RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

ROG Phone 3 : Raja Smartphone Gaming (2020), Pemuas Hasrat Gamer Hardcore Tiada Tanding


Tantanganya memang harus sabar, menunggu waktu hingga beberapa bulan untuk “puasa” itu nyatanya tidak sebentar, lama sekali. Selama kurun waktu itu, ia harus rela “puasa” tidak menerima uang jajan demi imbal balik perwujudan sebuah permintaan yang selama ini begitu diidam-idamkan. Smartphone RAM 3GB. Itu saja clue nya.
Perjanjian antara anak dan orangtua terjadi. Saya ketahui langsung dari penuturan orangtua kiki, paman saya. Beberapa waktu lalu kami bertemu disebuah acara kondangan. Kali ini agaknya beliau sedikit ingin berkeluh kesah dengan apa yang sedang dihadapi. Berkaitan dengan kenakalan remaja, anaknya, yang saat ini sedang menempuh pendidikan sekolah menengah pertama di sebuah pondok pesantren. Sayapun dengan seksama mendengarnya. 


Kiki, adik sepupu (laki-laki) saya biasanya pulang ke rumah setiap akhir pekan. Kebetulan ia gemar bermain game mobile. Itu artinya setiap akhir pekan juga menjadi waktu untuk dia bisa bebas menggunakan smartphone. Termasuk mengakses smartphone untuk bermain game. Berusaha memposisikan diri menjadi Kiki, saya kira keinginan memiliki smartphone yang lebih mumpuni adalah waktu yang tepat karena hape jadul yang ia miliki sebelumnya terasa tergilas jaman.

Sejak perjanjanjian dibuat, uang jajan yang biasanya ia terima 15000/hari tidak akan ia peroleh lagi. Uang saku akan tetap dihitungan, namun akan dialokasikan untuk membeli smartphone baru seperti kemauannya. Sampai kapan? Sampai menyentuh angka nominal untuk bisa membeli “smartphone RAM 3GB”, kebetulan budget yang dianggarkan 3 jutaan. Bukan tanpa maksud, dari perjanjian semacam ini beliau juga ingin mengajarkan kiki tentang nilai kedisiplinan dan pembelajaran, bahwa “segala sesuatu yang diinginkan itu butuh proses dan perjuangan”. 

Sayapun juga harus begitu, segala sesuatu (barang impian) harus yang wujudkan dengan usaha sendiri. Ada nilai kepuasaan sendiri ketika saya berusaha, kemudian akhirnya saya bisa mewujudkannya. Sekalipun harus jatuh-bangun, kadang capek menunggu waktu toh nyatanya saya bisa mewujudkan. Lega, bangga pada diri sendiri juga. Buat teman-teman yang saat ini sedang ingin mewujudkan suatu impian, keinginan atau apapun itu, jangan patah semangat ya! :) 

Jelas, saya setuju dengan metode paman dalam upaya mendidik kiki. Siapa tau dengan kegemaran bermain game terfasilitasi dengan baik, harapannya hal positif bisa didapatkan, bahkan menjadikannya berprestasi dalam lingkup sekolah bahkan lingkup gaming berkat keseriusannya itu. Dengan catatan, manajemen waktu, konsistensi dan keseriusan adalah kunci.

Perkembangan dunia e-sport sangat pesat di dunia, khusunya Indonesia. Turnamen demi turnamen, skala nasional hingga internasional sudah banyak diselenggarakan. Demikian juga banyak talent atau atlit e-sport anak negeri yang berhasil menoreh prestasi. Tak surut, kabar baik datang beberapa hari lalu (25/10/2020). Dikutip dari tribunnews.com, tim E-sport Indonesia lagi-lagi berhasil juarai ajang PMPL SEA Finals Season 2 Se-Asia Tenggara. Representasi dari gaming, sungguh prestasi yang luar biasa bukan?


In fact, Saat ini e-sport tidak dipungkiri mulai dikenal sebagai ladang yang menjanjikan. Kompetisi-kompetisi besar semakin sering diadakan. Hadiah yang diberikan tidak main-main apalagi untuk skala event besar. Tidak menutup kemungkinan lagi, sebagai pro player pastinya akan mendapat tawaran kerjasama dari beberapa brand juga akan menambah pundi-pundi penghasilan, menggiurkan.

