih ada beberapa aplikasi lain seperti Google Hangout Meet, Google Duo, GoToMeeting, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Absensi Android
Apapun kondisinya, perusahaan memegang kendali penuh terhadap kinerja karyawan. Dalam hal ini HR perusahaan harus memantau, menilai, serta mengevaluasi karyawan secara remote. Untuk mempermudah melakukan pekerjaan tersebut perusahaan harus memiliki software khusus atau aplikasi yang dapat memberi visibilitas terhadap proses kerja karyawan.

Salah satu kinerja yang cukup penting dan harus selalu dipantau perusahaan yaitu terkait kedisiplinan kehadiran dalam setiap jam kerja. Dengan demikian aplikasi yang harus dimiliki perusahaan adalah aplikasi absensi android.

Salah satu aplikasi absensi karyawan berbasis android yang paling banyak digunakan saat ini adalah Talenta. Aplikasi absensi android Talenta sendiri sangat bermanfaat untuk mengelola presensi karyawan baik ketika sedang bekerja di kantor atau pada saat WFH yang tidak harus menunjukkan kehadiran fisik.

Aplikasi absensi android Talenta merupakan mobile attendance yang memiliki fitur lengkap seperti clock-in dan clock-out, serta break amupun after break. Aplikasi Talenta juga dilengkapi dua teknologi verifikasi yaitu Global Permission System (GPS) untuk mencegah manipulasi lokasi / fake GPS dan Face Recognition yang memungkin karyawan melakukan absensi dengan cara selfie. Temukan fitur lengkap Talenta Mobile Attendance di Talenta.co dan nikmati fitur gratisnya selama 3 bulan.
Related Posts

Related Posts

2 comments

  1. Yang dicari selama ini akhirnya ketemu juga, terima kasih ya

    ReplyDelete
  2. bener banget sekarang aplikasi call conference lagi banyak digunakan, kayaknya hampir tiap hari dikantor ada aja yang meeting

    ReplyDelete

Follow by Email