Jika menjadi seorang atlet e-sport terlalu jauh diawang-awang, mungkin menjadi konten creator atau youtuber gaming bisa lebih menjadi tujuan. Buktikan, bahwa gaming adalah hal menyenangkan dan ada manfaat yang bisa didapatkan. Edukasi. Dari gaming bisa meningkatkan kemampuan Bahasa inggris, menghilangkan stress, meningkatkan kemampuan ‘problem solving’ dan kerjasama, melatih konsentrasi, meningkatkan kinerja otak hingga menambah teman, relasi bahkan komunitas. Tidak seperti asumsi-asumsi yang sudah terlanjur menyebar luas menyebutkan bahwa gaming itu hanya akan melenakan. 


Hanya saja, bagi remaja dan anak-anak masih harus dibutuhkan bimbingan orangtua agar lebih terarah. Pengenalan dunia gaming bisa juga menjadi titik awal ketertarikan seorang anak untuk nantinya mendalami pendidikan formal yang relate sama dunia mencipta game, develop gaming. Memangnya ada? Ada. Beberapa sekolah dan perguruan tinggi berikut ini bisa memberi skill untuk masuk ke industri game. Apakah diantaranya teman-teman sudah mengetahuinya?

JENJANG

PROGRAM STUDI

SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus

Desain Komunikasi Visual; Animasi 3D; Rekayasa Perangkat Lunak

D4 SAE Institute Indonesia

Visual Effects & Animation

D3 Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Animasi

S1 Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta

Teknik Informatika – Konsentrasi Gim, Grafika, dan Multimedia

S1 Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Desain Komunikasi Visual – Peminatan Interaction Design

D4 Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) “MMTC” Yogyakarta

Desain Teknologi Permainan

D4 Politeknik Negeri Media Kreatif

Game Technology; Animasi

S1 Universitas Surabaya (UBAYA)

 Informatika Program Multimedia (IF – P. K. Multimedia)

S1 ESQ Business School (EBS)

Ilmu Komputer – Peminatan Game Technology & Animation

D4 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Teknologi Game

S1 Universitas Ciputra Surabaya

Information & Multimedia Technology (IMT) – Konsentrasi Game Development

S1 BINUS University

Game Application and Technology

S1 Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang

Pembinaan / Setara UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

D3 Universitas Negeri Malang (UM)

Game Animasi

S1 KALBIS Institute

Game Computing and Technology

S1 Dual Degree Institut Informatika Indonesia (IKADO)

Informatika + Game Technology

SMA/SMP 1 PSKD

Pembinaan

S2 Institut Teknologi Bandung (ITB)

Teknik Elektro – Opsi Media Digital & Teknologi Game

S2 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Teknik Elektro – Pemintan Jaringan Cerdas Multimedia


Ada masanya penggemar game hanya dianggap sebagai orang-orang yang hanya bisa membuang-buang. Dengan manajemen waktu yang baik dan selalu berusaha membawa diri kearah yang positif, game nyatanya memberikan banyak peluang positif yang luar biasa.

View this post on Instagram

Saat ini e-sport tidak dipungkiri mulai dikenal sebagai lading yang menjanjikan. Kompetisi-kompetisi besar semakin sering diadakan. Hadiah yang diberikan tidak main-maian untuk skala event besar. Tidak menutup kemungkinan lagi, sebagai pro player pastinya akan mendapat tawaran Kerjasama dari beberapa brand juga akan menambah pundi-pundi penghasilan Jika menjadi seorang atlet e-sport terlalu jauh diawang-awang, mungkin menjadi konten creator atau youtuber gaming bisa lebih menjadi tujuan. Buktikan, bahwa gaming adalah hal menyenangkan dan ada manfaat yang bisa didapatkan. Edukasi. Dari gaming bisa meningkatkan kemampuan Bahasa inggris, menghilangkan stress, meningkatkan kemampuan ‘problem solving’ dan kerjasama, melatih konsentrasi, meningkatkan kinerja otak hingga menambah teman, relasi bahkan komunitas. Tidak seperti asumsi-asumsi yang sudah terlanjur menyebar luas menyebutkan bahwa gaming itu hanya akan melenakan. ๐—›๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ด๐—ฎ, ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—ธ๐—ผ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐—ด๐˜‚๐—ฟ๐˜‚๐—ฎ๐—ป ๐˜๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ด๐—ถ ๐—ฑ๐—ถ ๐—œ๐—ป๐—ฑ๐—ผ๐—ป๐—ฒ๐˜€๐—ถ๐—ฎ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฏ๐—ถ๐˜€๐—ฎ ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ ๐˜€๐—ธ๐—ถ๐—น๐—น ๐—ธ๐—ฎ๐—บ๐˜‚ ๐˜‚๐—ป๐˜๐˜‚๐—ธ ๐—บ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—ธ ๐—ธ๐—ฒ ๐—ถ๐—ป๐—ฑ๐˜‚๐˜€๐˜๐—ฟ๐—ถ ๐—ด๐—ฎ๐—บ๐—ฒ (๐—ฑ๐—ฒ๐˜ƒ๐—ฒ๐—น๐—ผ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ ๐—ด๐—ฎ๐—บ๐—ฒ)? ๐˜€๐˜‚๐—ธ๐—ฎ ๐—ป๐—ด๐—ฒ ๐—ด๐—ฎ๐—บ๐—ฒ, ๐—ธ๐—ฎ๐—บ๐˜‚ ๐—ฏ๐—ถ๐˜€๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—ธ๐—ผ๐—น๐—ฎ๐—ต/๐—ธ๐˜‚๐—น๐—ถ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ถ๐˜€๐—ฎ๐—ป๐—ฎ (๐—ฒ๐—ต) Baca di sugatangguh dot com ya. @asusrog.id @elvinayanti @emmet24son dan @carolinesida #ROGPhone3ID #TheRealSultan dan #TheUltimateWinner

A post shared by Agus Setiawan Suga (@tangguhpro) on


Suka bermain game, kepemilikan smartphone gaming bisa jadi asset yang berharga bagi seseorang. Peluang ini begitu disadari oleh asus dengan menghadirkan smartphone dengan jati dari gaming. Hingga ini sangat familiar dan diidam-idamkan oleh kalangan ‘anak-anak gaming’. 

Dari Asus ROG Phone lahirlah ROG Phone 2 Kemudian baru-baru ini muncullah ROG Phone 3 yang pada tanggal launching 24 sepetember 2020 lalu membawa fitur peningkatan dari generasi sebelumnya. Spesifikasi yang tak kalah menggoda dengan slogan yang diusung yaitu “Game changer”. Pengalaman mobile gaming premium dan ekslusif mampu disuguhkan oleh ROG Phone 3 ini. Apakah kalian sudah mengetahui apa saja peningkatkan yang ada pada ROG Phone 3 dengan series sebelumnya?

ROG II

ROG 3

Memiliki space untuk kamera yang lebih yang lebih tegas

Memiliki space untuk 3 kamera yang lebih panjang.

Memiliki 2 kamera belakang. Kamera utama 48 MP dan kamera ultra-wide 13 MP. Kamera Depan 24MP (f/2.2)

Memiliki 3 kamera belakang. Kamera 64 MP, kamera ultra-wide 13 MP, dan kamera makro 5 MP. Kamera Depan 24MP (f/2.0)

Kamera utama bisa merekam video beresolusi 4K pada 60fps, 1080p 120fps atau 240fps

Kamera utama bisa merekam video beresolusi 8K pada 30 fps dan 4K pada 120 fps

Dimensi 171 x 77.6 x 9.5 mm

Dimensi 171 x 78 x 9.9 mm (sedikit lebih tebal)

Layar HDR10 biasa dan refresh rate 120 Hz. Teknologi Sampling rate hingga 240 hz. Latency 49 ms.

Layar didukung HDR10+ dan refresh rate 144 Hz. Teknologi Sampling rate hingga 270hz. Latency 25 ms.

Chipset Qualcomm Snapdragon 855+

Chipset Qualcomm Snapdragon Snapdragon 865+ (mendukung jaringan 5G)

Fitur FM Radio dan jack audio 3,5 MM.

Teknologi pemrosesan datanya selevel di bawah ROG Phone 3, yaitu UFS 3.0.

Hilangkan Fitur FM Radio dan jack audio 3,5 MM, hadiran port USB Type-C (3.1) tambahan di bagian samping. Port USB utama USB 2.0.

Pemrosesan data juga jadi lebih cepat berkat teknologi UFS 3.1 terbaru.

ROG Phone 2 juga punya 2 varian di Indonesia 8/128GB,12/512GB

Asus ROG Phone 3 di Indonesia ini punya 2 varian, yaitu 12GB/128GB dan yang tertinggi 16GB/512GB.

Terkait dengan perbedaan tipe internal storage dengan series sebelumnya, ROG Phone 3 menggunakan UFS 3.1 dan tipe RAM LPDDR5. Tipe tersebut lebih kencang dibandingkan ROG Phone II yang hanya memakai UFS 3.0. Tapi perbedaan kecepatannya tidak terlalu jauh karena sama-sama tipe UFS bukan eMMC.

Jujur saja, ROG Phone 3 ini juga tak luput menciptakan semangat besar bagi orang-orang khususnya gamer untuk segera memilikinya dengan berbagai usahanya. Ya, ASUS ROG Phone 3 yang digadang mampu menjadi perangkat andalan bagi para gamer casual bahkan hardcore dengan performa unggulan. Smartphone gaming paling powerful di dunia yang ada saat ini pantas untuk dinobatkan pada ROG Phone 3 ini. 

1. POWERFULL SNAPDRAGON 865 PLUS
Ini menjadi sorotan utama yang ditawarkan ROG phone 3 selain baterai. Prosesor mumpuni dengan kecepatan mencapai 3.1GHz menjamin game dapat dijalankan dengan frame rate tinggi dan lancar. Apapun jenis game pemula-kwalitas tinggi rasanya mudah saja dihandle oleh ROG Phone 3. Sejatinya Qualcomm Powerful Snapdragon 865 Plus 5G mobile platform adalah SoC paling powerful saat ini. Asus ROG Phone, The Ultimate Winner!
Kwalitas premium apa lagi yang bisa dibayangkan pada ROG Phone 3? Ya, kwalitas audio yang memuaskan. Pengguna dimanjakan dengan kualitas audio terbaik dan telah mendukung teknologi Qualcomm aptX™ Adaptive yang memberikan gamer kualitas suara terbaik dengan minim latency. Aktivitas gaming tanpa audio yang mengelegar, bagaikan sayur tanpa garam… 

Disini juga membuktikan bahwa ROG Phone 3 menghadirkan kualitas audio yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Dengan menggandeng Dirac, ROG Phone 3 berhasil menerima skor yang sangat tinggi, yaitu 75 poin, oleh DXOMARK Audio Review. DXOMARK juga menyebut bahwa ROG Phone 3 berhasil menaikkan standar kualitas audio pada smartphone berkat kualitas audio yang sangat seimbang dan berkualitas tinggi. 


Tentang Soc Quallcom, Di dunia android Quallcomm dari dulu emang dipercaya urusan performance gaming. Lagi-lagi, ASUS ROG Phone 3 menjadi smartphone ultimate gaming pertama yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon, Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang masuk dalam segmen kasta Snapdragon Elite Gaming. Pengaruhnya, ada fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan oleh developer untuk membuat pengalaman gaming lebih mengasyikan.

            Premium, first-to-mobile features.           

Snapdragon Elite Gaming membuat fitur premium yang biasanya hanya bisa dinikmati melalui computer ataupun mesin game untuk pertama kalinya dismartphone. Sehingga memungkinkan pemain untuk bermain game dengan interaksi yang mulus, performa superior, respons sangat cepat, audio luar biasa, grafik ultra-realistis dengan detail sinematik, dan banyak lagi.

2. DESAIN KEKAR DAN GARANG
Bodi ROG Phone 3 memiliki dimensi 171 x 78 x 9,85mm dengan material glass (frame alumunium) menjadikan smartphone ini memiliki bobot 240 gram. Dibagian sisi depan layer berukuran 6,59 inci dilapisi gorilla glass 6 (screen protector) yang dirancang khusus untuk melindungi layer dari goresan. 

Rupanya, Aksesoris Glass Screen Protector yang disedikakan ini juga dilengkapi dengan teknologi anti bakteri sehingga melindungi gamer yang menggunakan nya. Secara keseluruhan, sama seperti pendahulunya ROG 3 ini masih menunjukkan desain khasnnya yang kekar dan garang untuk spesifikasinya. 


Desain bagian belakang seperti biasa, ROG Phone 3 ini masih mencuri perhatian. ROG dengan RGB lighting menjadi ciri khas yang membuat sangar dan nyentrik. Adapun aero case yang sudah disertakan dalam paket penjualan, case ROG 3 telah didesain sedemikian rupa tanpa menutupi pesona logo RGB saat case terpasang pada body rog phone 3. Gaya dan keren banget kan? Lightning armour case ini dapat menampilkan logo ROG. Tambah keren lagi, pengguna bebas kustomisasi fitur aura RGB melalui aplikasi Armoury Case. 

3. BUILT FOR GAMERS
Built for gamers, ditunjukkan dengan ROG Phone lengkap berbagai fitur unggulan yang dibuat khusus untuk para gamer. Ergonomis. Ada side charging design (side-mounted USB C) yang memberi kenyamanan dan kemudahan karena pengguna dapat bermain sambil men-charge smartphone atau mengkoneksikan aksesoris tambahan lain.


Pada ROG Phone 3, Fitur AirTrigger juga kembali hadir bahkan menghadirkan fitur baru. Terdapat tambahan gesture baru yang dapat digunakan saat bermain game termasuk swipe dan dual-partition button emulation yang memungkinkan penggunanya memiliki kontrol penuh terhadap semua game yang dimainkan. 

Selain itu ada juga motion sensor yang dapat digunakan sebagai kontrol tambahan. Fitur Motion Sensor ini memungkinkan gamer berinteraksi dengan cara menggerakkan smartphone ke depan dan belakang. Tentu, motion sensor juga dapat dikustomisasi sesuai dengan game yang sedang dimainkan. 

Terangnya fitur Air Trigger 3 technology ini membuat ROG Phone 3 tampil seperti selayaknya konsol game game dengan joystick. Terdapat dua Air Trigger yang bisa difungsikan sesuai keperluan. Masing-masing mendukung input sentuh, swipe dan scroll, pun bisa dikustomisasi untuk tiap game. 


Menguliti fitur gaming yang dimiliki, ada Armoury Crate fitur khas gaming yang merupakan aplikasi lengkap untuk terhubung dengan pengguna ROG lainnya dan mengontrol fitur tertentu seperti AURA RGB. Melengkapi, ada X mode dan Game Genie. X mode, fitur yang membuat smartphone menampilkan performa yang paling tinggi. Sedangkan Game genie, bisa diakses ketika kita sedang menjalankan sebuah game dari smartphone. Lewat gesture swipe dari ujung layar, Game Genie bakal menampilkan informasi perangkat seperti suhu, pintasan untuk mematikan notifikasi maupun telepon maupun untuk mengatur fungsi Air Trigger.

4. STUNNING 144HZ DISPLAY 
Membuat permainan seru karena tampilan memukau dan menajakan mata. Tampilan visual semakin nyata dengan adanya fitur 10 bit HDR10+. Perpindahan terasa sangat responsive karena fitur respone time 1ms melengkapinya. Sangat dibutuhkan, dalam pertandingan e-sport 1 ms saja bisa menentukan kalah dan menang. fatal. Hampir semua game dapat dimainkan dengan lancar pada ROG Phone 3. Berikut ini sajian sederetan game terhadap performa ROG Phone 3 yang saya sajikan dalam bentuk tabel berikut.

JENIS GAMING

HASIL PENGUJIAN (SETTING MAX + HASIL)

Game For Peace

Smooth 90 fps GPU < 30% CPU 50%

PUBGM

UltraHD I 88-90fps

Shadow Gun Legends

Graphic : Ultar High 65-90fps

 

Graphic : High 90-120fps

Rockman X-Dive

Graphic : High 140-144fps. Shadow on + effect high

Asphalt 9

60 fps ((Support 2 layar))



Sonic Boom

144fps

 Dragon Raja

45 fps. Setting Graphics No.5 I Framerate no.5

Real Racing 3

140-144 fps

Dead Trigger 2

Graphic: Ultra High I Frame rate 90fps

 

Hasil : 90fps

AOV

Display HD I High Frame Rate On l Dynamic Cloud Shadow On

 

Hasil : 60 fps

Mobile Legend

Setting : Rata Kanan l High Frame Rate On

 

Hasil : 60 fps GPU dan CPU < 60%

 

CPU & GPU terpakai > 30%

Lineage 2 Revolution

Setting : Rata Kanan

 

Hasil : 60 fps

 

CPU & GPU Usage terpakai > 40%

Ark Survival Evolved

Graphic: Epic l Resolution : Max

 

Hasil : 30 fps (locked)

live After

Graphic : Movie Graphics (advance setting) + FPS high

 

Hasil : 45-60 fps

Temple Run 2

Hasil : 144 fps

Subway Surfer

Hasil : 60fps (locked)

Call of Duty

Graphics Very High l Framerate Max l All effect On

 

Hasil : 60fps

Honkai Impact 3

Rata Kanan + setting no.4 + Unlock 144 Fps

 

Scene Ringan : 70-90 fps

 

Scene Berat : 40-60 fps

Genshin Impact

Setting : Highest + FPS 60 + Motion Blur Open

 

Hasil : Rata-rata 55-60fps + motion blur open

Fortnite

Setting : Graphic: Epic l Framerate : 30

 

Hasil : 30fps (locked)

Minecarft

Setting : Render Distance 12 chunks

Hasil : 90-144 fps (tergantung setting)

ROBLOX

Hasil 58-60fps (locked)

Pengujian dilakukan oleh tim internal jagat review. Tabel disajikan oleh www.sugatangguh.comDaftar pengujian ini dapat berubah sewaktu-waktu seiring update dari ASUS dan developer game. Kondisi Suhu ruangan AC : 25 C. 


Layar Amoled berukuran 6,59 inci dengan refresh rate 144Hz, touch latency 25ms, dan response time 1ms adalah senjata utama para gamer yang menggunakan ROG Phone 3. Refresh rate tersebut bakal menjamin kepuasan visual kamu dengan tampilan anti-lag apa pun aplikasi yang dijalankan.


Soal reproduksi warna juga memanjakan mata, tingkat reproduksi warna yang akurat dengan Delta E kurang dari satu poin. Perbedaan warna minor bisa lebih mudah diterima oleh mata. Oleh karena itu layar membantu mata untuk membedakan warna dalam perbedaan kontras yang kecil. 

Gamer tidak hanya dapat bereaksi secara cepat dan akurat, tetapi juga merasakan dunia game yang lebih imersif. Dukungan teknologi 10-bit display dan HDR10+ di ROG Phone 3 membuat smartphone ini terbaik untuk gaming tetapi juga untuk menikmati konten multimedia terkini. Tidak sebatas itu, menikmati konten multimedia terkini memberikan pengalaman yang menyenangkan disetiap hari.

5. MONSTER BATTERY 6000 MAH
Aktivitas game sepanjang hari tidak akan terganggu dengan kekerapan melakukan charging yang berulang-ulang berkat teknologi ROG 30W HyperCharging. Mengisi baterai dengan cepat dan bertahan lebih lama dengan Monster 6000mah battery. Kehadiran fitur sistem pengaturan baterai khusus yang memungkinkan gamer untuk mengatur sendiri mode penggunaan baterainya sangat berguna. 


Seberapa awet? Oleh pengujian jagatreview.com, konsumsi daya yang telah diuji menggunakan game genshin impact yang dijalankan selama 30 menit hasilnya baterai berkurang sekitar 15%. Game ini tidak hanya memiliki grafis tinggi namun juga beban grafis yang cukup besar pada kinerja CPU dan GPU. Baterai jumbo adalah nilai lebih dan harus ada pada smartphone gaming. Begitu juga, adanya POWER SAVING : fitur Power Saving Technology yang dapat membatasi aplikasi yang tidak aktif dan memberikan penghematan daya hingga 67% lebih banyak ini sangat berguna. WOW it's completely amazing!

6. GAMECOOL, PLAY COOL
Durasi lama bermain game didukung penuh oleh sistem pendingin yang maksimal, GameCool 3. Dilengkapi 3D Vapor Chamber dengan desain baru, GameCool 3 hadir dengan heatsink 6X lebih besar dari sistem pendingin generasi sebelumnya. Komponen Heatsink dirancang spesifik untuk menghantarkan panas dari komponen utama di ROG Phone 3 dan dilepaskan melalui ventilasi udara yang terdapat di bagian belakang bodi smartphone. Sebagai klaim, 14% lebih efisien dibandingkan dengan generasi sebelumnya. 


Semua itu yang membuat ROG Phone 3 dapat berjalan sempurna meskipun tanpa thermal throttling. Untuk performa pendinginan yang lebih baik, ASUS juga menyediakan aksesoris pending tambahan berupa AeroActive Cooler 3 untuk ROG Phone 3. Pendingin aktif tambahan tersebut dapat dipasang untuk menghadirkan aliran udara serta pendinginan yang lebih baik di ROG Phone 3 dan mendukung bermain game durasi lama. 

7. THE MOST IMMERSIVE GAMING EXPERIENCE
ROG Kunai 3 Gamepad, ROG Twinview Dock 3 + ROG AeroActive Cooling 3. Semua aksesori tambahan juga disediakan oleh ASUS untuk menambah tingkat kenyamanan yang utuh. Kustomisasi dapat dilakukan dengan mudah sesuai dengan keinginan pengguna. Pengalaman bermain game nyaman dan unik mutlak dimiliki oleh asus ROG Phone, tidak terkecuali pada ROG Phone 3 ini. 

Oh iya, tidak perlu khawatir jika kalian adalah pengguna ROG Phone series belumnya karena Sebagian aksesoris dapat digunakan Kembali pada ROG Phone 3 ini. Daftar game yang kompatibel (didukung) dapat dilihat melalui aplikasi Armoury crate ya. Aksesoris yang bisa membuat aktivitas gaming berbeda dari smartphone biasa yaitu:

ROG Kunai 3 Gamepad berfungsi sebagai controller fisik, memiliki desain baru yang lebih kokoh sekaligus fleksibel. Didukung fitur key mapping melalui game genie dan telah compatible melalui aplikasi Armoury Crate. 


TwinView Dock 3 befungsi memberikan tambahan layar sehingga memberikan pengalaman bermain game yang melegakan. Stuninng 144Hz display. Layar tambahan yang didapatkan dari aksesoris ini memiliki refresh rate 144Hz yang artinya = Layar ROG Phone 3. Bikin puas kan pakai 2 layar? 


ROG Clip berfungsi sebagai aksesoris penghubung dengan controller Dualshock 4, XBOX One, atau Google Stadia. Menjadikan aktivitas bermain di ROG Phone 3 sama nyamannya dengan bermain di konsol 


AeroActive Cooler 3 berfungsi sebagai pendingin tambahan dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah. AeroActive Cooler 3 juga dilengkapi dengan port USB Type-C untuk pengisian daya serta 3.5mm audio jack untuk menghubungkan headphone. 


Waist Pack dan Crossbody Pack. Dengan memiliki smartphone gaming pastinya membuat pengguna selalu membawa smartphone ini secara mobile. Dengan Waist Pack dan crossbody pack kesan sebagai lifestyle akan tampak fleksibel dan menunjang gaya.

The most immersive gaming experience, bukan?

8. CAMERA 64MP & 4K VIDEO
Kamera utama memiliki resolusi 64MP dengan sensor IMX686 yang dapat digunakan untuk zoom ‘lossless’ 2x pada resolusi 16MP. Sementara kamera keduanya beresolusi 13MP didedikasikan untuk ultrawide dengan FoV 125 derajat dan kamera ketiga untuk foto makro dengan resolusi 5MP. Ya, berjumlah 3 dan sangat mumpuni untuk mendukung aktivitas kreatif. 


Kamera utama ROG Phone 3 bisa merekam video beresolusi 8K pada 30 fps dan 4K pada 120 fps. Sementara kamera depannya punya resolusi 24MP. Sangat memungkinkan untuk mendukung aktivitas cipta video konten dengan berkwalitas professional di kelas smartphone.

Sengaja saya sebutkan dibelakangan, karena daya tarik utama smartphone gaming tentunya adalah mengulik soal otak alias prosesor yang digunakan. Hehe.

HARGA DAN KETERSEDIAAN

Untuk ROG Phone warna yang bisa dipilih hanya satu yaitu warna hitam. Sedangkan dari besaran RAM dan penyimpanan, dua variasi ROG Phone 3 yang tersedia di Indonesia yang dipilih yaitu 8GB/128GB (Rp. 9.999.000) dan 12GB/256 (Rp. 14.999.000). Black glare adalah satu-satunya warna yang tersedia untuk series ASUS ROG Phone 3. 


Unit ROG phone 3 bisa dibeli secara online melalui e-coomerce terkemuka di Indonesia (Eraspace, Tokopedia, Blibli, JD.ID dan shopee) juga secara offline melalui retail resmi erafone, urban republic dan ROG Store & ASUS Exclusive Store. 

Jangan lupa, masing-masing took online dan retail resmi dari penyedia unit ROG Phone 3 tentu memiliki promo, cashback dan penawaran khusus berbeda-beda yang bisa dipilih. Ada yang menyediakan program diskon dan cicilan, bonus lighting armour case dan screen protector, hingga cashback yang menggiurkan.

ROG Phone 3

Processor

3.1 GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor

GPU

Qualcomm® Adreno™ 650

UI

Android™ 10 with ROG UI

Display

6.59” 19.5:9 2340x1080 (391ppi) 144Hz/1ms AMOLED HDR10+ certified;

270Hz touch sampling rate, 25ms touch latency;

650nits HBM brightness & 1000 nits peak brightness, 113% DCI-P3 Delta E average <1%;

1.07 billion colors; 1,000,000:1 contrast ratio;

Front 2.5D Corning® Gorilla® 6 Glass;

TรœV Low Blue Light (Hardware Solution) and Flicker Reduced certifications for eye comfort;

Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports Glove touch)

Memory/Storage

LPDDR5/UFS3.1

8GB/128GB

12GB/256GB

SD storage

no SD-card reader; NTFS support for external HDD

Sensor

Accelerator, E-Compass, Proximity, Hall sensor*2, Ambient light sensor, in-display fingerprint sensor, Gyro, Ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press

Main Rear Camera

64MP SONY IMX686 sensor, 0.8 ยตm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 ยตm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2x1 OCL PDAF, LED flash

Second Rear Camera

13MP, 125˚ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera

Third Rear Camera

5MP Macro, F2.0

Front Camera

24MP, 0.9ยตm, Quad Bayer Technology, F2.0,

27mm equivalent focal length in 35mm film camera

Video Recording

8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera)

4K (3840 by 2160) @ 30/60 fps (main rear camera), @ 30 fps (second rear camera)

1080p @ 30/60 fps; 720p @ 30 fps

3-axis electronic image stabilization for rear cameras

Time Lapse (4K)

Slow Motion video (4K @ 120 fps; 1080p @ 240/120 fps; 720p @ 480 fps)

Take still photo while recording video

Speaker

Dual front-facing speakers with GameFX & Dirac HD Sound

7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect

Audio Output

Hi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output) that is 4 times better than CD quality

GameFX audio system for improved in-game audio experience

New AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac

Microphone

Quad microphones with ASUS Noise Reduction Technology

Wireless Technology

WLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax 2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6

2x2 MIMO, Bluetooth 5.1

Wi-Fi Direct support

Navigation

GNSS support GPS(L1/L5), Glonass(L1), Galileo(E1/E5a),

BeiDou(B1/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(L5)

SIM Cards

Dual SIM dual standby

Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

5G+4G or 4G dual SIM dual standby support

Data rate

 

Support EN-DC(6DL+FR1, 4DL+2FR1)

FR1: DL up to 4.4Gbps / UL 542Mbps

LTE 6CA DL Cat20 up to 2.0Gbps / UL Cat13 up to 150Mbps

DC-HSPA+: DL 42Mbps / UL 5.76Mbps

4x4 MIMO and CA with 4x4 MIMO support

Bands

 

5G (Bands N1, N2, N3, N5, N28, N41, N66, N71, N77, N78, N79)
FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 32, 66, 71)
TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42, 48)
WCDMA (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 19)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
CDMA (Bands BC0) (CN and HK only)
TD-SCDMA (Bands 34, 38) (CN and HK only)

Interface

Side-port: 48 pin Customized/Type C connector USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Fast Charging (QC3.0+QC4.0/PD3.0) / Direct Charge

Bottom-port: Type C connector USB2.0/Fast Charging (QC3.0/PD3.0)/Direct Charge

NFC

Support (Card mode support in power off)

OS

Android™ 10

Battery

6.000mAh

Charger

Output: 10V 3A, supports up to 30W QC4.0 / PD3.0 / Direct Charge adapter

Dimensions

171mm, 78mm, 9.85mm

Weight

240 grams

Price

Rp9.999.000 (8GB RAM & 128GB Storage)

Rp14.999.000 (12Gb RAM & 256GB Storage)


ROG Phone 3 menghadirkan kinerja keseluruhan terbaik dan memberi pengguna pengalaman bermain game yang super mulus. Para penggemar mobile gaming, para professional gamers, ataupun mereka yang ingin menikmati sensasi smartphone kelas performa tinggi. Fitur yang tidak ada pada smartphone flagship biasa dihadirkan oleh ROG Phone, termasuk telah diusung dengan series paling anyar ROG Phone 3 ini. Apakah kamu adalah tim menabung juga untuk mewujudkan Asus ROG Phone 3 ini?  #ROGPhone3ID #TheRealSultan dan #TheUltimateWinner

Related Posts

Related Posts

4 comments

  1. Mantabbbbbbbb yo wakkkk. Auto ngonten lebih menyenangkan jg nih pke HP sultan. Batereeeeee 6000 dong yessss luar biasaaaaa

    ReplyDelete
  2. Gila ni speknya mantap banget borr, jadi kepengen kan hehehe. Sukses borr!

    ReplyDelete
  3. Uedan tenan ulasannya lengkap abiiiiiiiissss... Hapenya joss banget dah

    ReplyDelete
  4. Gilak sih, spek yang ditawarin sama pengalaman untuk penggunanya Keren abis. PAntes banget buat jadi HP gaming di 2020 ini

    ReplyDelete

Follow by Email